Panduan Belajar SEO untuk Pemula Lengkap dari A-Z

Belajar SEO Gratis – Salah satu hal wajib sebelum pemula masuk ke dalam dunia blog maupun website adalah Belajar SEO. Apa definisi SEO (Search Engine Optimization) ?

SEO merupakan sebuah metode optimasi website untuk mendapatkan peringkat teratas pada mesin pencari Google.

Banyak dari kita yang mau belajar tentang SEO, namun terbesit pikiran kata “mahal”. Padahal faktanya banyak situs yang menyediakan informasi soal belajar SEO gratis.

Belajar SEO Pemula

belajar seo pemula
belajar seo pemula

Pada artikel ini, saya akan mengajak Anda Belajar SEO Google menurut algoritma terbaru. Lantas apa saja yang sebaiknya dipelajari untuk pemula? Berikut pembahasan lengkapnya.

A. Pemilihan Domain

Berikut beberapa tips memilih domain yang tepat untuk belajar SEO blog bagi seorang pemula:

1. Pilih Nama yang Singkat dan Mudah Diketik

Tujuan memilih nama domain yang singkat adalah supaya mudah diingat dan diketik. Hanya saja, nama domain yang pendek biasanya sudah banyak diincar.

Pastikan Anda tidak membuat nama domain yang berisi lebih dari tiga suku kata. Contoh domain yang singkat, seperti twitter.com, instagram.com, dan lain sebagainya.

2. Pakai Nama yang Relevan

Pastikan Anda memperhatikan relevansi domain,apabila menggunakan nama brand di dalamnya. Mengapa? Karena nama domain yang sudah dibeli tidak dapat diubah.Sebenarnya bisa saja Anda membeli domain baru sesuai keinginan, kemudian di-redirect ke situs yang sudah ada.

Namun, harus dimulai dari nol lagi. Semua optimasi mesin pencari yang telah Anda kerjakan untuk domain sebelumnya sia-sia.

3. Gunakan Ekstensi yang Sesuai

Usahakan Anda menggunakan ekstensi yang sesuai, sebab huruf yang ada di belakang domain, seperti .com, .info, .org, .net, dan lain sebagainya mempunyai fungsi tersendiri. Contohnya:

  • .info: digunakan untuk situs yang bersifat informatif
  • .net: digunakan pada situs yang berhubungan dengan jaringan dan teknologi
  • .org: digunakan untuk organisasi dan lembaga
  • .biz: digunakan untuk situs bisnis
  • .co: digunakan untuk situs perusahaan
  • .com: digunakan untuk keperluan komersial

4. Gunakan Domain yang Berkaitan dengan Websitemu

Jika domain Anda digunakan untuk website teknologi, maka gunakan keyword yang berkaitan dengan informasi dunia teknologi. Contohnya, Anda bisa menggunakan nama domain pintarteknologi.com, teknoding.id, dan lain sebagainya.

5. Segera Beli Domain

Domain yang menggunakan ekstensi .com akan cepat terjual. Jadi, pastikan kalau sudah mendapatkan nama domain segera dibeli untuk mengamankan nama domain tersebut.

B. SEO On-Page

Setelah belajar SEO lebih mendalam, seorang pemula juga wajib tahu dan paham mengenai SEO On Page. Anda juga bisa kursus belajar SEO jika memang sangat diperlukan, agar bisa belajar dari ahlinya.

SEO On-Page adalah optimasi search engine yang dilakukan pada konten yang Anda terbitkan. Tujuannya, supaya konten Anda mudah dipahami dan dibaca oleh pembaca website atau blog. SEO Onpage sendiri meliputi:

1. Server

Hosting atau server merupakan satu hal yang harus Anda perhatikan. Pastikan menggunakan server yang dioptimalkan untuk menghandle kebutuhan traffic tinggi dari pengunjung website Anda.Misalnya Anda memakai server VPS X.

Hosting ini sudah terbukti mampu menghandle jutaan traffic dan mampu mengirim konten terbaru lebih cepat ke Google, sehingga konten lebih cepat untuk terindeks oleh search engine.

2. Platform CMS

Pemilihan platform CMS juga harus Anda perhatikan. Jika Anda belajar SEO WordPress, maka sebaiknya gunakan CMS WordPress saja. Pasalnya, lebih mudah untuk dioptimasi. WordPress juga menyediakan banyak plugin yang sangat membantu para penggunanya dalam mengoptimasi situs mereka.

3. Konten

KONTEN is KING.

Memang benar adanya. Konten juga harus Anda perhatikan, sebab artikel atau konten menjadi faktor penting dan mendasar dari sebuah SEO Onpage. Bisa dibilang konten menjadi inti dari belajar SEO Website Anda.

4. Navigasi dan Struktur Situs

Navigasi juga sama seperti halnya konten yang menjadi dasar SEO. Untuk menganalisis sebuah struktur website, Anda dapat menggunakan tools milik Google yaitu Check Struktur Data Website.

Gunakan themes yang friendly, mendukung untuk diakses via mobile. Sebab sebagian besar trafik organik yang masuk ke sebuah situs didominasi oleh pengguna smartphone. Jangan sampai visitor Anda kabur hanya karena laman, navigasi dan struktur situs tidak friendly.

5. Speed loading

Speed loading juga menjadi hal penting untuk mendukung konten Anda dapat diakses lebih cepat. Seperti yang sudah dibahas diatas, Anda bisa menggunakan server VPS X, supaya website bisa diakses lebih cepat, meskipun dikunjungi jutaan traffic pembaca dari website Anda.

Nah, untuk meningkatkan performa speed website, Anda bisa melakukan test load speed milik Google. Anda wajib belajar SEO On Page, ya.

C. SEO Off-Page

SEO On-Page Optimasi dari internal website, maka Seo Off Page merupakan sebuah optimasi dari luar yang tidak berkaitan langsung dengan website Anda.SEO Off Page sendiri meliputi:

1. Link Building

Link building merupakan salah satu teknik SEO yang cukup terkenal.Adapun cara optimasi dengan link building adalah dengan membuat link eksternal dari website lain menuju ke blog Anda, atau banyak orang menyebut dengan nama backlink.

2. Social signal

Social signal merupakan optimasi website dengan cara melakukan share ke sosial media untuk mendatangkan pengunjung.

Cara ini dianjurkan bagi Anda yang belajar SEO otodidak dan masih pemula, sehingga tidak perlu ribet melakukan optimasi website secara luas.

3. Branding

Cara gampang untuk belajar SEO ini adalah dengan bagaimana Anda dapat menciptakan Brand Awareness pada situs atau layanan yang disediakan. Dari situlah Anda bisa dengan mudah meningkatkan branding website.

Belajar SEO WordPress

Panduan Belajar SEO untuk Pemula Lengkap dari A-Z 1

Ketika belajar SEO WordPress, Anda tidak perlu tahu banyak tentang hal teknis. Anda hanya perlu belajar beberapa teknik dasar SEO tentang bagaimana cara mengoptimalkan website, sehingga bisa memperoleh banyak traffic melalui mesin pencari.

Berikut beberapa hal yang Anda wajib tahu soal sasar SEO WordPress untuk mengoptimalkan website pada search engine:

1. Install CMS WordPress

Mungkin banyak diantara kita yang masih pemula belajar SEO bingung, kenapa harus menggunakan WordPress saja? Padahal ada yang gratis yaitu Blogspot. Karena, CMS-lah yang paling mudah untuk dilakukan optamiasi SEO.

2. Gunakan Plugin SEO

Selanjutnya Anda bisa instalasi Plugin SEO, misalnya Yoast SEO, All in One SEO Pack, dan lain sebagainya. Nah, Anda juga harus belajar yoast SEO, agar pemahaman tentang plugin ini lebih sempurna.

3. Atur Permalink WordPress

Seperti yang kita ketahui kalau permalink bawaan WordPress belum SEO Friendly, masih terlalu panjang dan rumit. Sementara permalink yang disukai oleh Google adalah permalink yang didalamnya mengandung keyword.

Bukan permalink yang berisi tahun, bulan, tanggal atau nomor post. Untuk mendapakan permalink yang benar Anda harus merubah strukturnya.

Cara setting permalink masuk ke menu Setting, > Permalink > Custom Structure.

Contoh URL SEO Friendly:

  • https://www.namadomain.com/belajar-seo
  • https://www.namadomain.com/belajar-tekno
  • https://www.namadomain.com/panduan-seo

4. Setting Yoast SEO

Untuk optimasi Plugin Yoast SEO ada beberapa bagian yang harus Anda perhatikan, seperti:

  • Focus keyphrase :berisi keyword utama dari hasil riset yang Anda incar.
  • Slug : berisi keyword yang terdapat di postname permalink.
  • Meta description : pembahasan singkat yang isinya gambaran dari seluruh isi dari konten.

5. Website Aman dari Virus dan Malware

Jika website Anda terkena Malware, maka tidak akan tampil di hasil pencarian apapun. Artinya website Anda sudah dimasukkan ke dalam daftar hitam. Kalau hal ini terjadi, maka kerja keras kamu mengenai SEO akan sia-sia.

Anda bisa memakai plugin Security Website WordPress untuk mengecek website, apakah website aman atau tidak dari Malware.

Belajar SEO Blogger/Blogspot

Belajar SEO Blogger
Belajar SEO Blogger

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan bagi seorang pemula yang mau belajar SEO Blogger/Blogspot:

1. Riset Keyword di Blogger/Blogspot

Sebelum pembuatan konten, Anda wajib melakukan riset kata kunci terlebih dahulu.Pasalnya, riset keyword juga menjadi poin utama dalam mendatangkan pengunjung ke website Anda.

Anda bisa menggunakan tools seperti Ubbersugest, KeywordEverywhere dan KW Finder untuk melakukan riset keyword secara detail.

2. Optimasi SEO Pada Gambar

Bagi pemula yang belajar seo mungkin banyak yang belum tahu, jika gambar yang diposting dalam WordPress bisa dirangkin ke halaman pertama Google dengan menggunakan teknik SEO.

Adapun caranya adalah memaksimalkan Alt Image pada gambar. Tulislah Alt image tersebut dengan keyword berupa judul artikel, namun yang masih relevan.

Kemudian dari pemberian nama file juga harus diubah dengan menggunakan kata yang masih mengandung keyword pencarian.

4. Menulis Artikel SEO

Setelah riset dan mapping keyword, langkah selanjutnya adalah Anda menulis artikel, namun dengan standar SEO Friendly.Google sangat menyukai website yang mempunyai penjelasan lengkap dan bermanfaat.

Selain itu juga dibarengi dengan memakai heading H1 (judul), H2 (untuk heading), H3 (untuk sub heading). Untuk keyword turunan atau lsi dari keyword utama dimasukan ke dalam artikel secara natural, supaya ON Page SEO-nya lebih kuat.

5. Masukkan Tag

Seperti yang kita tahu, kalau tag berisi kata kunci turunan dari keyword utama. Fungsi dari tag sendiri yaitu memberi tahu isi konten dari sebuah website. Maka isinya juga harus sesuai dengan judul konten atau keyword utama. Dalam mencari tag, caranya sama seperti Anda melakukan riset keyword.

6. Bagikan ke Social Media

Bisa dibilang social media menjadi salah satu tempat yang perlu diperhitungkan, karena media ini mampu menyumbangkan visitor atau traffic yang cukup tinggi ke website kita. Anda bisa membagikan ke berbagai media social seperti Youtube, Instagram, Twitter, Facebook, dan lain sebagainya.

7. Setting Backlink

Backlink menjadi salah satu hal yang paling penting, baik untuk SEO WordPress maupun Blogspot. Backlink ON Page adalah menanamkan sebuah link artikel dengan artikel lain yang masih relevan atau satu pembahasan.

Lain lagi dengan Backlink OFF Page, yang merupakan penanaman link website kita di blog atau website orang lain. Semakin bagus Backlinknya maka semakin terasa kenaikan konten Anda dihalaman pertama Google.

Belajar SEO YouTube

Panduan Belajar SEO untuk Pemula Lengkap dari A-Z 2

SEO Youtube merupakan langkah optimasi dari video yang Anda buat dan publish di Youtube.Fungsi dari optimasi ini adalah mendatangkan banyak penonton. Dengan kata kunci tertentu, maka video yang Anda buat bisa tampil di posisi teratas.

Sebenarnya konsep SEO Youtube hampir sama dengan SEO Website. Di SEO Youtube juga ada optimasi tag, pemberian kata kunci, dan lain sebagainya.

Pada intinya, jika Anda mengoptimalkan video dengan menggunakan teknik SEO, maka video yang Anda unggah lebih mudah ditemukan didalam platform, dan bisa muncul di mesin pencarian Youtube.

1. Riset Keyword di SEO YouTube

Dalam dunia SEO Youtube juga ada yang namanya riset keyword. Hal ini sama halnya dengan riset keyword konten untuk website yang ada kata kunci utama, turunan, hingga LSI.

Intinya riset keyword pada Youtube sangat menentukan posisi video yang Anda buat.Dalam melakukan riset kata kunci ada beberapa panduan yang harus Anda simak, seperti:

  • Menemukan kata sesuai niche atau tema.
  • Menganalisis trends terbaru di Youtube.
  • Mengoleksi kata kunci di Google.

2. Buat Video Berkualitas

Dalam mesin pencarian Youtube, video terataslah yang dianggap paling sesuai dengan kata kunci.Jadi, sebelum Anda membuat video, sebaiknya perhatikan beberapa hal terlebih dahulu, sehingga menghasilkan video berkualitas terbaik, seperti:

  • Mengetahui jenis video yang di sukai oleh Youtube.
  • Pastikan kualitas editing sebagus mungkin .
  • Membuat video original atau jangan plagiat.
  • Usahakan membuat video di atas 5 menit.
  • Buat thumbnail semenarik mungkin.
  • Buat video berkualitas, namun sesuai selera penonton.

3. Optimasi Metadata

Optimasi metadata merupakan sebuah teknik yang mengoptimalkan kata kunci, deskripsi, caption, tag, dan lainnya sesuai tempatnya.Dalam melakukan optimasi metadata, ada banyak hal yang harus Anda perhatikan, seperti:

  • Menyelipkan kata kunci dijudul namun yang relevan.
  • Membuat deskripsi dengan kata kunci yang ditargetkan pada 2-3 baris pertama atau 100 karakter pertama.
  • Berikan deskripsi sesuai masukkan CTA (call to action) atau ajakan.
  • Masukkan kata kunci sesuai dengan video yang terkait di tag.
  • Masukkan tagar atau hashtag yang sesuai.
  • Membuat thumbnail yang berhubungan dengan isi video.

4. Promosikan Video

Cara ini dilakukan untuk menarik banyak penonton video Anda. Dalam mempromosikan video ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan, seperti:

  • Menggunakan media sosial yang tepat.
  • Berikan link dan footage video berisi ringkasan supaya membuat orang penasaran.
  • Iklankan video Anda melalui layanan iklan Google Adsense, agar memperoleh jangkauan yang lebih luas.

5. Evaluasi Video YouTube Anda

Setelah Anda menjalankan langkah di atas, hal yang semestinya dilakukan adalah mengevaluasi video yang Anda buat.Di sini Anda bisa menggunakan analytics tool. Caranya dengan pergi Studio YouTube>klik Analytics.

Di halaman itu Anda bisa mendapatkan data analytics dari semua video, seperti jumlah subscriber, jumlah view, waktu nonton, jangkauan setiap video, sampai engagement setiap video.

Belajar SEO Marketplace

Belajar SEO Marketplace

Marketplace sendiri ada banyak jenisnya, seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan lain sebagainya. Bagi Anda yang mau tahu cara belajar SEO Marketplace, silahkan ikuti pembahasannya berikut ini:

1. Belajar SEO Shopee

Sebenarnya SEO Shopee dengan SEO Website, hanya sedikit perbedaannya. Tujuan dari SEO untuk toko online adalah mempermudah toko anda ditemukan pembeli, sehingga bisa meningkatkan penjualan.

Ada banyak hal yang Anda harus perhatikan ketika mau belajar SEO Shopee, sehingga teknik SEO yang dipelajari bisa meningkatkan visibilitas toko Anda, seperti:

  • Masukan kata kunci yang sesuai.
  • Memilih kategori yang sesuai dengan produk yang Anda jual.
  • Foto produk yang semenarik mungkin.
  • Gunakan harga yang kompetitif.
  • Balas chatting dan diskusi produk dengan cepat.
  • Usahakan meminimalisir Retur dan Cancel.
  • Pastikan Reputasi toko, rating, dan review produk selalu bagus.
  • Memperbarui deskripsi toko supaya lebih mudah ditemukan pada mesin pencarian.
  • Mengoptimalkan halaman produk supaya hasil pencarian lebih baik.
  • Tampilkan toko link Anda dimedia sosial, seperti Facebook, Instagram, dan lainnya.

2. Belajar SEO Tokopedia

Dalam belajar SEO Tokopedia, ada banyak hal yang sebaiknya diperhatikan, supaya toko Anda mudah ditemukan pembeli, sehingga bisa meningkatkan penjualan, seperti:

  • Gunakan foto ditoko Anda semenarik mungkin.
  • Jadikan harga produk ditoko Anda semurah mungkin.
  • Masukkan kata kunci yang sesuai dengan produk yang Anda jual.
  • Optimalkan produk dengan promosi.
  • Balas chatting dan diskusi produk dengan cepat.
  • Pastikan reputasi toko, rating, dan review produk selalu bagus.
  • Perbarui deskripsi toko supaya lebih mudah ditemukan pada mesin pencarian.
  • Promosikan toko ke berbagai platform atau akun media sosial.

3. Belajar SEO Lazada

SEO Marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan yang kita bahas selanjutnya yaitu Lazada sebenarnya sama saja, karena pada dasarnya toko online.

Berikut beberapa point penting dalam belajar SEO Lazada yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan penjualan:

  • Gunakan kata kunci dengan commercial intent pada judul halaman.
  • Sertakan review dari pembeli di halaman produk.
  • Membuat halaman pedoman pembeli (buyer’s guide).
  • Tulis deskripsi produk lebih dari 250 kata.
  • Perkaya halaman kategori dengan konten.
  • Tambahkan hasil pencarian terbaik ke troli.
  • Gunakan tools Split Dragon untuk meningkatkan SEO produk Lazada Anda.
  • Promosikan toko ke berbagai platform atau akun media sosial.
  • Balas chatting dan diskusi produk dengan cepat.

4.  Belajar SEO Bukalapak

Pada dasarnya belajar SEO Bukalapak sama persis dengan belajar SEO Marketplace diatas. Ada beberapa poin penting yang sebaiknya Anda ketahui, seperti:

  • Usahakan reputasi toko, rating, dan review produk selalu bagus.
  • Tambahkan produk terbaik ke halaman.
  • Gunakan judul yang sesuai dengan produk yang Anda jual.
  • Tulis deskripsi produk lebih dari 250 kata, dengan keyword turunan senatural mungkin.
  • Promosikan toko ke berbagai platform atau akun media sosial.
  • Gunakan foto oroduk Anda semenarik mungkin.
  • Balas chatting dan diskusi produk dengan cepat.
  • Sertakan review dari pembeli di halaman produk.
  • Gunakan harga yang kompetitif.

Belajar SEO Instagram

Belajar SEO Instagram

Tidak hanya untuk website dan toko online, SEO juga berguna untuk media sosial seperti Instagram. Dengan SEO, maka Instagram Anda bisa mendapatkan follower lebih banyak.

Dengan banyaknya pengunjung ke halaman Instagram Anda, hal ini tentu bisa dimanfaatkan untuk bisnis online shop.Berikut kami berikan cara mudah belajar SEO untuk pemula khusus Instagram:

1. Gunakan Username Simpel dan Unik

Username Instagram tidak beda jauh dengan nama domain. Di sini Anda sangat dianjurkan untuk menggunakan nama yang simpel, unik, pendek, sehingga mudah ditemukan pada pencarian dan lebih mudah diingat juga.

2. Optimasi Hastag

Banyak pengguna Instagram yang mengoptimasi hastag dengan tujuan menjadikan postingannya lebih tertarget.Dalam optimasi hastag, sebisa mungkin Anda membuat hastag dengan Brand sendiri, misalnya #baju_koko, apabila Anda menjual baju koko.

3. Gunakan Deskripsi

Meskipun terlihat sepele, namun pengisian deskripsi begitu penting. Selain membuat terindex oleh mesin Google Search Engine.

Deskripsi yang relevan, juga bisa membuat orang penasaran dengan konten Anda yang diposting, sehingga ada terbesit untuk selalu update kegiatan dari akun Instagram Anda.

4. Pastikan Konten Berkualitas

Di sini Anda bisa memposting gambar atau video yang berkualitas. Kalau bisa usahakan dengan feed Instagram yang semenarik mungkin. Dengan demikian, bisa mengundang orang berkunjung untuk melihat postingan Anda.

5. Optimalkan Profil Instagram

Ada banyak tips untuk mengoptimalkan profil Instagram Anda, seperti:

  • Daftar dengan akun Bisnis Instagram.
  • Sertakan tautan di bio Anda yang bisa diklik.
  • Buat nama pengguna atau bisnis yang mudah dikenali dan dicari.
  • Gunakan gambar profil yang menarik.
  • Pastikan profil Anda publik.

Itu dia konten kita tentang cara belajar SEO. Cara diatas dapat diterapkan untuk banyak platform seperti : website, blog, media sosial, youtube dan lainnya. Biasanya, Anda menggunakan SEO untuk apa dan dimana ? Yuk sharing dan tulis di kolom komentar ya.

Leave a Comment