Cara Memilih Theme

Ketahui cara memilih theme WordPress yang tepat agar situs Anda lebih terlihat berbeda dan menarik.

Seperti yang diketahui memilih tema WordPress yang tepat ternyata dapat menentukan banyak aspek penting untuk keberlangsungan situs Anda ke depannya.

Namun tahukah Anda bahwa memilih tema yang tepat bagi mereka yang masih pemula tentu menjadi hal yang rumit dan juga merepotkan.

Sehingga jalan terakhirnya mereka akan memilih tema yang terlihat menarik dari sudut pandang mereka.

Cara Memilih Themes WP
Cara Memilih Themes

Sebenarnya untuk memilih tema yang cocok dengan blog kita sangatlah mudah, asalkan kita mengetahui bagaimana tekniknya.

Dalam memilih tema WordPress baru tidak hanya mengejar tampilannya saja tetapi juga kualitasnya.

Maksud dari kualitas di sini yaitu tema yang dipilih sebaiknya ramping, ringan, fleksibel dan juga aktif untuk dikembangkan.

Bagi Anda yang merasa masih menjadi blogger pemula, tidak ada salahnya simak beberapa informasi terkait cara memilih theme WordPress terbaik.

Kriteria Cara Memilih Theme yang Bagus 

Bicara tentang tema WordPress tentu saja akan selalu berkaitan dengan desain dan juga UX.

Masih bingung mencari tema atau desain yang cocok sesuai dengan blog, maka berikut langah-langkah yang bisa dilakukan.

1. Rajin Update Theme 

Seperti yang diketahui dunia teknologi terus mengalami perkembangan yang cukup pesat setiap harinya. Oleh karena itu penting sekali meng-update informasi terbaru agar kita bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Sama halnya dengan pemilihan tema dan situs WordPress, agar tema yang dipilih terlihat lebih fresh dan terbaru maka, Anda harus rajin update theme.

Tujuannya agar pengunjung blog Anda tidak jenuh dengan tampilan blog yang itu-itu saja.

2. Theme SEO Friendly 

Selanjutnya yang perlu dilakukan untuk memilih tema yang cocok sebaiknya disesuaikan dengan jenis content situs Anda. Ada banyak tema untuk WordPress yang bisa digunakan, namun ternyata tidak semuanya sudah memiliki SEO Friendly.

Biasanya penggunaan tema SEO Friendly ini lebih banyak karena dilihat dari segi tampilannya memang bagus dan mudah untuk digunakan. Jadi agar blog baru Anda semakin mudah dikenali, maka tidak ada salahnya menggunakan tema SEO Friendly.

3. UI/UX Bagus

Seperti apakah UI dan UX yang bagus?

Banyak orang yang mengira bahwa UI/UX yang bagus itu memiliki tampilan yang cantik, ilustrasi yang kekinian dan keren, serta perpaduan warna yang pas.

Memang beberapa hal tersebut juga memberikan pengaruh terhadap tampilan WordPress Anda namun bukan faktor yang paling utama.

Faktor yang mempengaruhi UI?UX tersebut bagus atau tidak yakni usable, consistent, dan subjective. Bagi Anda yang ingin memiliki UI/UX yang bagus, maka perhatikan ketiga faktor tersebut.

Perbedaan Theme Gratisan vs Theme Premium (Berbayar)

Ada dua versi tema untuk blog Anda, yakni Free Template dan Premium Template. Free Template ini seringkali dipakai oleh mereka yang ingin mencari gratisan.

Namun, tidak sedikit orang memilih Premium Template karena lebih banyak fiturnya. Walaupun begitu, keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan yang menjadi pembeda antar dua theme ini. Apa saja itu? Cek di sini!

Kelebihan dan Kekurangan Theme Gratisan & Berbayar

Setiap tema yang disediakan oleh WordPress maupun developer tentu memiliki kelebihan dan juga kekurangan tersendiri.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangannya, Anda bisa memutuskan akan menggunakan tema gratisan apa tema berbayar. Simak ulasannya di bawah!

Kelebihan Theme Gratis

Ternyata ada kelebihan ketika kita menggunakan Template gratis untuk website kita. Saya sudah rangkum beberapa poin yang menjadi kelebihan ketika kita memakai theme gratis seperti ini.

1. GRATIS!

Satu hal yang pasti, tema blog ini bisa digunakan tanpa harus membayar karena sifatnya gratis. Ya, ini adalah tema khusus yang disediakan oleh pihak WordPress.

2. Terdapat Link manager

Adanya link manager ini tentu akan memudahkan Anda dalam proses pengeditan kode. Anda juga akan sangat mudah untuk memasukkan link ke blog Anda.

3. Dapat digunakan saat offline

Kelebihan lain dari menggunakan theme gratis adalah Anda dapat menggunakan halaman blog tanpa koneksi internet atau offline. Hal ini berlaku untuk Anda yang memakai web server yang sudah diinstal secara lokal.

Kelemahan Theme Gratis

Kita sudah bahas kelebihan menggunakan theme gratis, tidak ada salahnya dong kalau sekarang kita bahas tentang kelemahannya. Supaya adil dan tidak ada dugaan pilih kasih.

1. Template Dipakai Banyak Orang

Memang sama seperti theme bayaran yang bisa dibeli dan dipakai setiap orang, tetapi jumlahnya hanya terbatas yakni bagi mereka yang membelinya. Berbeda dengan theme gratisan.

Semua orang bisa menggunakannya dengan cuma-cuma. Tentu, ini membuat theme yang Anda gunakan sudah biasa sekali di pandangan visitor blog.

2. Tidak Mempunyai Support

Susahnya jika Anda menggunakan theme ini adalah Anda tidak bisa mengupdate tema ke versi terbaru. Hal ini dikarenakan developer template tidak mendukung update dan support dari theme mereka buat.

Kelebihan Theme Berbayar

Setelah panjang lebar membahas kelebihan menggunakan theme gratisan, kita akan lebih fokus membahas kelebihan ketika menggunakan theme yang berbayar.

1. Memiliki Banyak Fitur Beragam

Perlu Anda ketahui, jika Anda memilih tema berbayar, maka anda akan memperoleh layanan dan fasilitas yang unggul.

Ada banyak fitur yang disediakan pihak developer themes untuk menunjang kinerja bisnis blog Anda. Anda juga bisa mengembangkan situs anda dengan menggunakan fitur drag and drop yang sangat mudah digunakan.

2. Mudah Diperbaharui

Theme berbayar didukung langsung oleh pihak developer theme untuk hal pembaharuan theme.

Tujuan update theme ini sangat banyak, salah satunya untuk menyesuaikan theme dengan engine Worpdress.

Updating themes juga berguna untuk memperbaharui fitur dan memperbaiki kekurangan yang ada pada versi sebelumnya.

Cara update themesnya juga tidak sulit, hanya dengan beberapa kali klik tombol update dan tunggu sampai proses updating selesai.

3. Mempunyai Desain Unik

Tak sama seperti tema gratisan, Tema Premium ini memiliki desain halaman yang lebih unik dan menarik.

Anda bisa memilih desain favorit Anda kepada developer. Biasanya, desain mempengaruhi harga yang di banderol.

Jadi, sebelum membeli ada baiknya mempertimbangkan desain dan harganya.

Kekurangan Theme Berbayar

Tidak hanya mempunyai banyak kelebihan, nyatanya theme berbayar juga mempunyai beberapa kekurangan diantaranya sebagai berikut.

1. Sulit Eksekusi Kode

Perlu Anda ketahui, theme berbayar ini memiliki kode yang terhitung sedikit. Itu mengapa, Anda akan sulit melakukan perubahan kode.

Beberapa developer juga telah melindungi script mereka untuk menghindari modifikasi themes dan license.

2. Load Speed Cenderung Lambat

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan sebuah situs, salah satunya adalah penggunaan themes.

Penggunaan themes yang berat akan memberikan waktu akses lebih lama. Ini sering ditemukan di beberapa themes premium berbayar.

Kaya akan fitur terkadang membuat size themes besar yang mempengaruhi fast load pada website tersebut.

Jadi coba pikirkan kembali, apakah kebutuhan situs anda untuk fitur yang banyak atau bisa dengan fitur yang terbatas dengan time load lebih cepat.

Resiko Menggunakan Theme Bajakan (Nulled)

Apa itu nulled theme ?

Gampangnya, Nulled adalah sebuah produk bajakan yang sudah ditanami script yang sulit diketahui pengguna. Apa risiko dari menggunakan theme ini ? Simak selengkapnya!

1. Resiko di Hack Besar

Nulled Themes dan Plugin menjadi lahan segar para oknum yang tidak bertanggung jawab untuk dapat akses penuh di situs kita.

Umumnya nulled ini ditemukan pada themes dan plugin yang sifatnya berbayar tetapi dibagikan secara gratis.

Bila tidak ingin website terkena virus, malware dan hack jangan gunakan themes dan plugin nulled ya.

2. Backlinks

Link balik atau yang akrab disapa Backlinks ini ternyata berguna juga di dunia SEO. Semakin banyak backlink berkualitas yang kita dapatkan, maka peringkat situs kita juga akan naik.

Lain halnya mendapatkan Backlink dari theme nulled. Para user yang menggunakan produk bajakan secara tidak sadar akan memberikan backlinks situsnya ke pihak penyedia produk bajakan tersebut.

3. Berpotensi Kena Penalty Search Engine

Tahukah kamu bahwa penggunaan themes dan plugin nulled dapat memberikan ancaman penghapusan, hukuman dan penalty dari Search Engine ?

Hal itu dikarenakan “banyaknya” produk nulled yang telah memasukkan script jahat ke dalam produk tersebut.

Alhasil situs kita tidak sehat dan akan mendapatkan peringatan dari Search Engine. Resiko terberat ketika situs tidak dapat diselamatkan lagi adalah Penghapusan dan Deindex situs.

Anda tentu sudah tahu perbedaan dari jenis-jenis dan cara memilih theme WordPress yang tersedia di pasaran. Ada baiknya sebelum memilih, Anda mempertimbangkan segi keuntungan dan kerugiannya untuk blog Anda nanti. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment