Content Creator Indonesia

Apa itu Content Creator Indonesia? Bagi sebagian besar dari Anda khususnya generasi millennial tentu sudah tidak asing dengan profisi yang cukup populer saat ini.

Seperti yang diketahui content creator menjadi salah satu profesi yang mana sekarang ini sedang naik daun apalagi dengan dukungan teknologi yang semakin canggih.

Sesuai dengan namanya, profesi yang satu ini bekerja dengan cara membuat suatu konten baik berupa tulisan, gambar, video, suara atau gabungan dari beberapa materi.

Umumnya konten tersebut dibuat untuk ditampilkan ke beberapa media populer saat ini seperti YouTube, Snapchat, Instagram, Blogger, dan masih banyak lagi.

Sekarang ini konten tidak hanya terbatas pada gambar dan suara, tetapi sudah banyak konten berupa berita, update, tutorial, dan lain sebagainya.

Semua konten yang masih berupa tulisan tersebut, selanjutnya akan diproses kembali menjadi sebuah konten berupa video singkat.

Nah bagi Anda yang tertarik dengan profesi content creator, simak beberapa ulasan lengkap terkait content creator di bawah ini,

Apa Itu Content Creator ?

Apa Itu Content Creator
Apa Itu Content Creator

Apa itu content creator?

Content creator artinya seseorang yang kerjanya membuat sebuah konten baik berupa tulisan, gambar ataupun video yang akan ditampilkan pada media populer.

Ada banyak sekali tugas yang harus dilakukan oleh seorang content creator, apa saja itu?

Berikut ini beberapa tugas yang biasa dilakukan orang-orang yang bekerja sebagai content creator, yakni

  1. Mengumpulkan ide, data dan melakukan riset sehingga menghasilkan konsep yang bagus dan menarik.
  2. Menciptakan konten yang sesuai dengan identitas dan juga branding yang menjadi ciri khasnya.
  3. Selalu berusaha untuk memenuhi tujuan yang telah di sepekati dalam sebuah konten.
  4. Menyesuaikan konten dengan platform yang dipilih.
  5. Melakukan evaluasi terhadap konten yang telah ditayangkan.

Content Creator Indonesia

Content creator Indonesia 2019 atau biasa disingkat dengan istilah CCID merupakan sebuah komunitas Content Creator Indonesia.

Komunitas CCID sendiri berfungsi untuk mewadahi para pembuat konten baik yang masih pemula maupun yang sudah berkembang. Komunitas ini sendiri memiliki jargon Kreatif, Inovatif Edukatif.

Komunitas Content Creator Indonesia ini hadir atas dasar keresahan karena semakin banyaknya konten hoax dan juga negatif yang banyak dijumpai.

Dengan adanya CCID ini akan memberikan edukasi baik secara online maupun offline untuk pembuatan konten yang lebih positif.

Saat ini sudah banyak dijumpai content creator pada setiap daerah di Indonesia termasuk Bandung dan juga Medan.

Jadi bagi Anda yang tertarik untuk menjadi seorang content creator, pastikan untuk bergabung komunitas konten creator yang ada di kota Anda.

Jenis-Jenis Content Creator

Jenis-Jenis Content Creator
Jenis-Jenis Content Creator

Seperti yang diketahui, sekarang ini ada banyak sekali jenis-jenis content creator  yang bisa kita jumpai di berbagai media sosial.

Misalnya YouTube, Instagram, Vlogger, dan masih banyak lagi. Nah bagi Anda yang tertarik terjun di dunia content creator, tidak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu, apa saja jenis content creator yang tengah hits sekarang ini.

1. Content Creator YouTube

Saat ini Youtuber tidak hanya menjadi hobi saja melainkan menjadi profesi yang sangat menjanjikan jika ditekuni.

Perubahan kebutuhan masyarakat akan media massa saat ini dapat terlihat dari fenomena YouTube yang tengah populer.

Semakin populer YouTube ditandai dengan semakin banyak orang yang tertarik dengan profesi yang satu ini.

Selain lebih mudah, ternyata penghasilan Youtuber terbilang sangat fantastis Perlu diketahui penghasilan yang diperoleh bukan hanya dari YouTube saja tetapi dari beberapa brand yang minta content khusus.

Jika Anda tertarik, pastikan segera bergabung dengan YouTube content creator Indonesia.

2. Content Creator Instagram

Selanjutnya adalah content creator Instagram. Mendengar namanya tentu Anda sudah bisa menebak tentang profesi yang satu ini.

Jika sebelumnya menggunakan media YouTube untuk menampilkan konten-konten yang dibuat, maka untuk jenis yang kedua ini menggunakan media Instagram.

Hampir sama dengan membuat content di YouTube, namun untuk content yang di Instagram ini konten atau video yang dihasilkan lebih pendek.

Untuk penghasilannya biasanya mereka mendapatkannya dari endorse beberapa brand tertentu.

3. Content Creator Videographer

Content-Creator-Videographer
Content-Creator-Videographer

Satu lagi jenis content creator yang juga tidak kalah populer adalah menjadi content creator videographer.

Sesuai dengan namanya, untuk jenis content creator yang satu ini memang lebih berfokus dalam pembuatan konten berupa video yang unik dan juga menarik.

Umumnya konten video yang dibuat disebarluaskan melalui media instagram, website, dan juga YouTube. Karya yang keren akan semakin menambah jumlah followers.

Banyak keuntungan ketika kamu bisa menjadi seorang videographer, salah satunya bisa ikutan dan memenangkan lomba video seperti artikel sebelum : Menang Lomba Video dari Rumahweb

Pekerjaan Content Creator

Pekerjaan Content Creator
Pekerjaan Content Creator

Sekilas nama content creator hampir sama dengan nama content writer, namun tahukah Anda bahwa kedua profesi tersebut sangatlah berbeda.

Perlu diketahui content creator memiliki job description yang lebih luas dibandingkan dengan content creator.

Seperti yang diketahui pekerjaan content creator ini muncul semakin maraknya penggunaan media sosial dan juga internet.

Tak hanya menjadi seorang content creator, tetapi mereka yang menyalami dunia internet dan mencari uang dari sana ternyata juga bisa menjadi seorang Digitalpreneur Indonesia yang sukses dan menginspirasi juga loh.

Nah untuk mengetahui lebih jauh tentang pekerjaan dan juga gaji dari content creator, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Content Creator Job Description

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas, bahwa tugas dari content creator adalah membuat sebuah konten yang unik dan juga menarik.

Konten-konten yang dibuat tidak boleh sebarangan sehingga perlu memikirkan ide yang menarik sebelum membuat konten.

Perlu diketahui, tujuan dari content creator sangatlah beragam, ada yang bertujuan untuk menghibur, meng-edukasi masyarakat atau bahkan untuk mempromosikan produk.

Semua tujuannya berbeda-beda tergantung dari perusahaan yang mengeluarkan konten tersebut.

2. Content Creator Job Salary

Berapa gaji seorang content creator? Mungkin sebagian dari Anda penasaran dengan besaran gaji yang diterima oleh seorang content creator setiap bulannya.

Umumnya besaran gaji yang diterima yakni sekitar 4 juta sampai 8 juta setiap bulannya.

Namun perlu diingat bahwa gaji tersebut sesuai dengan masing-masing perusahaan. Semakin besar perusahaan tersebut, maka semakin besar gaji yang ditawarkan.

Bagi yang hobi nulis, jangan pernah lelah untuk terus mengembangkan hal tersebut, siapa tau kamu bisa menjadi Blogger Hebat seperti halnya Blogger Medan juga loh.

Cara Menjadi Content Creator

Cara Menjadi Content Creator Indonesia
Cara Menjadi Content Creator Indonesia

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar bisa menjadi seorang content creator yang sukses dan berkualitas.

Langsung saja berikut beberapa langkah sukses yang bisa Anda terapkan untuk menjadi seorang content creator yang berkualitas.

1. Pilih Konten Sesuai Passion

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memilih jenis konten yang sesuai dengan passion Anda.

Mengapa demikian?

Seperti yang diketahui, hal apapun yang dilakukan sesuai dengan passion maka hasilnya pun juga bisa menginspirasi banyak rang.

2. Buat Karya Original

Saat ini ada banyak sekali content creator yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jika Anda tertarik untuk masuk ke dunia ini, maka hal yang paling penting untuk dilakukan adalah membuat karya yang original.

Intinya, Anda harus berani untuk menjadi diri sendiri saat berkarya karena hal tersebut akan terlihat unik dan juga menarik.

3. Update dengan hal-hal kekinian

Satu lagi hal yang tidak kalah penting ketika Anda ingin menjadi content creator yaitu selalu update dengan berita-berita terbaru.

Dengan selalu mengikuti berita terkini, maka konten yang Anda buat pun bisa menyesuaikan dengan perkembangan yang sedang tren atau terkini.

Komunitas Content Creator Indonesia

Komunitas Content Creator di Indonesia
Komunitas Content Creator di Indonesia

Jika Anda benar-benar tertarik masuk ke dunia content creator, maka pastikan untuk bergabung dengan komunitas CCID di kota Anda.

Disana Anda akan mendapatkan banyak sekali ilmu yang mampu membuat Anda lebih mengetahui tentang dunia content creator yang sekarang ini tengah hits.

Mulai dari mencari ide, mengembangkan ide, hingga tips-tips membuat konten lebih menarik dan juga unik.

Jadi tunggu apalagi, segera raih mimpi Anda menjadi seorang content creator dengan bergabung bersama komunitas Content Creator Indonesia atau CCID sekarang juga. Jadilah top content creator Indonesia selanjutnya.

 

Leave a Comment