Apa itu Top Level Domain dan Seperti Apa Kegunaannya?

Bagi Anda yang memiliki website tentu sudah mengerti tidak asing dengan pentingnya domain. Domain sendiri tersusun dari beberapa level, salah satunya adalah Top Level Domain yang akan menjadi fokus kita pada pembahasan kali ini. Sudah tahukah Anda apa itu Top Level Domain (TLD)?

Sebelum masuk pembahasan mengenai apa itu Top Level Domain (TLD), kita ulas dulu secara singkat mengenai domain. Domain adalah alamat utama atau nama yang digunakan pada website.

Domain juga menjadi pengganti alamat IP yang sulit diingat. Secara tidak langsung, domain berfungsi untuk memudahkan pengunjung dalam mencari informasi pada website.

Meski begitu, pemilihan nama domain tidak boleh dilakukan asal asalan. Pilih nama yang mudah diingat dan dieja, agar pengunjung tidak kesulitan menuliskan nama pada mesin pencarian.

Setelah mengetahui domain, kini saatnya masuk pada pembahasan mengenai apa itu Top Level Domain (TLD)?

Apa itu Top Level Domain dan Seperti Apa Kegunaannya? 1

Apa itu Top Level Domain dan Bagaimana Penggunaannya?

Top level Domain atau TLD adalah bagian akhir pada nama domain Anda. Bagian ini berada setelah tanda “dot” atau titik pada akhir domain. Atau biasa juga disebut sebagai domain suffixes.

Nama domain sendiri terdiri dari 3 level, yaitu subdomain, Mid Level Domain, dan Top Level Domain. Subdomain adalah domain yang ada pada bagian depan atau awal, Mid Level Domain adalah domain yang ada pada bagian tengah, dan Top Level Domain adalah domain pada bagian akhir atau belakang.

Domain dengan Mid dan Top Level Domain disebut Fully Qualified Domain Name (FQDN). Perhatikan contoh nama domain berikut untuk lebih jelasnya, m.facebook.com

m adalah yang disebut dengan subdomain, facebook adalah Mid Level Domain, dan .com adalah Top Level Domain. Seperti penjelasan sebelumnya, setiap domain pada contoh dipisahkan dengan “dot”.

Top Level Domain sendiri dibagi lagi menjadi 2 kategori, yaitu Country-Specific Top Level Domain dan Generic Top Level Domain. Top Level Domain bertujuan untuk membantu kita mengetahui jenis usaha, negara asal, kepemilikan website, dan masih banyak lagi.

Seperti contoh di atas, penggunaan Top Level Domain .com menunjukkan bahwa situs atau website tersebut merupakan situs komersial. Penggunaan nama domain juga diatur oleh ICANN atau The Internet Corporation for Assigned Names and Numbers.

Semua jenis Top Level Domain diawasi berdasarkan hal-hal terkait website tersebut. Seperti memastikan bahwa sesuainya Top Level Domain dengan tujuan dan isi website. Memilih domain yang sesuai dengan bisnis Anda merupakan hal yang penting. Berikut ini beberapa daftar TLD yang umum digunakan:

  • .com – bisa digunakan untuk berbagai keperluan, namun biasanya digunakan untuk bisnis online)
  • .edu – sudah bisa ditebak bahwa domain ini biasa digunakan oleh institusi pendidikan.
  • .net – domain ini juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan, baik bisnis online hingga penggunaan pribadi.
  • .org – biasa digunakan untuk organisasi nirlaba.
  • .co – biasa digunakan untuk website perusahaan.
  • .biz –hampir sama dengan .co, domain yang satu ini bisa digunakan untuk nama perusahaan.

Top Level Domain (TLD) Berdasarkan Kategori

ICANN juga mengelompokkan TLD dalam 3 kategori, sebagai berikut:

Generic Top Level Domain atau gTLD

gTLD adalah domain yang cukup umum untuk digunakan oleh berbagai macam pengguna, baik platform resmi seperti perusahaan hingga penggunaan pribadi. gTLD juga bisa digunakan untuk kepentingan komersial hingga platform penyedia informasi.  Beberpa contoh gTLD dan penggunaannya adalah sebagai berikut:

  • .com – pada situs komersial
  • .org – bisa ditemukan pada situs organisasi
  • .net – digunakan untuk network (jaringan)
  • .xyz—bisa digunakan untuk umum
  • .name – untuk individu
  • .biz – untuk bisnis
  • .info – biasa ditemukan pada platform informasi

Sponsored Top Level Domain: sTLD

Sponsored Top Level Domain atau sTLD adalah domain yang hanya digunakan oleh user tertentu, atau organisasi privat. Pengguna yang ingin mendaftarkan situsnya pada domain ini harus mengikuti aturan yang diberikan.

Berikut ini beberapa domain sTLD yang perlu Anda ketahui, diantaranya .gov yang digunakan oleh pemerintahan AS, .edu yang digunakan untuk instansi pendidikan, .int yang digunakan untuk kepentingan terkait organisasi perjanjian internasional, dan masih banyak lagi.

Country Code Top Level Domain: ccTLD

Country code TLD atau ccTLD adalah domain dengan kode ISO yang menunjukkan lokasi atau wilayah domain. Kode ISO terdiri dari dua huruf yang menandakan nama Negara atau wilayah asal domain tersebut dibuat. Contoh yang sudah banyak kita tahu adalah .id yang merupakan kode Negara Indonesia.

Beberapa contoh kode ISO lainnya seperti .fr untuk Negara Prancis, .us untuk Negara Amerika Serikat, .de untuk Negara Jerman, dan masih banyak lagi.

Kesimpulannya, Top Level Domain adalah bagian akhir yang biasa kita temui pada akhir nama domain yang Anda gunakan. Penggunaan TLD ini dapat mengidentifikasi situs Anda, bahkan lokasi pengguna domain tersebut.

Bagi pengguna atau pemilik website, sangat penting untuk mengetahui dan memahami apa itu Top Level Domain, agar nantinya dapat memilih domain dengan tepat. Namun, Anda juga bisa  meminta bantuan pada jasa hosting murah untuk menghindari kesalahan.

Seperti domainesia, yang menawarkan bantuan untuk mewujudkan website dengan nama domain Anda sendiri. Hosting Indonesia terbaik ini sudah berdiri sejak 2009, tentu saja sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Dengan penawaran harga terjangkau, Anda bisa mendapat layanan maksimal dan memuaskan.

Meski Anda sudah mengetahui apa itu Top Level Domain murah, tak ada salahnya mencari jasa hosting yang bisa membantu. Kunjungi website resmi Domainesia pada domainesia.com dan dapatkan penawaran menarik yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Selamat mencoba.

Leave a Comment