Guru SEO Indonesia Ganteng, Baik Hati, Suka Berbagi

Guru SEO Indonesia – Belajar SEO atau Search Engine Optimzation pada dasarnya menjadi hal wajib dilakukan apabila Anda menginginkan peringkat satu di mesin pencarian.

Namun demikian, pada kenyataan untuk belajar SEO bukanlah hal yang mudah, sehingga Anda butuh Guru SEO untuk membimbingmu dalam mempelajari Search Engine Optimzation lebih lengkapnya.

Sebuah website atau blog yang dilihat oleh banyak orang pastinya akan memiliki peluang lebih baik untuk dikunjungi dalam jumlah lebih besar.

Hingga nanti jumlah pengunjung di sebuah website tersebut akan dikonversikan sebagai sumber pendapatan. Maka dari itu ada di peringkat pertama mesin pencarian akan menjanjikan keuntungan yang luar biasa pastinya bagi website Anda.

Menariknya, ternyata ilmu SEO merupakan sesuatu yang bisa dipelajari dan dikembangkan, tak terkecuali bagi pemula sekalipun.

Apa Itu Guru SEO ?

Apa Itu Guru SEO ?

Secara umum, guru adalah seseorang yang mengajari di sekolah. Cara menjadi guru yang baik kadang kalanya tidak hanya bertugas mengajar di dalam kelas saja.

Akan tetapi juga bisa jadi pembimbing tempat konsultasi di luar kelas bagi mereka yang membutuhkan.

Guru SEO adalah seseorang yang dianggap sebagai sumber terpercaya atas teknik, tips, atau cara maupun keahlian di bidang SEO, untuk menilai serta memutuskan sesuatu yang benar sesuai aturan juga status oleh sesamanya maupun khalayak di bidang SEO pula.

Lebih umumnya, seorang Guru SEO ialah seseorang yang memiliki ilmu pengetahuan atau kemampuan lebih luas di bidang per-SEO-an.

Di zaman yang serba digital seperti sekarang, dunia search engine sepertinya sudah mulai memunculkan banyak sekali orang-orang yang berprofesi sebagai Guru SEO, atau yang juga disebut dengan pendidik private Search Engine Optimzation.

Peran Guru SEO membantu pemilik website atau blog personal dan bisnis online ada di posisi halaman utama mesin pencarian, baik itu di Google, Bing, Yahoo, atau Yandex.

Tentu saja untuk menjadi guru di bidang SEO ini bukanlah perkara yang mudah. Tidak sama seperti guru pada umumnya yang mana guru akan mengejari mengenai mata pelajaran SEO yang pastinya butuh teknik dan tips khusus untuk menjadi seorang Guru SEO yang baik bagi para blogger atau pebisnis online yang nanti juga akan menekuni bidang jasa optimasi.

Bagaimana Cara Menjadi Guru SEO ?

Bagaimana Cara Menjadi Guru SEO ?

Selayaknya profesi pada umumnya, menjadi seorang Guru SEO juga ada kriteria dan parameternya. Agar bisa menjadi Guru SEO yang profesional ada beberapa poin yang perlu dipahami.

1. Menguasai Materi SEO

Seperti yang sudah kami singgung di awal, bahwa untuk menjadi Guru SEO ini bukan perkara yang mudah, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menguasai materi SEO dengan baik. Ya, untuk menjadi Guru SEO yang baik maka Anda harus menguasai semua materi SEO yang akan Anda sampaikan kepada peserta didik.

Apabila Anda sebagai Guru SEO ternyata tidak menguasai materi SEO, lantas bagaimana Anda bisa menyampaikan materi di depan kelas SEO? Guru SEO yang baik minimal harus mempelajari mengenai materi SEO yang nanti akan disampaikannya dalam waktu minimal 3 hari sebelum mengajar.

2. Membuat Suasana Kelas Jadi Kondusif

Pada dasarnya untuk membuat suasana kelas SEO jadi kondusif tidak hanya bisa dilakukan dengan cara marah atau memaki peserta didik, agar bisa memperhatikan apa yang Anda terangkan lebih serius lagi. Tetapi di sini Anda harus bisa membikin suasana kelas SEO lebih santai tetapi tetap serius, dan konsep praktek yang sistematis.

Seorang Guru SEO tidak disarankan untuk menjadi seorang guru yang kerjanya hanya memberikan penjelasan mengenai materi SEO saja, akan tetapi juga harus lebih komunikatif dengan peserta didik yang sedang belajar SEO dengan cara menanyakan kepada mereka apa sudah mengerti dan memahami dengan materi yang sudah diajarkan.

3. Menjadi Guru SEO yang Bisa Dicontoh

Guru SEO tentu saja harus bisa jadi contoh bagi peserta didiknya, misalnya saja apabila memerintahkan untuk menulis konten website atau blog, maka Guru SEO tersebut pun juga harus ikut serta melebur dalam sesi bikin konten.

Selanjutnya, Anda sebagai guru bisa membuat perbandingan dan analisis atas materi yang dibuatnya sendiri dengan yang dibuat oleh peserta didiknya.

4. Kreatif dan Multi Talenta

Menjadi guru SEO, Anda diharuskan untuk lebih kreatif  dan multi talenta. Dengan begitu maka suasana kelas SEO pun akan jadi lebih meriah dengan lahirnya ide baru yang lebih cemerlang.

Contohnya saja dengan membuat sebuah kompetisi di kelas dengan membuat game kontes menulis SEO berkelompok atau pun yang lainnya. Cara ini nanti akan membantu peserta didik untuk lebih mudah mengingat dan memahami serta mengerti kemampuannya.

5. Berjiwa besar

Sebagai seorang Guru SEO Anda pastinya juga pernah lupa atau salah tentang suatu hal meskipun Anda sudah mempersiapkan diri sebelum akhirnya mengajar, misalnya saja memasukkan keyword dalam tag gambar.

Apabila ada salah satu peserta didik Anda yang menegur akan hal tersebut, maka Anda di sini harus bisa menerima agar terjadi komunikasi dua arah di dalam kelas SEO.

6. Mengerti dan Memahami Sifat Peserta Didiknya

Hal ini bertujuan agar Anda sebagai Guru SEO bisa lebih mudah lagi dalam mengajar. Ingat, pastinya akan ada saja peserta didik yang mudah menangkap pelajaran SEO apabila Anda menjelaskannya secara lembut, tetapi juga ada pula yang sebaliknya. Inilah gunanya mengerti serta memahami sifat dari peserta didik yang mengikuti pendidikan belajar SEO dari Anda.

7. Semangat Belajar dan Mencari Hal Baru

Guru adalah panutan dan pionir untuk anak muridnya. Menjadi Guru SEO dituntut untuk selalu bersemangat belajar akan perkembangan SEO. SEO tentunya akan terus melakukan update dan pembaharuan setiap bulannya.

Apa Itu SEO ?

Apa Itu SEO ?

Sebelum memulai menjadi Guru SEO atau belajar SEO, penting sekali bagi Anda untuk mengetahui apa itu SEO? Bagi para blogger atau internet marketer pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya SEO, tetapi tidak bagi para pemula yang baru belajar SEO.

Pengertian SEO adalah serangkaian upaya yang dilakukan seseorang untuk meningkatkan visibilitas sebuah halaman website atau blog agar menjadi lebih baik di mesin pencarian, biasanya hal ini dilakukan oleh seorang websmaster.

Halaman website dengan ranking yang baik di mesin pencarian, terutama Google, pastinya akan berpeluang untuk mendapat lebih banyak lagi visitor potensial secara terus menerus secara gratis pastinya.

Apabila seseorang mengetikkan sebuah kata kunci pada halaman pencarian Google, maka akan melihat list website atau blog yang ada kaitannya dengan kata kunci tersebut.

Halaman website yang berhasil teroptimasi dengan baik dan ada di halaman pertama mesin pencarian Google maka akan mendapat pengunjung yang lebih banyak jika dibandingkan dengan website yang ada di urutan terbawah mesin pencarian.

Penting juga untuk diperhatikan lebih jauh lagi, bahwa yang dimaksudkan dengan website yang teroptimasi dengan baik dari sisi SEO ini adalah website yang ada di posisi teratas hasil pencarian organik. Bukannya website yang memasangkan iklan di Google.

Manfaat Optimisasi SEO

Ada banyak Manfaat ketika menggunakan SEO untuk optimasi website di halaman pencarian Google. Manfaat SEO tentunya akan sebandingkan dengan hasil yang nantinya didapatkan.

1. Mendatangkan trafik yang potensial

Kami ingatkan lagi bahwa halaman website yang berhasil teroptimasi dengan baik dari sisi SEO, maka akan mendapat peringkat yang baik pula di mesin pencarian Google misalnya. Semakin baik posisi halaman website yang Anda miliki di mesin pencarian maka peluang untuk mendapat pengunjung yang potensial pun akan semakin besar.

Trafik potensial pada sebuah website tentu saja akan datang secara terus menerus dan pastinya juga bisa membantu dalam meningkatkan jumlah customer dan penjualan bisnismu.

2. Meningkatkan brand awareness bisnis Anda

Brand awareness pada dasarnya memiliki kemampuan yang sangat baik agar calon pembeli bisa mengenali dan mengingat sebuah merk atau brand. Jadi semakin terkenalnya sebuah merk pada niche tertentu maka intensitas penjualannya pun akan semakin besar.

Salah satu cara terbaik untuk tingkatkan brand awareness pada sebuah bisnis adalah dengan melakukan optimasi website di mesin pencarian Google.

3. Mendapatkan data customer secara gratis

Saat ini semakin banyak pebisnis online yang bersedia mengeluarkan dana untuk memasang sebuah iklan di berbagai media periklanan. Tujuannya tidak lain untuk mendapat data kontak calon pembeli atau pelanggan setia mereka.

Dengan mengetahui data calon pembeli pastinya akan lebih memudahkan pebisnis untuk menghubungi mereka saat Anda mengeluarkan produk atau jasa baru, dan ingin menawarkan promosi khusus bagi pelanggan lama. Intinya, agar Anda dan konsumen bisa tetap terhubung dengan baik di setiap saat.

Selain itu juga masih ada banyak lagi manfaat optimisasi SEO yang tidak kalah pentingnya untuk Anda tahu, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Mendapat pengunjung baru yang berkualitas. Pengunjung yang didapatkan benar – benar pengunjung yang butuh informasi yang disajikan di website atau blog Anda.
  • Bisa meningkatkan durasi kunjungan. Para penggunjung yang mendapat informasi yang mereka butuhkan pastinya akan rela berdiam lebih lama di website atau blog tersebut demi memuaskan rasa keingintahuan mereka.
  • Meningkatkan konversi. Apabila Anda merupakan salah satu penjual, maka SEO bisa datangkan konversi yang lebih banyak lagi.
  • Meningkatkan otoritas, popularitas, dan pastinya brand wareness seperti yang sudah kami singgung di awal. Ini berarti orang akan lebih mudah mengingat dengan website Anda.

Cara Optimasi SEO di Website atau Blog

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan SEO. Mulai dari teori hingga hal teknikal ada di dalam SEO. Namun, kita akan bagikan tahapan dan cara-cara SEO secara garis yang bisa Anda terapkan di Website atau blog.

1. Riset kata kunci

Cara SEO website atau blog pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu bagaimana seseorang mengetik kata kunci di mesin pencarian Google untuk mencari informasi yang mereka butuhkan.

Misalnya saja dengan melakukan riset keywords menggunakan Google Adwords : Keyword Tools. Tak perlu khawatir, sebab layanan ini tersedia secara gratis.

2. Menggunakan domain yang berisi kata kunci

Sebenarnya domain tak harus berisikan kata kunci, tapi dengan memasukkan kata kunci dalam domain pastinya akan sangat membantu mesin pencarian Google untuk tahu fokus website atau blog yang Anda buat tersebut.

Misalnya membuat website mengenai jasa backlink maka Anda bisa mengunakan domain jasabacklink.com, atau yang lainnya.

3. Pilih platform yang tepat

Apabila Anda memang ingin membuat situs website yang Google friendly dan user friendly, maka platform WordPress adalah pilihan terbaiknya.

Sebab, pada platform WordPress ini Anda juga bisa menginstall berbagai macam plugins secara gratis untuk membantu kegiatan SEO dan tampilan situs website Anda sehingga terlihat lebih baik.

4. Gunakan permalinks yang baik

Memastikan tiap permalink postinganmu berisikan judul postingan, sebab permalinks yang baik bisa membantu dalam kegiatan SEO. Maka dari itu kenapa Anda disarankan untuk menggunakan platform WordPress karena memang Anda akan lebih mudah lagi saat merubah settingan permalinks di WordPress.

5. Gunakan Plugin SEO

Salah satu kelebihan yang ditawarkan WordPress adalah bisa diinstall plugins pendukung secara gratis yang bisa membantu SEO website Anda. Adapun plugins WordPress yang sangat membantu SEO sebuah situs website diantaranya sebagai berikut.

  • Google XML Sitemaps
  • SEO friendly images
  • Yoast WP SEO
  • Dan masih ada banyak lagi.

6. Membuat konten yang berkualitas

Pada dasarnya ada beberapa perdebatan mengenai konten yang berkualitas, bahkan ada yang bilang artikelnya minimal harus 500 kata, tapi ada pula yang bilang artikelnya minimal 700 kata. Faktanya, ternyata tidak ada yang lebih baik dari sebuah konten original.

Silakan Anda buat konten sebaik mungkin untuk pembaca Anda. Buat agar pembaca ingin membaca lebih banyak lagi konten yang tersedia di situs website Anda secara terus menerus.

7. Menggunakan sosial media

Karena saat ini sudah zamannya teknologi digital, sehingga semakin banyak saja yang mengenal Twitter, Facebook, Google Plus, dan lain-lain.

Bagi pemilik website atau blog, memiliki akun Facebook, Twitter, Google Plus, dan lain-lain merupakan sebuah keharusan.

Sosial media tidak hanya membantu SEO website Anda, akan tetapi juga bisa menambah pengunjung ke situs website Anda.

8. Membangun backlinks

Meskipun algoritma search engine terus alami perubahan dari waktu ke waktu, tetapi ternyata ada hal penting yang tidak akan pernah berubah dalam SEO, yakni backlinks.

Hal penting yang harus tetap Anda perhatikan dengan baik saat membangun backlinks adalah membangun backlinks berkualitas dan harus dilakukan secara terus menerus dengan bertahap.

Cara Cek Ranking Website

Cek Ranking Website adalah hal penting yang tidak boleh dilupakan. Dengan memonitoring pergerakan ranking website, Anda bisa melihat apakah progres optimasi SEO yang dilakukan mendapatkan hasil yang bagus atau tidak.

Cara paling mudah untuk cek ranking website dengan menggunakan aplikasi pendukung untuk SEO sebagai berikut.

1. Google Search Console

Cara cek ranking website yang pertama adalah melalui Google Search Console. Disebut juga dengan Google Webmasters Tools, ini merupakan sekumpulan alat-alat yang ditawarkan Google untuk membantu meningkatkan website agar memiliki performa yang lebih baik lagi di mesin pencarian.

Melalui Google Search Console tersebut Anda bahkan bisa melihat performa website di mesin pencarian, impresi, dan banyaknya klik.

2. Ahrefs

Ini adalah aplikasi SEO terbaik yang banyak digunakan profesional marketer. Aplikasi tersebut menawarkan interface yang mudah dimengerti dan dipahami. Melalui aplikasi Ahrefs ternyata proses analisisnya bisa dilakukan dengan sangat sederhana sekali.

Anda hanya perlu memasukkan domain di dalam kontak pencarian, maka secara otomatis aplikasi tersebut akan lakukan analisis lalu memunculkan informasi yang ada kaitannya dengan performa serta kualitas website menggunakan grafis dan diagram yang menarik.

3. SEMRush

Lalu untuk yang berikut ini merupakan alat untuk melakukan sebuah penelitian SEO dan kata kunci yang populer. SEMRush adalah sekumpulan dari beberapa fitur analisis SEO yang bisa dimanfaatkan dengan baik. Punya banyak fungsi untuk meneliti kinerja SEO dari sebuah situs website.

Tool tersebut bahkan bisa menampilkan peringkat kata kunci dari berbagai website dengan berbagai informasi yang lain.

4. Serprobot

Selanjutnya ada Serprobot yang merupakan sebuah website terbaik yang menyediakan layanan Serp analisis. Dimana dalam pengembangannya, website ini memang bisa digunakan untuk memantau pergerakan konten dan kata kunci yang telah tertarget.

Fitur yang tersedia adalah pengecekan ranking website atau blog untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat. Anda bahkan bisa memilih target negara maupun lokasi secara lebih spesific lagi. Selain hal tersebut, melalui Serprobot ini pula Anda bisa melihat secara langsung ranking lebih dari 10 kata kunci.

5. Ubersuggest

Ubersuggest menjadi pilihan terakhir yang bisa Anda gunakan untuk memonitoring dan melakukan tracking keyword yang ada di website Anda. Layanan ini bersifat gratis, hanya saja akan dibatasi penggunaan hariannya.

Siapa Guru SEO di Indonesia yang Terbukti Ganteng, Baik Hati dan Suka Berbagi ?

Seperti judul dan nama websitenya, tentunya udah pada tau kan jawabannya siapa hehehe. Yaudah gitu aja, salam kenal ya untuk kita semua.

Itu dia konten pembahasan kita seputar Guru SEO. Pastikan Anda mencari dan menemukan Guru SEO yang tepat, kompeten dan ahli di bidangnya. Semoga Bermanfaat~

Tinggalkan komentar