Youtubers Minang

Salah satu Youtuber yang cukup terkenal dan populer yaitu Youtubers Minang. Youtuber Minang sendiri adalah orang yang berasal dari Minang yang berprofesi sebagai Youtuber.

Untuk meningkatkan kualitas dari para Youtuber asal Minang, mereka bergabung dalam komunitas Youtuber Minang yang kini menjadi salah satu channel populer.

Youtubers Minang
Youtubers Minang

Apa Itu Youtubers Minang ? 

Youtubers Minang merupakan nama Channel Youtuber dimana para pendirinya adalah para Youtuber Minang.

Youtuber sendiri adalah seseorang yang mampu memanfaatkan Youtube sebagai media untuk berbagi video bermanfaat.

Orang indonesia banyak yang memilih menjadi Youtuber, salah satunya karena penghasilannya lumayan besar dan membuat dirinya terkenal.

Para pengelola Youtubers Minang secara berkala membagikan video-video yang berhasil menarik perhatian masyarakat di tanah air terutama masyarakat Minang.

Para Youtuber membuat, mengedit dan menciptakan video terutama mengenai Minang. Hadirnya Youtubers Minang ini diharapkan agar semakin banyak Youtuber asal Minang yang terus eksis dan terus melestarikan budaya Minang.

Tidak hanya ada di Sumatera Barat, ternyata virus untuk menjadi content creator video juga telah menyebar ke Youtubers Medan juga loh!

Sejarah Berdirinya Youtubers Minang

Youtubers Minang berdiri sejak tahun 2017 yang didirikan oleh Yuliandre Darwis. Yuliandre merupakan ketua KPI (Komisi Penyiaran Informasi) Pusat yang berasal dari Sumatera Barat.

Dalam membangun Youtuber Minang, ia mengumpulkan beberapa orang untuk menjadi anggota dari Channel Youtube tersebut.

Youtuber Minang beranggotakan anak-anak muda yang berasal dari Sumatera Barat. Anak-anak tersebut berdomisili di Jakarta seperti Fandi Prinandita, Nadia Nesa, Andra Mkamuy, Rizki Montheza, Bintang Guno, Rizki Muhagi, dan Zarian Secio.

Isi channel dari Youtubers Minang yaitu ungkapan kerinduan seorang perantau yang akan pulang ke kampung halaman.

Channel Youtuber Minang menjadi wadah para content creator untuk mempublish karya mereka dengan cara kolaborasi. Channel Youtubers Asal Minang ini tergabung di Youtube sejak 29 Maret 2017.

Pada tahun 2017 tersebut, Youtubers Minang berhasil membuat dua video yang telah dilihat hingga ribuan orang selama dua hari. Kini jumlah subscribe dari channel Youtubers Minang yaitu 9.1 ribu.

Cara Bergabung di Youtubers Minang

Bagi kamu yang berasal dari Minang, kamu dapat mendaftarkan diri untuk bergabung di Youtubers Minang.

Syarat utama menjadi anggota komunitas yaitu asli warga Minangkabau. Baik dirinya merantau maupun tinggal di Minangkabau Sumatera Barat.

Bagi kamu yang ingin bergabung, tentu kamu harus memiliki Youtube creator dimana telah memiliki Channel Youtube masing-masing.

Channel Youtubers Minang ini menjadi salah satu langkah untuk mempererat tali silahturahmi sesama Youtuber yang berasal dari Minangkabau.

Selain itu, anggota harus berumur lebih dari 18 tahun. Minimal umur ini berguna agar kinerja dalam pembuatan video dapat maksimal. Dengan adanya channel Youtubers Minang, Channel Youtube pribadi kamu pun akan mudah untuk dikenal.

Antusiasme yang tinggi membuat Youtubers Minang menambah persyaratan dengan minimal jumlah subscribers sebanyak 100 subscriber.

Ingin menjadi bagian dari Youtubers Indonesia yang sukses dan berhasil ? Cek postingan kita sebelumnya ya..

Daftar Youtubers Minang Terkenal

Orang-orang asal Minang ini berhasil menjadi Youtuber yang sukses dan terkenal. Di Channel Youtube ada beberapa channel unggulan yang bisa kamu subscribe juga.

Adapun beberapa daftar Youtubers yang berasal dari Sumatera Barat yang terkenal adalah sebagai berikut.

Arief Muhammad Poconggg

Arief Muhammad
Arief Muhammad

Siapa sih yang tidak kenal dengan salah satu penulis kondang Indonesia yang viral dengan konten poconggg nya ini.

Bagi yang tidak tahu, mungkin pocong adalah sesuatu yang menakutkan. Tetapi lain halnya dengan model poconggg karangan Arief Muhammad ini. Beliau lebih dulu viral dan terkenal lewat media sosial twitter.

Cuitan yang khas dan lucu itu lah membuatnya sekarang dikenal banyak orang. Diketahui Arief adalah sosok yang mempunyai suku Minangkabau. Hal ini semakin dijelaskan lewat salah satu vlognya yang Travel-VLOGGG: PULANG KAMPUNG!!!

Berkat eksistensinya, kini arief memiliki subscriber sebanyak 2 juta lebih dan terus bertambah setiap harinya. Oh ya, Bagi yang penasaran bisa langsung cek videonya dibawah ya.

Minang Kocak (Si Momon)

Simomon
Simomon

Bagi kamu yang bermain media sosial Instagram, tentu tau dong dengan akun lucu dan lawak yang bernama Minangkocak ini.

Minang Kocak atau yang akrab disapa simomon ini masuk ke daftar Youtubers Minang paling terkenal. Hingga saat ini belum ada yang bisa berbagi bagaimana wajah asli si momon ini.

Awal kenaikan Minang kocak dimulai dari media sosial instagram, momon berbagi konten dubbing dengan berbagai macam varian video lucu dan unik di dalam.

Seiring berjalannya waktu, akhirnya simomon ikut terjun ke dunia Youtube dan kini sudah memiliki lebih dari 160.000 subscriber.

Konten Youtubenya semakin viral setelah dia bermain game PUBG yang saat ini sedang tren. Dengan ckamuan dan keunikan suara minangkocak ini membuat setiap video yang dia unggah pasti rame.

Adim MF

Adim MF
Adim MF

Adim MF adalah salah satu penyanyi cover pria yang berasal dari Bukittinggi. Adim yang terlebih dahulu viral di sosial media Instagram ini menuai banyak Respon yang positif dari hasil karya coveran yang ia buat.

Dimulai dari salah satu lagu covernya yang berjudul Tadayo Gurauan Sayang dengan jumlah views 5 juta. Lagu ini awalnya dibawakan oleh Rayola kemudian di cover ulang oleh Adim dengan lantunan suara merdunya.

Berkat suara emasnya kini adim mempunyai channel Youtube dengan jumlah subscriber lebih dari 97.000 orang dan terus bertambah setiap harinya.

Nadia Nesa

Nadia Nesa
Nadia Nesa

Salah satu Daftar Nama Youtubers Minang yang terkenal adalah Nadia Nesa Putri. Youtuber kelahiran 1995 ini memiliki keunikan sendiri dari setiap unggahan videonya.

Bagi kamu yang ingin mengenal Bahasa Minang dan keindahan Alam Sumatera Barat, channel ini sangat recomended.

Nadia Nesa Putri dengan jumlah subscriber lebih dari 30.000+ tidak menghilangkan budaya Minang, tetapi berhasil menyajikan sudut pkamung modern dengan Budaya Minang. Dalam videonya ia menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Minang.

Salah satu video populer miliknya yaitu Celoteh Uni dengan menekankan penggunaan istilah orang Padang yang sering salah mengartikannya dengan orang Minang.

Selain itu, Ia juga pernah membuat video unik yang berkolaborasi dengan teman-temannya.. Teman yang ia ajak kolaborasi juga bukan orang Minang, melainkan teman berbeda suku dari Jawa hingga Palembang.

Garundang

Garundang
Garundang

Garundang adalah sebuah Kanal Youtube dengan konten  parodi Minang lawakan dengan ide unik dan lucu. Channel ini awalnya dibintangi oleh Iyaai Sofyan, seorang MUA asal Padang, Sumatera Barat.

Namun di tengah jalan iyaai yang awalnya menjadi pemain inti ntah mengapa tidak lagi tampak di video selanjutnya. Hingga kini garundang masih aktif membuat konten parodi dan sudah memiliki lebih dari 128.000+ subscriber.

Hidayat Squad

Hidayat Squad
Hidayat Squad

Hidayat squad merupakan salah satu pemuda yang berasal dari Sumatera Barat membuat konten yang sedikit berbeda dari yang lainnya.

Dia sering berbagi informasi dalam bentuk video seputar hal-hal yang ada disekitar lingkungannya. Pemilik channel ini menetap di luar negeri, dalam kanalnya tersebut beliau sering berbagi tips keren di dalamnya.

Hingga saat ini Hidayat Squad sudah memiliki lebih dari 120.000+ subscriber yang setia menonton konten terbaiknya.

DPlust Music Official

DPLUST MUSIC OFFICIAL
DPLUST MUSIC OFFICIAL

Dari namanya kita sudah tebak bahwa channel ini berisi konten seputar musik. DPlust sendiri merupakan salah satu channel musik cover lagu Minang dan Pop Indonesia.

Bagi kamu yang ingin menikmati musik Minang dengan sensasi baru mungkin bisa main ke channel ini.

Karya DPlust Music Official mendapatkan respon positif dari para penontonnya hingga kini sudah memiliki lebih dari 17.800+ subscribers.

Iyaai Sofyan

Iyaai Sofyan
Iyaai Sofyan

Iyaai Sofyan yang sebelum tergabung dengan garundang memilih untuk mencoba untuk membangun channel Youtubenya sendiri. Iyaai yang sering mengunggah video lucu dan merepetnya di instagram ini ternyata memiliki banyak penggemar yang suka dengan videonya.

Hingga saat ini Iyaai sudah memiliki lebih dari 14.500+ subscriber yang suka dengan konten parodi lucu minangnya.

Da Pen

Da Pen
Da Pen

Da Pen yang lebih dulu eksis di Instagram ini hadir dengan konten prank dan social experimen. Bermula dari hobinya yang suka ngerjain orang, kini dapen masuk ke dalam list salah satu Youtubers asal Sumbar yang memiliki subscriber sebanyak 11.500+ orang.

Beberapa video social experimen dapen juga sempat viral di kalangan pengguna instagram. Tak heran jika setiap harinya dapen mendapatkan banyak followers dan subscriber yang mendukungnya.

Rizki Montheza

Rizki Montheza
Rizki Montheza

Selanjutnya ada Rizki Montheza dengan jumlah subscribe 6969. Selain menjadi Youtubers, riski menjadi sekretaris dari Komisi Penyiaran Indonesia dan Executive Secretary ISKI.

Meskipun ia menjadi salah satu bagian dari Youtubers Minang yang dikenal, ia tidak meninggalkan pekerjaannya dan pendidikannya.

Rizki memilih menjadi creator video dengan tujuan ingin memperkenalkan Bahasa Minang kepada penontonnya. Rizki adalah putra daerah asli Minangkabau dari Lubuk Sikaping, Pasaman, Sumatera Barat. Ia mulai aktif update konten Youtube pada Maret 2016.

Laki-laki Minang ini mengunggah berbagai konten keseharian maupun kunjungannya di berbagai wilayah tanah air bahkan luar negeri. Salah satu video populernya yaitu mengenai kunjungannya ke Singapura.

Meskipun berada di Tanah Perantauan, ia tetap membuat video dengan mempertahankan logat Minang dan kadang menggunakan bahasa Minang.

Hingga kini Rizki Montheza sudah memiliki lebih dari 6.000+ subscriber di channel pribadinya.

Uthie Mahesa

Uthie Mahesa
Uthie Mahesa

Youtubers Minang yang tidak kalah terkenalnya yaitu Uthie Mahesa yang merupakan seorang mahasiswa Universitas Bung Hatta Padang.

Sebenarnya ia telah memiliki Channel Youtube sejak 2012, namun ia mulai mengembangkannya pada tahun 2014.

Awal ia menjadi Youtuber yaitu keisengannya membuat beberpa video namun tidak ia bagikan. Ia sering bawel di instagram sehingga mendorongnya untuk mencoba membuat video-video tersebut.

Setelah 2 tahun lamanya, ia baru mengunggah video-video yang telah Uthie Mahesa buat. Tidak disangka-sangka, video yang ia bagikan di Channel Youtube berhasil dilihat oleh banyak orang. Padahal pada awalnya ia ragu dan tidak percaya diri untuk mempublish hasil karyanya.

Dengan dorongan orang tua dan teman-temannya, akhirnya ia maju dan mengunggah video-videonya.

Uthie kini membagikan video make up yang banyak menarik perhatian viewer. Meskipun ketenarannya sebagai Youtuber, hal tersebut tidak mempengaruhi untuk ia tetap menimba ilmu.

Baginya sebagai Youtuber hanya kerja sampingan saja. Ia tetap memprioritaskan pendidikannya. Hingga saat ini, Uthie Mahesa masih menempuh dunia perkuliahan di Universitas Bung Hatta Padang.

Hingga saat ini Uthie Mahesa sudah memiliki lebih dari 2.400 subscriber yang setia dengan konten make-upnya.

Alfahrus

Alfahrus
Alfahrus

Teman-teman yang sudah lama main Instagram mungkin tahu dengan sosok pria yang satu ini. Tak lain dan tak bukan adalah Alfahrus, seorang laki-laki yang hobi mengcover lagu Minang dan Pop Indonesia.

Awal merintis alfahrus ramai dengan cover lagu bersama dua rekannya dan menamai grup musik tersebut dengan nama bocah pemula.

Seiring berjalan waktu dan kesibukan yang semakin hari semakin padat, alfahrus memutuskan untuk mencoba menjalani solo karir di dunia musik.

Setiap minggunya alfahrus rutin membagikan cover musik yang telah dia buat. Tak heran jika saat ini channel Alfahrus sudah mencapai 41.500+ subscriber.

Iqbaal mhd

Iqbaal mhd
Iqbaal mhd

Anak muda yang masih menempuh bangku kuliahan ini kerap cover lagu Pop Indonesia. Iqbaal yang akrab disapa terlebih dahulu terkenal lewat media sosial instagram.

Setelah beberapa pertimbangan, Iqbaal juga ikut meriahkan dunia peryoutubean dan ikut berbagi karyanya dalam bentuk cover lagu. Dengan suara emas dan merdu iqbaal kini sudah mempunyai lebih dari 34.500+ subscriber yang selalu setia dengan updatean konten terbaru iqbaal.

Al Arifin

Al Arifin
Al Arifin

Al Arifin masuk menjadi salah satu anak muda yang memiliki konten cover lagu Minang. Salah satu konten Al Arifin yang sempat viral sejak cover lagu rayola yang berjudul Tadayo Gurauan Sayang dengan total views mencapai 291K+ dan terus bertambah setiap harinya.

Hingga saat ini Al Arifin telah memiliki lebih dari 15.900+ subscriber yang selalu menunggu  coveran terbaru Arifin.

Keluarga Bule Minang

KELUARGA BULE MINANG
KELUARGA BULE MINANG

Keluarga yang satu ini sedikit berbeda dengan keluarga pada umumnya. Sesuai dengan namanya, keluarga ini tentu merupakan campuran antara orang Minang dan orang Bule. Dalam videonya, keluarga ini berbagi konten yang family friendly banget dengan tetap mengangkat unsur Minangkabau di dalamnya.

Berkat konten yang berkualitas dan unik, Kanal Youtube Keluarga Bule Minang ini sudah mempunyai 12.700+ lebih subscriber setianya.

Sonia Shsp

Sonia Shsp
Sonia Shsp

Youtubers Cantik yang berasal dari Sumatera Barat ini ternyata memiliki subscriber yang cukup banyak yaitu 60.000+ orang. Sonia Shsp yang merupakan nama channel tersebut memiliki konten kecantikan dan makeup.

Tentu dengan adanya channel seperti ini membantu para wanita yang kesulitan dalam hal make-up dan kecantikan. Cek video Sonia lainnya sekarang juga yaaa..

Alvis Devitra

Alvis Devitra
Alvis Devitra

Alvis Devitra adalah salah satu personil dari bocah pemula yang dulunya bergabung dengan alfahrus. Alvis yang dikenal sebagai pemain biola ini juga ikut memulai membagikan karyanya melalui instagram dan youtube.

Tak jarang alvis juga sering berkolaborasi dengan musisi cover minang lainnya. Channel Alvis devitra kini sudah memiliki lebih dari 7.000+ subscriber yang suka dengan suara emas alvis.

Inoelmotovlog

inoelmotovlog
inoelmotovlog

Salah satu motovlogger yang berasal dari Sumatera Barat ini memiliki subscriber sebanyak 5.400+ dengan nama channel inoelmotovlog.

Inoel sendiri membuat konten jalanan yang ada di Sumatera Barat. Bagi yang rindu dan punya kenangan dengan Sumatera Barat bisa cek dan tonton videonya.

Alif Fajri

Alif Fajri
Alif Fajri

Alif Fajri salah satu personil dari Youtubers Minang dengan konten yang membahas seputar olahraga khususnya Tim Sepak Bola Semen Padang FC. Teruntuk kamu yang hobi sepakbola channel ini bisa menjadi salah satu referensi terbaik.

Hingga saat ini Alif Fajri telah memiliki lebih dari 2.400+ subscriber di channelnya sendiri.

Jonan _55

JONAN 55
JONAN 55

Jonan yang terkenal dengan konten parodi telepon komedi ini mampu mengocok perut para penontonnya.

Berawal dari Instagram, jonan akhirnya mulai terjun ke dunia Youtube. Content kamulan jonan adalah Parodi Telepon. Konten unik ini diambil sesuai dengan ide anak muda masa kini.

Walau demikian, unsur Minang tidak pernah lepas dari setiap video yang jonan upload seperti dengan penggunaan Bahasa Minang di setiap kontennya.

Tak heran jika sekarang jonan sudah memiliki 6300+ subscribers di channel pribadinya.

Fajri Alhadi

Youtubers yang satu ini sih sebenarnya lebih fokus dengan hal-hal yang berbau traveling. Seperti jalan-jalan ke pulau, pantai atau suatu tempat yang indah.

Dengan beberapa keahlian pengambilan gambar dan editing foto serta video ternyata ada kepuasan tersendiri loh.

Apalagi kalau diapresiasi oleh banyak orang, tambah semangaaaatt 🙂

Kuliner Dalipp

Kuliner Dalipp
Kuliner Dalipp

Wah siapa sih yang tidak kenal dengan salah satu pemilik akun hitz di Sumatera Barat yaitu @Minanglipp. Berawal dari keisengan riko yang selalu update story makanan, akhirnya muncul sebuah channel youtube yang bernama Kuliner Dalipp.

Sesuai dengan namanya, channel dalipp ini membahas konten seputar kuliner yang ada di Sumatera Barat. Sekarang dalipp memiliki subscriber 513 dan terus bertambah setiap harinya.

Bagi yang ingin tau rekomendasi kuliner bisa coba cek dan tonton channel dalipp yang satu ini.

Penghasilan Youtubers Minang Terbanyak

Penghasilan setiap Youtuber berbeda-beda dimana tergantung pada jumlah views yang dihasilkan dari setiap video.

Semakin banyak jumlah views yang dihasilkan dari sebuah video, tentu potensi mendapatkan uang lebih banyak juga besar.

Jumlah views yang gede tidak lepas dengan faktor subscrieber yang setia untuk mengikuti channel kita.

Berdasarkan pengalaman saya, dengan rata-rata video yang memiliki jumlah views diatas 10K setidaknya bisa mengantongi 2 – 10 juta setiap bulannya.

Tergantung kita apakah ingin terus konsisten dan menjaga kualitas video yang dibagikan ke banyak orang.

Oleh sebab itu semakin hari semakin banyak para youtubers yang tergiur dengan pendapatan yang gede hanya bermodalkan video. Jika kamu orang Minang yang memiliki bakat, tidak ada salahnya mencoba peruntukan menjadi seorang Youtuber dan bergabung di channel Youtubers Minang.

Leave a Comment