Travel Vlogger Indonesia

Travel Vlogger Indonesia menjadi sebuah profesi yang sangat diimpikan oleh beberapa orang. Bagaimana tidak, pekerjaan yang menyenangkan ketika bisa berlibur ke suatu tempat dan kita malah dibayar untuk melakukan hal tersebut.

Profesi tersebut telah menjelma sebagai cita-cita anak bangsa era milineal ini. Setiap tahunnya pasti muncul seorang travel vloger lokal baru.

Travel Vlogger Indonesia Terkenal
Travel Vlogger Indonesia Terkenal

Apa itu Travel Vlogger?

Bagi sebagian orang istilah Travel Vlogger mungkin agak sedikit asing. Wajar saja, karena profesi tersebut bisa dikatakan profesi baru yang semakin tumbuh setiap harinya.

Secara definisi, Travel Vlogger merupakan suatu tindakan mengabaikan moment dalam bentuk video dan membagikannya di media sosial seperti Instagram, Youtube dan platfom video lainnya.

Isi dari konten video berupa perjalanan atau tracking di sebuah destinasi wisata serta cara yang tepat untuk mengeksplorasi destinasi tersebut.

Travel Vlogger Terkenal di Indonesia

Indonesia sendiri telah ratusan profesi Travel Vlogger. Orang yang berprofesi sebagai Travel Vlogger bukan hanya sekedar menggeluti bidang tersebut.

Tetapi juga menjadi inspirasi sekaligus motivasi bagi para Travel Vlogger pemula atau yang mempunyai niat untuk terjun ke dunia Travel Vlogger.

Berikut ini adalah daftar Travel Vlogger Indonesia terkenal dan telah sukses lebih dahulu.

1. Travel Vlogger dari Medan – Devi Yusri R

Travel Vlogger yang satu ini mungkin telah mendongkrak sebuah persepsi mengenai image hijab. Biasanya perempuan yang telah memutuskan untuk berhijab hanya mendalami dan melakukan kegiatan yang islami.

Namun tidak untuk Travel Vlogger Indonesia Instagram dari Medan ini. Devi Yusri telah membuktikan bahwa perempuan berhijab pun dapat berekspresi sebebas mungkin termasuk menjelajahi berbagai macam destinasi wisata.

Dalam Vlognya, Devi tidak hanya sekedar membuat konten tentang travelling. Tetapi juga berbagai macam style hijab yang inspiratif hingga tutorial make up.

2. Travel Vlogger Bali – Wahyu Mahendra

Untuk Travel Vlogger ini berasal dari Bali. Wahyu Mahendra bukan hanya sekedar berprofesi sebagai Travel Vlogger, namun juga seorang photographers.

Setiap destinasi wisata yang telah diposting pasti akan selalu nampak eksotis dan menakjubkan dengan keahliannya dalam bidang photography.

Jadi ruang seorang Travel Vlogger sangat luas. Dapat mengeksplorasi berbagai macam passion dunia yang tanpa batas.

3. Travel Vlogger Jakarta – Nadine Candrawinata

Dari jajaran Travel Vlogger yang ada, Nadine candrawinata menjadi satu-satunya top Travel Vlogger Indonesia yang sangat istimewa dan populer diantara sesama Travel Vlogger dan juga non profesi sebagai Vlogger.

Bukan hanya sekedar cantik, namun juga mampu bereksplorasi di alam bebas.

Jebolan Putri Indonesia 2005 ini telah mendedikasikan diri untuk terus menumbuhkan rasa cinta dengan alam Indonesia.

Berbagai macam prestasi dan sajungan yang telah diperoleh sangat sesuai. Selain itu eksplorasi alam dalam kontennya juga hingga ke pelosok daerah.

Bahkan masyarakat setempat pun hampir tidak menyadari di daerah tersebut terdapat tempat yang potensial.

Bukan hanya sekedar sebagai Travel Vlogger Indonesia terbaik, model dan actress Nadine juga menjadi founder dari seasoldier.

Yayasan tersebut bergerak di bidang safety of environment sea, yang mana laut harus dijaga kebersihannya.

4. Travel Vlogger Surabaya – Shem Archiel

Traveling tidak akan terpisah dari sebuah makanan. Hal ini mungkin sesuai dengan image Travel Vlogger asal Surabaya, Shem Archiel.

Tidak hanya sekedar membuat konten untuk destinasi wisata, namun juga berbagai macam makanan beberapa daerah.

5. Travel Vlogger Jogjakarta – Tryana

Khusus untuk Travel Vlogger asal Jogja ini hanya bergerak di bidang Traveling. Namun konten yang dibuat sangat detail mulai dari jalur tracking, deskripsi rinci dari destinasi hingga total biaya yang dibutuhkan serta aturan-aturan adat yang ada.

6. Travel Vlogger Medan – Fajri Alhadi

Travel Vlogger yang satu ini boleh dikatakan masih baru banget menjajal dunia vlogging. Fajri Alhadi berasal dari Medan dan hobi jalan-jalan sekaligus membuat video travel.

Video yang dibuat juga sering di unggah ke media sosial seperti Facebook dan Instagram. Saat ini Fajri juga akan lebih fokus untuk mengembangkan konten video dengan durasi yang lebih panjang sehingga nantinya dapat bermanfaat bagi para penonton.

Travel Vlogger Terkenal Di Dunia

Untuk predikat Travel Vlogger terkenal di dunia yang paling inspiratif adalah Louis Cole. Travel Vlogger ini merupakan member dari band Knower.

Louis telah menekuni konten Vlogger sejak 2010. Awalnya hanya mengcover lagu-lagu dari para musisi ternama. Kemudian isi konten meluas hingga ke dunia Traveling.

Hampir semua destinasi wisata yang ada di belahan dunia telah dikunjungi mulai dari destinasi wisata sejarah hingga ekstream.

1. Pew Die Pie

Siapa sih yang tidak kenal dengan Pew Die Pie ? Salah satu Youtubers terkenal di dunia yang mempunyai banyak subscriber.

Pew Die Pie dikenal sebagai salah satu sosok yang cukup menginspirasi khususnya di dunia peryoutube-an.

PDP mengangkat konten review, unboxing, daily vlog, dan traveling yang sangat mengesankan. Tak heran jika setiap video yang diunggah oleh Pew Die Pie mendapatkan views yang sangat banyak.

Hingga saat ini Pew Die Pie sudah memiliki subscriber hampir 100.000 juta subscribers.

2. Sam Kolder

Traveller Vlogger yang satu ini terkenal dengan karya videonya yang sangat menakjubkan. Hampir setiap video yang diunggah selalu mempunyai ciri khas dan nilai tersendiri.

Sam Kolder menjadi salah satu sosok yang menginspirasi dalam hal video traveling. Tak heran jika banyak yang mengikuti style editing video seperti yang dibuat oleh Sam.

3. Louis Cole

Louis Cole menjadi salah satu travel vlogger yang sering berpetualang ke berbagai macam negara.

Louis yang memiliki kanal Youtube yang bernama : FunForLouis telah memiliki lebih dari 2 Juta Subscribers di channel youtubenya.

Bagaimana Cara Menjadi Travel Vlogger ?

Dalam image masyarakat luas, menjadi seorang Travel Vlogger Indonesia adalah hal yang sangat mudah.

Dimana hanya sekedar membuat konten dalam bentuk video. Tetapi dalam sudut pandang seorang Travel Vlogger, profesi tersebut bukan merupakan profesi yang mudah untuk ditekuni.

Ada beberapa langkah tentang bagaimana menjadi Travel Vlogger. Langkah ini merupakan langkah awal yang harus dilalui supaya dapat menjadi seorang Travel Vlogger yang sukses.

Langkah tersebut adalah di bawah ini :

1. Mempunyai Niat dan Konsistensi yang Kuat

Sebelum memutuskan untuk menjadi seorang Travel Vlogger, harus mempunyai niat dan tekat yang kuat. Niat dan tekat juga harus diiringi dengan konsistensi tanpa batas.

Lalu juga tidak mudah tergoyah dengan profesi lain yang lebih baik pada saat itu.

2. Mempersiapkan Alat yang Mendukung

Hal yang terpenting dalam profesi seorang Travel Vlogger adalah mempunyai kamera dan PC. Tidak harus mahal dan berkualitas, tetapi setidaknya dapat menghasilkan konten yang jelas.

Lalu juga harus mempersiapkan software dan aplikasi pendukung, seperti video dan picture editor serta akses situs media sosial.

3. Mempelajari Teknik Vlogger

Untuk hal ini hanya suatu etika dalam sebuah konten video. Hal tersebut berupa penggunaan bahasa yang tepat, tidak mengandung unsur SARA.

Lalu tidak melupakan teknik makeup bagi wanita dan pakaian yang sopan. Untuk makeup yang digunakan sebagian besar Vlogger adalah makeup natural dan bukan bold.

Selain teknik etika, juga harus menguasai teknik editing dan photography. Karena untuk Vlogger pemula, umumnya belum mempunyai tim editing.

Sehingga secara tidak langsung harus paham dengan editing. Untuk langkah ini dapat mempelajari dari Travel Vlogger lain.

4. Memulai Travel Vlogger di Destinasi Wisata Terdekat

Mulailah mencoba untuk membuat sebuah konten wisata. Tidak harus tempat wisata yang sangat hitz, namun dapat dimulai dari destinasi wisata terdekat. Untuk konten biasanya dilakukan secara percuma atau inisiatif.

Kemudian serap respon dari konten yang telah dibuat. Setelah itu, buatlah beberapa konten lain untuk meramaikan media sosial.

5. Promosikan diri

Setelah konten cukup banyak, mulailah untuk mempromosikan diri sendiri sebagai Travel Vlogger. Cara mempromosikannya cukup mudah, dapat melalui media sosial secara langsung atau sebuah situs freelancer seperti sosiabuzz.

Langkah selanjutnya adalah hanya menunggu dengan sabar hingga ada seorang founder yang memberikan suatu kepercayaan untuk mempromosikan destinasi wisatanya.

Setelah itu juga sebar luaskan akun agar mendapat follower yang fantastis.

Dalam saat inilah konsistensi dalam dunia Travel Vlogger pun sangat mudah goyah. Bahkan ada yang menyerah begitu saja.

Jadi kunci utama dalam menjadi seorang Travel Vlogger adalah dapat mempertahankan konsistensi.

Terus mencoba untuk membuat sebuah konten video yang sangat menarik dan unik tanpa terlalu memperdulikan besarnya penghasilan.

Berapa Penghasilan Travel Vlogger?

Tidak ada batasan nominal berapa penghasilan travel Vlogger. Untuk penghasilan awal memang cukup menyedihkan sebab berada di bawah taraf penghasilan standar.

Semakin lama dapat mempertahankan konsistensi dalam Travel Vlogger Indonesia, maka semakin besar pula penghasilan yang akan diperoleh. Bahkan dapat mencapai ratusan juta.

Hal tersebut juga harus diiringi dengan penguasaan bahasa asing. Karena sangat memungkinkan untuk menerima sebuah project dari luar negeri.

Leave a Comment