Content Creator Medan

Content Creator Medan merupakan kegiatan yang lumayan digemari belakangan ini, bahkan hal tersebut menjadi profesi yang lumayan menjanjikan di samping menyenangkan.

Kreatifitas yang tinggi sangat dibutuhkan dalam aktivitas membuat konten tersebut, kemampuan editing juga sangat dibutuhkan.

Content sendiri tidak hanya gambar saja, namun juga video dan juga tulisan.

Jadi seorang content creator adalah orang yang membuat atau memproduksi macam-macam konten digital untuk banyak keperluan.

Tidak hanya di pulau jawa saja, content creator berbakat juga ternyata banyak ada di luar pulau.

Misalnya saja Medan, perkembangan dunia internet saat ini yang sangat pesat dan juga mampu merambah kemana-mana membuat Medan tidak kalah dengan kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan Yogyakarta.

Content Creator Medan
Content Creator Medan

Cara Menjadi Content Creator di Medan

Anda ingin menjadi content creator Medan untuk bisnis?

Ternyata menjadi seorang creator digital tidak serta merta begitu saja terjadi, ada banyak sekali langkah dan juga kerja keras yang harus ditempuh.

Kata kunci untuk menjadi seorang content creator adalah kerja keras dan kreatif, tanpa kedua hal tersebut maka seseorang tidak akan menjadi seorang content creator yang berhasil.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjadi seorang content creator yang viral dan menjual.

1. Memiliki konsep kreatif

Tanpa sebuah konsep yang kreatif maka seseorang tidak akan bisa memproduksi konten yang spesifik.

Dunia digital adalah industry kreatif yang terus bekembang, tanpa adanya sebuah inovasi maka Anda akan tertinggal dan tergantikan begitu saja oleh para creator yang lebih segara secara pemikiran dan juga konsep.

Jika Anda bergerak di Youtube maupun instagram, buatlah konsepan video atau foto yang seperti apa yang ingin Anda bagikan.

Kesinambungan tema atau kesesuaian antara satu video atau dengan lainnya harus ada.

Misalnya saja, konsep konten Anda adalah tentang makanan, maka Anda harus membuat konten yang berkelanjutan dan terus menerus tentang makanan.

Sesekali boleh membuat konten selingan, namun konsepan awal yang sudah matang tidak boleh dihilangkan begitu saja. Kata kunci selanjutnya selain kreatif dan juga kerja keras adalah satu tema.

2. Membaca pasar

Pasar yang dimaksud di sini adalah audiens atau orang-orang yang menonton konten Anda.

Anda boleh saja memiliki konsep yang ingin mengusung tema konten seperti apa, namun seringkali idealisme tersebut tidak sesuai dengan keinginan pasar.

Misalnya saja, Anda membuat konten tentang otomotif, namun masyarakat menginginkan menonton konten yang lucu atau menghibur.

Dalam hal ini maka Anda harus merubah konsepan Anda agar dapat menarik perhatian pasar, salah satunya adalah membalut konten Anda dengan hiburan namun masih berkaitan dengan otomotif.

Hal-hal seperti ini mungkin terlihat sepele namun sebenarnya sangat berpengaruh sekali. Selalu perhatikan audiens Anda karena merekalah yang akan melihat konten Anda, bukan diri Anda sendiri.

3. Jangan lupakan teknis

Teknis dalam hal ini adalah mengenai alat dan juga editing yang Anda lakukan jika konten Anda adalah foto atau video yang perlu di edit sebelum di posting.

Meskipun para top content creator di Medan awalnya juga banyak yang menggunakan kamera handphone untuk memproduksi konten, namun pemilihan kamera yang bagus pastinya akan sangat memudahkan Anda bukan?

Tentunya kualitas kamera tersebut juga harus dibarengi dengan kualitas pengambilan gambar seperti pengambilan angle, pencahayaan, storyboard, dialog, ide cerita dan lain sebagainya. Editing yang pas dan tidak berlebihan juga harus dilakukan terhadap konten Anda.

Lebih bagus lagi jika konten yang Anda buat memiliki karakter dan juga ciri khas yang tidak dimiliki oleh creator lain. Entah itu pada bagian pembuka maupun yang lainnya.

4. Ikut komunita dan workshop

Jangan lupakan untuk berjejaring dengan sesame konten creator di Medan agar dapat bertukar ide serta pikiran.

Selain bertukar ide dan juga pikiran, Anda sekaligus akan mendapat support untuk menjaga semangat dalam membuat konten.

Konten Anda akan mendapat promosi lebih ketimbang Anda hanya sendiri saja.

Ikut workshop atau pelatihan juga tidak ada salahnya, sebab hal itu akan menambah pengetahuan Anda dan semakin meningkatkan skill dalam membuat konten.

Anda bisa belajar langsung dari professional dan menjadi lebih baik tentunya.

Content Creator Sukses Dari Medan

Berikut ini adalah beberapa content creator sukses yang berasal dari Medan dan mampu menginspirasi banyak sekali anak muda untuk bisa kreatif dan mandiri,

1. Arif Muhammad

Arif Muhammad yang ini bukan Arif Muhammad yang terkenal dengan username @poconggg__ di twitter.

Creator satu ini adalah anak daerah yang berasal dari Medan dan akhirnya mampu dikenal oleh hampir seluruh pengguna media social di Indonesia.

Arif mampu membuktikan bahwa anak daerah dengan segala keterbatasannya, meskipun tidak berada di Jakarta maupun dari kota besar lainnya di pulau Jawa tetap mampu untuk membuat konten yang menarik dan selalu trending di youtube tiap kali keluar.

Konsep yang diusung Arif sangat menarik dan juga menghibur. Arif menggunakan dirinya sendiri untuk memerankan seluruh karakter yang ada di dalam serial youtube channel miliknya.

Tema yang dibawa Arif adalah tentang mamak-mamak di perkampungan dengan segala problemanya.

Mak Beti dan Beti adalah 2 karakter utama yang hampir selalu ditayangkan oleh Arif di youtube miliknya. Arif mengatakan bahwa hal tersebut awalnya hanya iseng-iseng saja.

Bahkan dulunya Arif membuat konten mengenai mak beti dengan handphone blackberry dengan pernak-pernik seadanya.

Hal yang lebih mengejutkan adalah, Arif membuat konten mak bety tersebut di Abu Dhabi, ketika Arif merantau untuk bekerja.

Tentu hal tersebut adalah hal-hal yang menunjukan betapa kerja keras, kreatifitas dan juga kesinambungan adalah hal yang dibutuhkan dalam dunia digital.

2. Maell Lee

Hari gini membuat content yang bertopik serius? Percaya atau tidak bahwa content creator ala Maell Lee ini sempat viral. Maell Lee sebenarnya lahir di Aceh tapi dibesarkan di Medan.

Oleh sebab itu Bahasa Medan yang sering kali digunakan dalam penyampain contentnya sudah sangat kental. Tidak sedikit yang memuji kepiawaian Maell yang sangat lucu dan kocak.

Beliau ini sering diundang ke youtube channel yang terkenal di kalangan Youtuber Indonesia termasuk Rafi Ahmad.

Baru-baru ini Maell Lee memang sukses membawakan content jenakanya yang berjudul “no kaleng-kaleng”.

Sebelumnya Maell Lee mengangkat tema tukang ojek dan preman untuk content nya. Tidak disangka lokal creator medan yang hits dan memiliki banyak follower ini mengalahkan artis Indonesia yang terkenal.

Wajar saja popularitas yang ia peroleh sejak merantau ke Jakarta di tahun 2015 ternyata seorang sopir komedian terkenal bernama Raden Dicky Candranegara.

Penasaran dengan sosok Maell Lee? Coba deh kepoin sendiri Instagramnya Maell Lee yang penuh dengan video kocaknya.

Tertarik untuk menjadi seorang content creator Medan? Buktikan dirimu sekarang.

 

Leave a Comment