Mengenal Asuransi Kesehatan dan Produk Asuransi Lain di Indonesia

IIndonesia memiliki banyak perusahaan asuransi yang kemudian menyediakan banyak varian produk asuransi. Salah satu jenis asuransi yang terkenal adalah asuransi kesehatan.

asuransi kesehatan adalah produk asuransi yang memberikan manfaat perlindungan kesehatan dan pertanggungan biaya medis untuk kamu selaku pemegang polis dan keluarga.

Secara sederhana, asuransi kesehatan merupakan produk asuransi yang memberi perlindungan keuangan terhadap risiko kesehatan.

Jika nasabah sakit dan dirawat di rumah sakit, maka biaya perawatan bisa diajukan ke perusahaan asuransi. Sehingga biaya ini akan ditanggung perusahaan asuransi yang rutin menerima premi.

Apa Itu Asuransi Kesehatan?

Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah sebuah layanan kesehatan yang memberikan tanggung jawab penggantian biaya, atau menanggung biaya pengobatan hingga perawatan medis lainnya jika tertanggung jatuh sakit.

Biasanya asuransi kesehatan menanggung biaya kesehatan, mulai dari biaya rawat inap, rawat jalan, pembedahan hingga obat-obatan.

Berdasarkan Undang-Undang No 40 Tahun 2014 Tentang Perasuransian, disebutkan bahwa asuransi kesehatan adalah perjanjian antara dua pihak, yaitu perusahaan asuransi dan pemegang polis yang menjadi dasar bagi penerimaan premi oleh perusahaan asuransi sebagai imbalan untuk:

  • Memberikan penggantian kepada pemegang polis akibat kerugian kesehatan yang tidak terduga.
  • Memberikan pembayaran berdasarkan nilai yang telah ditetapkan pada hasil pengelolaan dana.

Baca juga : Pengobatan Alternatif Terapi Senam Indonesia (TSI) Tanpa Operasi

Manfaat yang Diberikan

Kesehatan yang sifatnya fluktuatif yang artinya mudah berubah, membuat resiko sakit bisa datang di kondisi tidak terduga.

Biaya rumah sakit dan obat-obatan memang tidak murah, maka saat jatuh sakit ada resiko kondisi keuangan memburuk. Lewat resiko inilah produk asuransi untuk kesehatan ditawarkan kepada masyarakat, yang memberi manfaat berikut ini:

1. Manfaat Dasar

Jika memiliki asuransi kesehatan dari perusahaan yang bagus, maka bisa mendapatkan manfaat dasar berikut ini:

  • Rawat inap, sehingga biaya ruang dan perawatan selama sakit akan ditanggung perusahaan asuransi.
  • Pembedahan, artinya saat menjalani operasi maka biayanya akan ditanggung perusahaan asuransi.
  • Rawat jalan, artinya nasabah jika membutuhkan layanan rawat jalan maka biayanya ditanggung perusahaan asuransi.

2. Manfaat Tambahan

Beberapa perusahaan asuransi menyediakan manfaat tambahan untuk asuransi jenis kesehatan yang disediakan. Di antaranya adalah:

  • Medical check-up.
  • Melahirkan.
  • Perawatan gigi, dan juga
  • Perawatan mata.

Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan

Di Indonesia, ada beberapa jenis asuransi kesehatan yang bisa kamu pilih. Secara garis besar, jenisnya dibagi ke dalam tiga kategori ini:

1. Asuransi kesehatan berdasarkan jenis perawatannya

  • Rawat inap, Asuransi kesehatan ini akan menanggung biaya rumah sakit saat kita harus dirawat inap.
  • Rawat jalan, Asuransi ini akan menanggung biaya perawatan medis tanpa harus dirawat inap, misalnya diagnosis dokter, cek laboratorium, atau pembelian obat-obatan.

2. Asuransi kesehatan berdasarkan badan penyelenggara

  • Pemerintah, Asuransi kesehatan ini dikeluarkan dan dikelola oleh pemerintah, misalnya BPJS Kesehatan.
  • Swasta, Asuransi kesehatan yang dikelola oleh suatu badan swasta.

3. Asuransi kesehatan berdasarkan pihak tertanggung

  • Personal, Asuransi kesehatan yang memberikan manfaat kepada satu individu saja.
  • Kolektif atau kelompok, Asuransi kesehatan yang memberikan manfaat kepada sekelompok individu, misalnya keluarga atau perusahaan.

Jenis Asuransi Lain di Indonesia

Selain asuransi kesehatan seperti penjelasan di atas, masih banyak lagi asuransi jenis lain, di antaranya:

1. Asuransi Jiwa

Asuransi untuk jiwa merupakan jenis asuransi yang memberi uang pertanggungan sebagai pengganti dari hilangnya sumber pendapatan seseorang akibat yang tertanggung meninggal dunia atau mengalami cacat (disabilitas) sehingga tidak memungkinkan bagi dirinya untuk bekerja dan berpenghasilan kembali.

Secara sederhana asuransi jiwa membantu seorang pencari nafkah atau tulang punggung keluarga menyiapkan dana bagi keluarga yang dicintainya.

2. Asuransi Kecelakaan

Berikutnya ada asuransi kecelakaan yang sesuai namanya memang menanggung biaya perawatan saat terjadi kecelakaan.

Jadi, jika nasabah mengalami kecelakaan dan berobat ke rumah sakit. Maka biayanya bisa diklaim lalu diganti oleh perusahaan asuransi tersebut.

3. Asuransi Kendaraan

Selanjutnya adalah asuransi kendaraan yang memberi pertanggungan biaya perbaikan dan kehilangan kendaraan, bisa motor bisa juga mobil. Jadi, jika mobil rusak karena penyebab yang ditanggung asuransi. Biaya perbaikannya ditanggung perusahaan asuransi.

Perusahaan asuransi di Indonesia sangat banyak, beberapa fokus menyediakan asuransi kendaraan saja, properti saja, kesehatan saja, dan seterusnya. Beberapa lagi menyediakan asuransi umum sehingga menawarkan nyaris semua jenis asuransi.

Photo of author

Fajri Alhadi

Hi, kenalin nama aku Fajri Alhadi, kamu bisa panggil aku Fajri atau Aji. Saat ini saya mendalami dunia Internet Marketing dibidang SEO dan Sosial Media.

Tinggalkan komentar