Cara Menghitung Average Down Saham, Investor Wajib Tahu

Ketika Anda akan memulai melakukan investasi pada instrument satu ini, maka pemahaman mengenai cara menghitung average down saham sendiri memang perlu untuk diketahui dengan baik.

Ya, istilah tersebut memang akan Anda dengar ketika memulai berinvestasi di pasar tersebut.

Hampir sama dengan cut loss, average down sendiri adalah salah satu strategi dalam investasi dimana sering digunakan oleh sejumlah investor buat menghadapi kondisi pasar saham tidak stabil alias naik turun.

Untuk memahaminya lebih lanjut, silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Average Down

Pengertian dari average down wajib Anda ketahui sebelum memutuskan buat join didalam aplikasi saham terbaik. Terlebih lagi keberadaannya adalah salah satu strategi dalam berinvestasi.

Adalah strategi dimana membeli instrument ini secara bertahan ketika turun.

Sebaliknya, average up adalah sebuah strategi dimana digunakan untuk pembelian instrument tersebut saat harganya sedang perlahan-lahan mengalami kenaikan.

Secara umum, penerapannya adalah dengan tujuan menghasilkan kentungan maksimal dengan biaya minimal.

Tidak sampai disitu saja, penerapannya biasanya digunakan buat memberikan kemudahan para investor dalam menghitung keuntungannya.

Bukan hanya pada saham saja, tetapi penggunaannya juga dapat diterapkan pada reksa dana, ETF ataupun lain sebagainya.

Cara Menghitung Average Down Saham

Setelah memahami bagaimanakah pengertiannya, Anda juga perlu untuk memahami cara melakukan perhitungan pada strategi average down tersebut.

Bagi seorang investor sebaiknya wajib mengetahui situasi pasar yang paling tepat untuk menggunakan teknik tersebut sehingga meminimalisir rugi.

Untuk menghitung average down sendiri ternyata mengacu pada harga berbeda-beda pada produk investasi bersangkutan yang sama.

Nantinya, penggunaan rumus tersebut dapat menghitung besaran rata-rata harganya atau nilai averagenya. Adapun rumus tersebut yakni:

Average Down = ((harga1 x lot1)+ (harga 2 x lot2)+….(hargaN x lot N)) : total lot

Adapun nilai harga 1 menunjukkan nilai lebih tinggi dibandingkan dengan harga-harga lainnya. Penerapan dari strategi inilah ternyata juga akan memberikan beberapa kentungan bagi investor diantaranya adalah:

  • Investor memperoleh peluang untuk mendapatkan kentungan lebih besar
  • Mengeluarkan modal lebih sedikit karena melakukan pembelian ketika harganya sedang turun.

Cara Menerapkan Strategi Average Down

Sudah tahu rumus melakukan perhitungan nilai diatas, selanjutnya investor juga perlu memahami bagaimanakah cara menerapkan strategi satu ini dengan baik.

Hal tersebut bukan tanpa alasan karena penerapannya sendiri memang tidak boleh dilakukan secara sembarangan

1. Pastikan Investasi di Aplikasi Terbaik

Sebelum Anda memutuskan buat menggelontorkan sejumlah dana maka sangat penting untuk memastikan bahwa melakukannya di aplikasi saham terbaik.

Kehadiran dari aplikasi broker sendiri dapat ditemukan dengan mudah tetapi tidak semuanya terpercaya.

2. Mulai Mengamati Pergerakan Harga Saham

Mengamati pergerakan harga saham adalah hal wajib bagi seorang investor apabila ingin memulai menerapkan teknik satu ini. Silahkan amati pergerakannya dalam kurun beberapa waktu.

Pastikan punya gambaran terkait instrumen tersebut mengalami naik turun berapa persen.

3. Jangan Lakukan Ketika Harga Jatuh Cukup Banyak

Disamping itu, Anda sebaiknya jangan pernah menerapkan strategi satu ini apabila harganya turun terlalu jauh. Hal tersebut agar peluang keuntungan bisa dimaksimalkan lebih tinggi jika harganya turun masih dalam batas normal.

4. Saham Dapat Kembali Naik

Tentunya Anda akan mengalami kerugian apabila saham yang dibeli tersebut mengalami penurunan secara terus-menerus bukan? oleh sebab itulah pastikan saham tersebut punya potensi naik.

Ketika memutuskan buat melakukan kegiatan investasi maka terdapat beberapa strategi yang bisa digunakan termasuk strategi diatas. Pahami dahulu cara menghitung average down saham dengan baik dan benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like

Cara Scalping Saham yang Aman untuk Pemula

Ketika Anda akan memulai berinvestasi pada instrument ini maka wajib mengetahui banyak hal seperti cara scalping saham. Anda perlu mempelajari bagaimanakah Teknik tersebut bergerak hingga pilihan aplikasi untuk scalping apakah yang terbaik. Saham memang menjadi salah satu instrument investasi dimana paling banyak dipilih oleh masyarakat terutama bagi mereka yang mempunyai kantong tebal. Kendati demikian, risiko […]

Cara Scalping Saham yang Aman untuk Pemula

Rekomendasi Jasa Website Medan Profesional dan Terpercaya

Jasa Website Medan – Dalam menjalankan bisnis tentunya perlu strategi marketing yang tepat agar bisnis yang Anda jalankan dapat bekerja dengan baik. Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menerapkan strategi marketing salah satunya menggunakan Website sebagai media promosi. salah satunya adalah dengan menggunakan jasa konsultan IT. Konsultan IT yang menjadi rekomendasi untuk Anda gunakan […]

Rekomendasi Jasa Website Medan Profesional dan Terpercaya