Travel Blogger Indonesia

Travel blogger di Indonesia ternyata merupakan kegiatan yang sejak dari dulu digemari namun sedikit yang bisa bertahan di dalamnya.

Penasaran dengan kegiatan Travel Blogger ini? Kali ini kita akan membahas sedikit soal Travel Blogger dan tips menjadi Travel Blogger itu sendiri.

Travel Blogger Terkenal di Indonesia

Di Indonesia ada banyak sekali Travel Blogger yang terkenal. Di Medan ada Rudi Hartoyo dengan blog.

Sementara itu, di Bali ada Jenny Jusuf yang juga banyak membahas hal lain selain travelling di dalam blognya, meskipun Jenjus (sapaan akrab Jenny Jusuf) bukan asli Bali, namun ia sudah lama menetap di Bali.

Alexander Thian atau yang lebih dikenal dengan nama Amrazing, nama blognya adalah amrazing.com.

Surabaya ada Awan Yulianto, sementara di kota gudeg Jogjakarta ada Sharon Loh dengan alamat blog sharontravelogue.com.

Travel Blogger Indonesia
Travel Blogger Indonesia

Travel Blogger Terkenal di Dunia

Travel blogger di Asia, di Singapore ada The Occasional Traveller, sementara di Jepang, Hongkong, Bangkok dan juga Malaysia dapat ditemukan di banyak sekali referensi internet lainnya.

Apa Itu Travel Blogger ?

Setelah sedikit mengenal tentang siapa-siapa saja Travel Blogger terkenal dan hits di beberapa daerah, selanjutnya mari kita mulai bahas apa itu sebenarnya Travel Blogger.

Travel blogger Indonesia berasal dari kata travel yang artinya jalan-jalan dan juga blogger yang artinya seorang pemilik blog atau orang yang terbiasa menceritakan sesuatu di blog dengan media tulisan dan kadang juga disertai gambar.

Mudahnya, Travel Blogger ini adalah orang yang jalan-jalan lalu kemudian menuliskan pengalaman jalan-jalannya tersebut ke dalam blog.

Hal itu dilakukan untuk sharing pengalaman dan cerita dengan pembaca, memberi review sebuah tempat tertentu dan tentu saja untuk bersenang-senang.

Sementara itu, jenis Travel Blogger ada banyak, di antaranya ada Family Travel Blogger, Food Travel Blogger, Life Travel Blogger dan Travel Blogger Instagram.

Bagaimana Menjadi Travel Blogger ?

Lalu bagaimana cara menjadi Travel Blogger? Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjadi seorang Travel Blogger.

1. Berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain

Yang namanya travel atau jalan-jalan, tentu saja Anda tidak bisa berdiam diri saja di rumah.

Anda harus mengunjungi berbagai macam tempat untuk menjadi bahan tulisan Anda di blog yang Anda miliki.

Proses jalan-jalan ini tidak harus ke luar negeri atau ke kota-kota yang menakjubkan. Anda berkunjung ke salah satu objek wisata di kota Anda kemudian Anda menuliskannya, hal itu sudah termasuk kegiatan travel blogging.

Anda bisa memulai dengan yang dekat dengan jangkauan Anda jika belum memungkinkan untuk pergi jauh atau bahkan keluar negeri.

Mengeksplorasi wisata sekitar di kota Anda justru akan menjadi nilai plus sekaligus memperkenalkan betapa indah dan menyenangkannya kota tempat tinggal Anda.

Justru akan menjadi lucu sekali jika Anda sudah banyak mengeksplorasi kota lain namun kekayaan dan keindahan alam di kota Anda sendiri malah Anda tidak mengetahui.

Kata kuncinya adalah, sesuatu yang besar bisa dimulai dari hal kecil.

2. Memiliki blog

Hal ini adalah sebuah keharusan yang dilakukan. Apa jadinya jika seorang Travel Blogger tidak memiliki sebuah blog? Lalu dimana dia menuliskan kisah perjalanannya?

Seorang Travel Blogger yang tidak memiliki blog berarti orang tersebut hanyalah orang yang suka jalan-jalan saja.

Bisa jadi ia tidak menguasai kegiatan menulis atau bahkan tidak menyukai kegiatan menulis itu sama sekali.

Dewasa ini sudah ada banyak sekali beberapa platform online penyedia blog gratis. Blogspot dan juga WordPress adalah yang paling terkenal dan sering sekali digunakan.

Keduanya bisa digunakan secara gratis, namun tentu saja dengan embel-embel domain blogspot maupun wordpress yang tidak akan pernah hilang.

Kecuali sang blogger membeli nama domain baru, maka baru nama blognya bisa berubah.

3. Menulis

Hal ini adalah sebuah keharusan selanjutnya yang harus dilakukan oleh seorang Travel Blogger.

Jika blog adalah sebuah media atau alat untuk memublikasikan tulisan mengenai jalan-jalan yang sudah dilakukan, maka menulis adalah salah satu proses kerja Travel Blogger itu sendiri.

Sudah jalan-jalan, sudah memiliki blog namun tidak menuliskan kisah perjalanan, maka blog Anda akan menjadi blog kosong semata.

Menulis mungkin akan terasa berat dan tidak menyenangkan pada awalnya, apalagi bagi orang yang benar-benar tidak suka dengan kegiatan menulis.

Sebuah tips bagi Anda yang tidak suka menulis adalah banyak-banyak membaca buku.

Dengan banyak membaca buku, maka akan memperbanyak pula perbendaharaan kosa kata dan juga ide Anda.

Membaca buku juga merupakan kegiatan yang dilakukan oleh kebanyakan orang sukses di dunia.

4. Desain template blog yang menarik

Definisi menarik sendiri adalah enak dipandang mata. Buatlah karakter desain blog Anda sendiri. Bisa terdiri dari kombinasi warna, widget, jenis teks dan lain sebagainya.

Jika Anda kurang familiar dengan aneka macam tools yang ada di dalam platform blogger, Anda bisa minta bantuan ahli untuk memperindah blog milik Anda.

Berapa Penghasilan Travel Blogger ?

Penasaran dengan penghasilan yang didapatkan oleh seorang Travel Blogger Indonesia?

Penghasilan Travel Blogger sendiri ternyata tidak hanya berasal dari adsense saja, melainkan dari beberapa pihak sekaligus.

Ini dia beberapa sumber penghasilan yang akan didapat oleh seorang Travel Blogger.

1. Google adsense

Beberapa Travel Blogger Indonesia 2019 yang sudah besar tidak memasang iklan pada blog mereka, yang artinya mereka tidak mendapatkan penghasilan dari adsense.

Kebanyakan blogger tentu saja memasang iklan dari google adsense pada blog mereka. Sistem pembayaran dari google adsense ini adalah pay per click dan juga per tayangan.

Semakin banyak pencarian di google yang mengarah pada blog seorang Travel Blogger, maka akan semakin banyak pula uang yang ia dapatkan.

Uang dari google adsense bisa dicairkan tiap bulan dengan nominal minimal yakni 100$ dalam kurs rupiah yang berlaku.

Seorang Travel Blogger yang sudah memiliki banyak sekali pengunjung bisa mendapatkan 5 sampai dengan puluhan juta rupiah setiap bulan hanya dari adsense saja.

2. Hasil review

Hasil review ini dapat dikatakan sebagai endorse. Seorang Travel Blogger yang sudah kompeten dan memiliki nama seringkali diminta oleh pemilik hotel, maskapai penerbangan maupun lain-lain yang masih berkaitan dengan kegiatan traveling untuk mereview jasa tersebut.

Dari sinilah Travel Blogger mendapatkan penghasilan yang juga tidak sedikit.

Travel blogger kemudian menuliskan hasil reviewnya tersebut ke dalam blog mereka. Hubungan antara pemilik jasa dengan blogger tentu saja saling menguntungkan.

Keuntungan yang didapat oleh pemilik jasa adalah bisnis yang mereka kelola menjadi diketahui oleh banyak orang dan akan mengalami kenaikan pemasukan.

Sampai saat ini, Alexander Thian adalah salah satu top Travel Blogger Indonesia yang sangat sering sekali diendorse oleh berbagai macam jenis usaha jasa.

Tertarik menjadi Travel Blogger Indonesia? Yuk mulai dari sekarang.

 

 

Leave a Comment