Cara Memilih Mentor Blogger Profesional dan Ahli Dibidangnya

Apakah kamu termasuk orang yang tertarik dengan dunia Blogging dan ingin menjadi blogger yang handal ? Salah satu cara tercepatnya adalah dengan memiliki : Mentor Blogger.

Mungkin banyak yang belum familiar dengan istilah Mentor Blogger. Istilah ini muncul seiring dengan berkembangnya informasi yang terkait dengan dunia Internet dan Profesi.

Menjadi seorang blogger adalah salah satu cara mendapatkan uang dari internet. Namun memiliki blog sejak awal hingga bisa menghasilkan uang ternyata tidak mudah. Tak sedikit orang yang menyerah di tengah jalan karena blognya tidak berkembang.

Berlatar belakang dari kegagalan banyak orang, muncullah sebuah profesi baru yang disebut mentor blogger. Apakah Anda sudah berpengalaman di dunia blogging dan ingin berbagi ilmu? Baca artikel ini sampai habis untuk mengetahui tugas serta cara menjadi mentor yang baik.

Cara Memilih Mentor Blogger Profesional dan Ahli Dibidangnya
Cara Memilih Mentor Blogger Profesional dan Ahli Dibidangnya

Tugas Seorang Mentor Blogger

Ketika Anda ingin memilih seorang mentor blogger, ataupun jika Anda adalah seorang Mentor Blogger. Ada beberapa tugas yang perlu diingat ketika menjadi seorang mentor blogger yang profesional.

Memberikan Ilmu Blogging

Dunia blogging memang gampang-gampang susah. Di awal memang sangat mudah untuk membuat blog, namun hal yang sama tak berlaku ketika blog sudah berjalan. Diperlukan ilmu dan pengalaman untuk bisa mengembangkan sebuah blog.

Oleh karena itu, tugas seorang mentor adalah memberikan ilmu kepada mentee (orang yang didampingi oleh mentor).  Ilmu yang biasanya diberikan antara lain:

  • Cara membuat blog yang baik dan benar
  • Riset keyword
  • Search Engine Optimization (SEO)
  • Monetisasi blog

Sebaiknya ilmu ini juga diberikan secara bertahap. Anda juga dituntut untuk menyampaikan dengan cara yang mudah dimengerti oleh pemula. Media yang dapat dipakai untuk menyampaikan materi contohnya e-book dan video.

Memotivasi Mentee

Tugas kedua dari seorang mentor blogger adalah memberikan motivasi. Mengapa harus memberi motivasi? Sebab membangun sebuah blog hingga sukses bukan perkara yang mudah. Tak jarang blogger pemula yang sudah merasa gagal karena blognya tak menunjukkan perkembangan signifikan.

Berikan energi positif kepada mentee, tanamkan dalam pikirannya bahwa menjadi blogger butuh proses. Anda yang sudah berpengalaman tentu mengerti cara-cara yang tepat untuk memberikan semangat kepada blogger pemula yang patah arang.

Jadi, seorang mentor tak hanya dituntut untuk menguatkan keilmuan, namun juga mental mentee itu sendiri.

Mengevaluasi dan Memberikan Saran

Memberikan ilmu perlu dibarengi dengan memberikan evaluasi serta saran. Kesalahan-kelasalah kecil pasti wajar dilakukan oleh blogger pemula. Bahkan blogger yang sudah profesional dan ahli sekali pun tak dapat luput dari kesalahan semacam ini.

Tugas Anda sebagai seorang mentor adalah menunjukkan kesalahan seorang mentee. Jangan lupa untuk memberikan saran yang membuat mentee tak melalukan kembali kesalahan tersebut.

Mempertemukan Mentee dengan Sesama Blogger

Mentor pastinya tak hanya mendamping satu orang saja. Terkadang Anda perlu mendampingi beberapa orang sekaligus. Nah, Anda dapat mempertemukan semua mentee dalam satu forum. Tujuannya adalah supaya mereka saling mengenal dan menjadi teman diskusi.

Kriteria Seorang Mentor Blogger

Jika Anda ingin memilih mentor blogger yang tepat, tentunya ada indikator yang perlu diketahui. Tujuannya adalah agar Anda bisa dimentori dengan tepat.

Memiliki Blog yang Sukses

Kriteria pertama dan paling mendasar dari seorang mentor adalah memiliki blog sendiri yang sudah sukses. Bagaimana bisa Anda mengajari orang lain tanpa memiliki pengalaman membangun blog?

Memiliki blog sendiri dan telah sukses membuktikan bahwa Anda layak menjadi seorang mentor.

Kursus dan E-book

Anda dapat dikatakan menjadi mentor apabila sudah pernah membuka sebuah kursus. Kursus bisa diadakan secara online dan tidak ada jumlah minimal peserta. Untuk memastikan kursus yang diadakan berjalan lancar, sebaiknya Anda juga melengkapinya dengan memberi e-book kepada peserta.

Memiliki Relasi dan Koneksi yang Luas

Seorang mentor blogger seyogyanya memiliki koneksi untuk membuktikan bahwa dirinya layak. Setidaknya, Anda tak hanya terkenal di blog milik Anda sendiri. Bergabunglah ke komunitas blogger untuk mendapatkan koneksi yang lebih luas.

Pentingnya Seorang Mentor Blogger

Peran seorang mentor dalam karier sebagai seorang blogger sangat penting. Terlebih untuk mereka yang berencana untuk menjadikan blog sebagai sumber penghasilan utama. Pasalnya, tak semua orang yang menjalankan blog secara otodidak berhasil di kemudian hari.

Dibandingkan yang berhasil, jumlah orang yang gagal jauh lebih banyak. Di sinilah pentingnya peran seorang mentor blogger. Mentor akan mengajarkan langkah demi langkah untuk menjadi blogger sukses.

Mentor yang baik tak hanya mengajarkan teori namun juga turut berbagai pengalaman. Pastinya mentor telah mengalami jatuh bangun dalam dunia blogging hingga akhirnya sukses dan layak menyandang gelar “mentor”.

Bagaimana Sikap Seorang Mentor yang Baik?

Mentor yang baik adalah mentor yang menyenangkan. Mengapa? Dengan cara yang menyenangkan, ilmu yang Anda berikan akan lebih mudah diterima oleh mentee. Berikut ini beberapa sikap mentor yang sebaiknya Anda jadikan sebagai pedoman.

Peduli

Tanamkan sikap peduli dalam diri Anda ketika menjadi mentor. Tanpa adanya rasa peduli, hubungan Anda dengan mentee hanya akan sampai pada transaksi bisnis. Sikap peduli juga membuat Anda lebih peka dengan perkembangan mentee.

Sadarilah bahwa kemampuan masing-masing orang berbeda. Ada yang berkembang dengan cepat, namun tak sedikit pula yang membutuhkan perhatian lebih.

Sabar

Sikap yang satu ini wajib ditanamkan untuk semua profesi, termasuk mentor blogger. Sikap ini juga masih sangat berhubungan dengan pernyataan pada poin sebelumnya. Tak semua orang dapat menerima ilmu dengan cepat. Jadi, Anda pun harus ekstra sabar.

Asyik

Mentor rasa teman adalah idaman para mentee. Bagaimana caranya? Kuncinya adalah dengan bersikap asyik. Jadilah mentor yang menyenangkan, tidak cuek, tidak mudah marah, dan sabar. Jangan segan untuk bercanda dengan para mentee.

Bersikap asyik memang sangat disarankan untuk para mentor. Namun bukan berarti Anda bisa bersikap tidak profesional. Tetaplah sampaikan ilmu dengan baik sehingga tujuan Anda sebagai mentor tercapai.

Cara Menjadi Mentor Blogger

Ada beberapa cara dan tahapan yang harus dilalui jika Anda ingin menjadi seorang Mentor Blogger yang profesional dan ahli dibidangnya.

Persiapan

Tahap persiapan diperlukan untuk mengetahui secara lebih detail tentang calon mentee. Anda dan mentee saling memperkenalkan diri serta bertukar informasi tentang latar belakang masing-masing. Samakan pula tujuan pada tahap ini.

Negosiasi

Setelah saling mengenal, Anda dan mentee perlu bernegosiasi untuk menentukan beberapa hal, seperti:

  • Waktu pertemuan
  • Metode pembelajaran
  • Pembayaran
  • Sesi Mentoring

Kini Anda bisa mulai mengadakan sesi pertemuan pertama dengan mentee. Proses inilah yang menjadi inti kegiatan mentoring. Berusahalah untuk selalu mengadakan pertemuan secara teratur, gunakan waktu pertemuan dengan efisien, serta apresiasi setiap perkembangan mentee.

Tips Menjadi Mentor Blogger Profesional

Konsisten

Jangan hanya antusias ketika mentoring baru dimulai, tapi usahakan untuk senantiasa bersikap demikian pada setiap sesi. Tak dapat dipungkiri, emosi terkadang berubah-ubah. Namun inilah tantangan yang harus Anda hadapi sebagai mentor blogger profesional.

Percaya Diri

Kunci kesuksesan seorang mentor adalah sikap percaya diri. Transfer ilmu dan pengetahuan akan jauh lebih mudah jika Anda melakukannya dengan penuh kepercayaan diri. Jangan merasa rendah diri dan berkecil hati dengan kemampuan yang Anda miliki saat ini.

Ingatlah bahwa mentee bergantung kepada Anda. Tanpa kepercayaan diri, Anda tak akan mampu memberikan motivasi kepada para mentee.

Jangan Puas Diri, Terus Belajar

Dunia blogging terus berkembang, merugilah orang yang cepat puas dengan ilmunya dan tidak mau belajar lagi.

Menjadi mentor blogger bukan berarti Anda sudah menguasai semua ilmu. Janganlah berpuas diri dengan apa yang Anda miliki saat ini. Teruslah menimba ilmu dari sumber mana pun. Bahkan tak masalah jika Anda mendapatkan ilmu baru dari mentee sendiri.

Demikian konten kita terkait Mentor Blogger, Jika kamu butuh banget nih dan pengen terjun ke dunia blogging bisa hubungi saya ya.

Leave a Comment