4 Cara Merawat Bus Agar Awet dan Tidak Rusak

Merawat bus pariwisata dengan benar menjadi salah satu topik menarik. Cara merawat bus seperti ini menjadi salah satu bentuk pelayanan terhadap konsumen.

Semakin bagus kondisi armadanya tingkat kenyamanan dan keselamatan yang diberikan juga tinggi, terutama terhadap para penumpang.

Bila pengusaha bisa memastikannya pasti banyak pelanggan berdatangan karena, sudah percaya akan kualitasnya.

Cara Merawat Bus yang Baik dan Benar

Cara Merawat Bus yang Baik dan Benar

Pada dasarnya cara melakukan perawatan terhadap bus pariwisata ini tidak terlalu sulit. Hanya butuh konsistensi saja seperti melakukan pengecekan setidaknya satu minggu sekali bila kondisi armada termasuk baru. Oleh karena itu, simak cara yang dapat dijalankan untuk semua tipe bus

1. Segera Lakukan Perbaikan

Cara merawat bus selanjutnya adalah melakukan perbaikan ketika Anda menemukan satu kerusakan. Walau hanya sedikit dan masih bisa jalan dengan melakukan penanganan sementara, namun bila dibiarkan rasanya kurang begitu bagus. 

Satu kerusakan bisa menyebabkan komponen lain ikut bermasalah. Oleh karena itu, lakukan segera sebelum armada tersebut digunakan kembali.

Hanya saja jangan berani membongkarnya sendiri kalau belum berpengalaman. 

Komponen dalam armada besar ini cukup rumit. Salah dalam melakukan perbaikan bisa menimbulkan kerusakan baru, maka serahkan saja kepada ahlinya agar permasalahan tersebut dapat teratasi dengan tuntas. 

2. Memeriksa Kerusakannya

Cara merawat bus berikutnya ketika tahu bahwa ada komponen harus ganti. Usahakan untuk memeriksanya secara menyeluruh. Artinya cek satu per satu jangan sampai ada yang terlewat sebagai upaya antisipasi. 

Misalnya ada keadaan dimana beberapa parts sudah menunjukkan tanda mau ganti. Walau masih bagus, namun lebih disarankan untuk melakukan penggantiannya sekarang juga demi kenyamanan para penumpang. 

Namun, ketika melakukan pengecekan ternyata masih cukup lama boleh saja ditinggal terlebih duly hanya, perlu dicatat kapan harus ganti. Langkah tersebut menjadi kendala karena ada berbagai faktor yang membuat lupa. 

Ketika melakukan perbaikan usahakan di tempat bengkel resmi saja, hal tersebut sangat penting. Karena, kualitas serta cara penanganannya berbeda bila masuk bengkel biasa, dari harga memang terjangkau. 

Tetapi, apakah Anda yakin dengan kualitasnya?

Perlu diingat Bus Pariwisata membawa banyak penumpang, kenyamanan, keamanan, serta kondisi armada harus prima sepanjang perjalanan jangan ada keluhan walau hanya sedikit. 

3. Perhatikan Oli Mesin

Sistem perawatan berikutnya adalah memperhatikan bagaimana oli mesin tersebut.

Apakah dalam keadaan baik atau memang perlu ganti. Hal itu mempengaruhi performa mulai dari mesin sampai transmisi. 

Perlu diketahui bahwa, keadaan kedua bagian tersebut wajib mendapatkan pelumas akibat seringnya terjadi gesekan.

Hal ini memberikan keduanya waktu lebih lama sehingga, kemungkinan terjadinya kerusakan sangat kecil. 

Cobalah melakukan pengecekan pada oli mesin, transmisi, sampai dengan gardan secara berkala.

Keadaan itu mengurangi kemungkinan perubahan kualitas sehingga keadaan bus bisa jadi bermasalah. Dalam memilih oli usahakan yang terbaik. 

4. Cek Kondisi Keseluruhan dan Kebersihan

Cara merawat bus berikutnya adalah cobalah untuk melakukan pemeriksaan kembali mulai dari kelistrikan sampai dengan ban. Kedua keadaan itu menjadi penting untuk dipikirkan karena menyangkut keselamatan di jalan. 

Contohnya saja saat Anda sedang melintas di jalan tol ternyata kondisi ban tersebut kurang begitu bagus. Saat dituntut melaju dengan kecepatan 60km/jam ternyata kesulitan dan membuatnya pecah. 

Hal ini pasti membahayakan nyawa penumpang. Apalagi kalau kondisi ramai, pengemudi kesulitan untuk mengatasinya.

Kecelakaan hebat pasti sulit untuk dihindarkan. Inilah pentingnya memeriksa kondisi roda dan komponen lainnya. 

Sistem perawatan terakhir adalah menjaga kebersihan. Harus diakui bahwa debu, polusi dan kuman ada di dalam armada keadaan itu membuat aromanya kurang sedap, dengan menjaganya membuat bau menjadi harum. Pembersihannya bisa dilakukan dengan

  • Cuci semua bagian kaca
  • Buang sampah baik plastik atau kertas
  • Sedot seluruh kursi agar tidak berdebu
  •  Tambahkan semprotan parfum lebih disarankan aromatherapi

Dengan keadaan prima tersebut membuat sewa harga bus menjadi lebih tinggi. Wajar saja karena Anda bukan hanya menjual kenyamanan melainkan keselamatan juga. Semakin baik, biasanya permintaannya juga akan mengalir. 

Saat ini begitu banyak jasa armada pariwisata yang memberikan pelayanan, kenyamanan serta keselamatan sehingga penumpang merasa puas.

Kondisi ini memang tidak heran karena mereka melakukan cara merawat bus dengan baik. 

Photo of author

Fajri Alhadi

Hi, kenalin nama aku Fajri Alhadi, kamu bisa panggil aku Fajri atau Aji. Saat ini saya mendalami dunia Internet Marketing dibidang SEO dan Sosial Media.
Tinggalkan komentar