Tipe Jenis Bus

Akhir-akhir ini perkembangan bus di Indonesia begitu pesat, hal ini menjadikannya begitu banyak model yang tersedia dan semakin menunjang kenyamanan dalam perjalanan. Berbagai model dan jenis bus yang menarik tentu mempunyai tujuan berbeda sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Secara garis besar pembagian jenis angkutan bus dapat diklasifikasikan berdasarkan beberapa hal.

Perlu Anda ketahui bahwa tempat sewa bus menyediakan berbagai macam jenis dan model bus yang bisa Anda pilih. Jadi ada baiknya Anda menyimak informasi tentang ragam bus terbaru yang ada saat ini sebelum memutuskan untuk menyewa bus.

Hal ini demi kenyamanan dan kemewahaan saat melakukan perjalanan wisata dengan rombongan.

Jenis Bus Berdasarkan Ukuran

Jenis Bus

Bicara soal ukuran, ada berbagai macam jenis bus yang memiliki ukuran beragam. Hal ini akan berpengaruh dengan fasilitas dan jumlah kursi bus serta jenis bus yang dimiliki. Selengkapnya cek dan simak terlebih dahulu informasi berikut.

1. Big Bus

Big Bus Terbaru
Big Bus Terbaru

Big bus mempunyai beberapa jenis, yaitu:

Bus semi HD atau non HD

Bus non HD atau normal Deck adalah ragam bus yang sekarang langka keberadaannya di Indonesia, bus non HD memiliki tinggi 3300mm, dan kapasitas penumpang 50 orang (2-2), dan 60 penumpang (2-3).

Bus High Deck

Bus High Deck adalah ragam bus yang memiliki Tinggi sekitar 3500mm, panjang sekitar 12000mm, lebar 2500mm. bus High Deck memiliki kapasitas Penumpang hingga 50 penumpang (2-2), dan 60 penumpang (2-3).

Bus Super High Deck

Super High Deck adalah ragam bus yang sekarang populer di Indonesia, bus SHD memiliki tinggi sekitar 3700-3900mm, panjang 12000mm (12800mm untuk berchasis MB O500RS) sampai 13500mm (triple Axle).

Bus High Deck Double Glass

Bus HDD atau High Deck Double Glass adalah varian bus High Deck tapi memiliki sekat pemisah kaca (topi) pada bagian Depan bus. bus hdd memiliki dimensi panjang hingga 12000mm (khusus Mercedes Benz OC 500 RS 1836 / O500R memiliki panjang 12800mm), tinggi 3500-3700mm, lebar 2500mm.

Bus Double Decker (DD) / Bus Tingkat

Bus ini memiliki ketinggian kurang lebih 4150 mm dengan 2 tingkat deck yang dihubungkan melalui tangga. Sebelum tren bus ini menular di Indonesia, bus DD pada bus AKAP (Angkutan Kota Antar Provinsi) terkenal lebih dulu di negeri tetangga Malaysia. Segala sesuatunya telah diatur serba otomatis.

Meliputi kemudi sudah power stering, electronic stability program dan keakuratan serta kestabilan kemudi ketika sedang berjalan. Dengan begitu maka Penumpang akan sangat dimanjakan dengan segala kemewahannya karena bus jenis ini hanya mempunyai kursi untuk penumpang 47 saja. Sedangkan untuk kapasitas angkutnya mencapai 250 ton.

Baca juga : SEVA Pusat Mobil Murah

Bus Ultra High Decker

Bus ultra high decker merupakan ragam bus pariwisata lainnya yang terbaru. Memiliki ruang bagasi yang sangat luas dengan tinggi sekitar 1,8 meter, total tinggi bus ultra high decker dari permukaan tanah adalah 4 meter.

Mampu menjadi sorotan untuk para busmania yang ikut dalam acara GIAAS, bus ultra high decker merupakan bus keluaran terbaru pada tahun 2018. Bus jenis ini mempunyai mesin yang dirancang diatas chasis premium Mercedez Benz dengan kapasitas 11.967 cc.

Agar memberi kemudahan akses naik bagian depan maka bagian kursi dari driver juga dirancang lebih rendah. Sementara itu untuk pintu tengah akan dibangun dengan menggunakan tangga. Kapasitas angkut dari bus ultra high decker mencapai 59 orang sehingga bus ini masuk dalam kategori ragam bus pariwisata dengan kapastis paling banyak.

Terdapat 2 jenis konfigurasi, yaitu konfigurasi seat 2–2 ( 2 kanan dan 2 kiri) dengan kapasitas 40,43,44 hingga 47 seat dan konfigurasi seat 3–2 ( 3 kanan dan 2 kiri). Umumnya ukuran big bus adalah 12500 (panjang x 2500 (lebar) x 3200 (tinggi) mm.

Anda juga bisa cek daftar Harga Bus berbagai macam merek lengkap dengan tips sewa bus untuk berlibur.

2. Medium bus

Harga Sewa Bus Tipe Medium

Medium bus juga biasa disebut dengan bus ¾. Medium bus mempunyai kapasitas sedang mulai dari 25, 27, 29 dan 31 seat. Bila kebutuhan bus besar Anda tidak mencukupi kuota penumpang maka bisa menggunakan support medium bus ini. Umumnya ukuran medium bus adalah 7500 (panjang) x 2200 (lebar) x 3000 (tinggi) mm.

3. Micro Bus/Mini Bus

Mini Bus

Ada 2 jenis micro bus/mini bus, yaitu jenis elf long dan jenis elf short. Elf long mempunyai kapasitas ideal 16-19 bangku sedangkan elf short mempunyai kapasitas ideal 13-15 bangku.

Kedua jenis micro bus/mini bus ini adalah kendaraan khusus angkut penumpang yang merupakan kendaraan modifikasi dari pabrikan Isuzu. Umumnya ukuran micro bus adalah 5500 (panjang) x 1700 (lebar) x 2600 (tinggi) mm.

4. Mini Van Toyota Hiace

Mini Van Toyota Hiace
Mini Van Toyota Hiace

Meskipun kita mengetahui Toyota Hiace merupakan armada keluaran ulang tahun 2013 an, kini ada satu lagi jenis transportasi pariwisata yang tergolong baru dari Toyota Hiace yaitu Mini Van Toyota Hiace. Hampir sama dengan elf short, Mini Van Toyota Hiace mempunyai kapasitas maksimal 15 seat.

Pabrik Isuzu sendiri memang sudah menyiapkan interior khusus untuk jenis Toyota Hiace. Jadi armada ini sudah menemukan pasarannya sendiri yaitu mulai banyak diminati sebagai kendaraan sewa harian.

Perlu diketahui bahwa Harga Sewa Bus Berjenis Mini Van Toyota Hiace ini sangat banyak dipilih para artis, pejabat dan mereka yang ingin melapangan dan kecepatan dalam berkendara.

Jenis Bus Secara Umum

Di Indonesia, masyarakat dapat menemukan banyak pilihan jenis bus untuk berbagai keperluan. Beberapa tipe bus tersebut adalah bus pariwisata dan bus penumpang. Bus tersebut dimiliki dan dikelola oleh berbagai perusahaan. Untuk lebih mengenal bus-bus tersebut, yuk cek di sini!

Jenis Bus Pariwisata

Bus pariwisata biasanya digunakan untuk tujuan wisata atau untuk keperluan lain, misalnya hajatan. Saat ini, macam-macam bus pariwisata semakin berkembang dan modern. Berikut beberapa tipe bus pariwisata yang tergolong baru:

Bus Pariwisata High Deck

Bus ini memiliki lantai yang tingginya sekitar 3,85 m dan bagasi yang luas.

Bus Pariwisata Super High Deck

Tinggi lantai bus ini hanya terpaut sedikit dari bus high deck, yaitu 3,9 m. Salah satu hal yang membedakan keduanya adalah interior bus super high deck yang terkesan mewah dan fitur keamanan bus yang canggih.

Bus Ultra High Decker

Bus keluaran tahun 2018 ini memiliki lantai yang tingginya 4 m. Sebagai bus pariwisata baru, bus ini tentu memiliki fitur modern dan canggih serta sangat nyaman.

Double Decker

Bus tingkat atau double decker memiliki tinggi lantai 4,15 m dan memiliki dua lantai. Bus ini memiliki kapasitas 250 ton.

Jenis Bus ALS

Bus Antar Lintas Sumatra (ALS) sudah ada sejak tahun 1966. Bus ini melayani rute panjang Sumatra – Jawa dengan kelas AC Toilet, AC non Toilet, Ekonomi, dan Super Executive. Jenis armada bus yang dimiliki PO ini adalah:

  • Mercedes Benz OH1526
  • Mercedes Benz OH1521
  • Mercedes Benz OH1525
  • Mercedes Benz OH1836

Jenis Bus Rosalia Indah

Rosalia Indah menawarkan layanan bus pariwisata serta bus penumpang. Bus ini juga menawarkan banyak pilihan macam-macam bus dan kelas layanan, antara lain:

Jenis dan Macam-Macam Kelas Bus Rosalia Indah

  • First Class Double Decker
  • Super Top Double Decker
  • Executive Plus Double Decker
  • Super Top Super High Deck
  • Executive Plus Ultra High Deck
  • Executive Plus Super High Deck
  • Super Executive
  • Executive Class
  • Bisnis AC Toilet (VIP)
  • Bisnis AC (Patas)

Jenis Tiket Bus Rosalia Indah

Jenis tiket bus ini pada dasarnya dibagi menjadi 3, yaitu Executive, VIP, dan Patas AC. Namun, Anda juga dapat membeli tiket Super Executive untuk tujuan tertentu.

Jenis Bus di Indonesia dan Harganya yang Paling Banyak Diminati

Di antara banyaknya jenis bus di dunia, hanya beberapa saja yang umum digunakan di Indonesia. Berikut jenis dan harganya:

Tipe BusHarga
Mercedes Benz OH 1526Rp 910.000.000
Mercedes Benz OH 1626Rp 1.013.000.000 – Rp 1.230.000.000
Scania K360I1Rp 1.400.000.000
Scania K410IBRp 1.750.000.000
Hino RK 260Rp 682.000.000
Double Decker Mercedes-Benz OC 500 RF2542Rp 3.400.000.000

 

Jenis Bus Karoseri

Perusahaan karoseri adalah perusahaan yang membuat badan bus. Setiap perusahaan tersebut mampu menghasilkan bus keren berbagai jenis sesuai permintaan konsumen. Berikut bus yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut:

Karoseri Laksana

  • Legacy SR 2
  • Citiline 1 dan 2
  • Sonic 3
  • Discovery

Karoseri Morodadi Prima

  • Grand Tourismo DD
  • New Patriot

Karoseri Adiputro

  • Jetbus 3 HDD
  • Jetbus 3+ MHD
  • Jetbus 3+ SHD

Karoseri Tentrem

  • Avante D2 (Double Decker)
  • Scorpion King
  • Inspiro

Karoseri New Armada

  • Skylander Double Decker
  • Evolander Super High Deck
  • All New Aristo

Karoseri Rahayu Santosa

  • Jetliner Double Deck
  • Evolution Series

Jenis Bus Penumpang

Bus penumpang dibagi menjadi beberapa jenis. Misalnya bus ekonomi, bisnis, dan executive. Bus ekonomi biasanya memiliki fasilitas minim, sedangkan bus executive lebih nyaman dan memiliki fasilitas lengkap, misalnya reclining seat, AC, toilet, dan WiFi.

Jenis Bus Transjakarta

Transjakarta memiliki banyak armada bus. Beberapa tipe bus tersebut adalah:

  • Bus gandeng Scania
  • Bus Hino
  • Bus Mercedes-Benz
  • Bus gandeng Yutong
  • Bus tingkat MAN

Jenis Bus Sinar Jaya

Sinar Jaya adalah perusahaan transportasi besar di Indonesia. Perusahaan ini melayani transportasi bus antar kota dan antar provinsi. Beberapa jenis armada yang digunakan oleh PO Sinar Jaya adalah:

  • Double Deck SVIP
  • Business AC
  • Suite Class 1+1
  • Executive

Jenis Bus Karoseri Morodadi Prima

Perusahaan yang terletak di Malang ini menghasilkan berbagai badan bus besar maupun kecil. Beberapa tipe bus yang dihasilkan karoseri ini adalah Travego dan Patriot

Jenis Bus dan Kapasitasnya

Berdasarkan kapasitasnya, bus dibedakan menjadi 3 jenis yaitu:

  1. Big Bus: kapasitas 48 atau 47 penumpang dengan susunan kursi 2-2 atau 3-2.
  2. Medium Bus: kapasitas 31 hingga 41 penumpang dengan susunan kursi 2-2.
  3. Minibus:kapasitas 25 atau 27 penumpang.

Jenis Bus Berdasarkan Fasilitasnya (Kelas)

Fasilitas Bus Pariwisata
Fasilitas Bus Pariwisata

Setelah memahami ukuran bus, sekarang masuk ke bagian fasilitas dari setiap jenis bus yang ada secara umum lengkap dengan kelas bus.

Ekonomi

Biaya yg dikeluarkan untuk naik bus dengan kelas ekonomi ini terbilang murah. Meski begitu namun Anda masih bisa menikmati fasilitas berupa reclining atau pun footrest. Bus dengan kelas ekonomi ini menyediakan formasi seat 3-2.

AC ekonomi

Agak sedikit mahal dibanding kelas ekonomi, pada bus kelas AC ekonomi ini Anda mendapat fasilitas yang sama dengan bus ekonomi dan diberi fasilitas tambahan berupa AC.

Bisnis RS/patas non AC

Untuk di kelas yg ini anda sudah bisa menikmati fasilitas bus seperti RS (Reclining Seat). apasi kursi RS itu? Kursi RS adalah kursi yang bisa di maju mundurkan untuk di buat sandaran.

Bisnis AC/patas AC

Bus kelas bisnis AC/patas AC menyediakan fasilitas tambahan berupa AC dan kursi reclining seat di dalamnya. Dan tentunya tiap perusahan mempunyai kebijakan masing-masing ada yg memasang seat 3-2 dan 2-2.

VIP Class

Selimut dan makan prasmanan merupakan fasilitas tambahan yang bisa Anda nikmati apabila menggunakan bus ini. Jumlah seat yg ada pada kelas ini biasanya berjumlah 32 – 40 seat, tergantung tiap perusahaan berbeda – beda dalam menerapkan jumlah seat dalam 1 bus.

Executive Class

Tak mau kalah dari yang lain, Executive Class bahkan menawarkan legrest/footrest(sandaran kaki) dan snack sebagai beberapa fasilitas tambahan. Lebih dari itu, ada beberapa perusahan bus yg sudah memberi fasilitas WIFI pada setiap busnya.

Super Executive Class

Khusus untuk kelas ini Anda akan menduduki seat dengan konfigurasi 2 -1 dengan seat yang sangat nyaman yang sangat empuk. Hanya beberapa perusahaan bus saja yang mempunyai bus dengan kelas ini.

Kelas-kelas bus tersebut biasanya diterapkan pada bus pariwisata dan antar kota, untuk bus kota memiliki kelasnya tersendiri biasanya bus kota memiliki fasilitas seat yang menempal ke dinding samping bus dan ditengahnya dilapangkan untuk tempat berdiri.

Itu dia ulasan lengkap kita tentang model dan jenis bus/bis yang kita bagikan, Nantikan informasi menarik lainnya hanya di Fajri Alhadi ya.

 

1 thought on “Tipe Jenis Bus”

Leave a Comment