Jumlah Kursi Bus

Sebelum menyewa Bus, Ada baiknya kita mengetahui berapa Jumlah Kursi Bus dari setiap bus dengan beragam model, tipe dan jenis. Ini bertujuan agar tidak salah menyewa bus yang berakibat fatal nantinya.

Berpariwisata bersama keluarga maupun kerabat dengan menggunakan bus tentu menjadi momen yang tidak terlupakan. Pasalnya, Anda dan rombongan bisa duduk santai sambil menikmati pemandangan di sekitar jalan. Bagi Anda yang berniat melakukan perjalanan wisata beramai-ramai, perhatikan jumlah kursi bus agar sesuai dengan jumlah penumpangnya.

Ini menjadi tips sewa bus yang paling penting dan tidak boleh dilupakan. Adapun beberapa jenis dan tipe bus memiliki jumlah kursi yang berbeda berdasarkan jenis dan ukurannya.

Jumlah Kursi Bus Aneka Tipe, Model, Jenis, Ukuran dan Bentuk

Ketika hendak menyewa bus pariwisata, Anda tentu tidak boleh lupa untuk mempertimbangkan jumlah kursi bus. Bus pariwisata tersedia dalam berbagai ukuran dengan jumlah kursi yang berbeda-beda. Untuk mengetahuinya lebih jauh, Anda dapat mencari tahu tentang hal tersebut di sini!

Jumlah Kursi Bus Micro Bus

Jumlah Kursi Bus - Mini Bus
Cek juga : Harga Bus Pariwisata

Bus jenis micro ini biasa dikenal dengan elf. Kapasitas kursinya berjumlah 13 sampai 19 buah, tergantung bagaimana konfigurasinya. Semakin banyak kursi, maka semakin sempit ruang tempat duduknya. Ada 2 jenis elf, yaitu:

Elf Short

Elf short merupakan elf yang berukuran pendek atau lebih kecil. Kursinya berjumlah 13 buah, bisa juga dimaksimalkan menjadi 15 buah. Kendaraan ini cocok bagi Anda yang akan melakukan perjalanan jarak dekat, misalnya dari Semarang menuju Solo. Namun sayangnya elf short ini tidak memiliki ruang bagasi yang luas.

Elf Long

Elf long memiliki ukuran body yang lebih panjang dari elf short dengan jumlah kursinya bisa mencapai 19 buah. Meski secara umum elf long hanya memiliki 15 kursi dan sisa ruang lainnya dimanfaatkan untuk bagasi. Sama seperti elf short, elf long juga cocok untuk perjalanan jarak dekat.

Baca juga : SEVA Pusat Mobil Murah

Jumlah Kursi Bus Mini Bus/Van

Mini Van Toyota Hiace
Mini Van Toyota Hiace

Bus mini, atau yang terkadang disebut bus kecil, menjadi salah satu armada andalan para pemilik perusahaan transportasi. Kendaraan yang juga disebut elf ini memiliki jumlah kursi yang beragam. Semakin banyak jumlah kursi bus mini, maka semakin sempit ruang gerak penumpang di dalam bus.

Beberapa perusahaan karoseri membuat bus mini dengan seat yang lebih sedikit agar penumpang merasa lebih nyaman. Selain dipengaruhi oleh karoseri, jumlah bangku bus mini juga dipengaruhi oleh jenis armada. Berikut ini jumlah kursi penumpang bus mini berdasarkan jenis armadanya:

Mini Van Toyota Hiace

Mini van Toyota Hiace merupakan bus kecil yang tergolong baru karena baru dikeluarkan pada tahun 2013. Kendaraan ini memiliki kapasitas 15 penumpang dan cocok untuk rombongan pariwisata kecil dan perjalanan jarak dekat.

Elf Long

Tipe mini bus lain yang cocok untuk wisata jarak dekat adalah Elf Long. Jumlah seat mini bus ini berkisar antara 15 hingga 19 seat. Akan tetapi, Elf Long dengan kapasitas 19 kursi biasanya memiliki bagasi kecil.

Elf Short

Elf Short memiliki kapasitas kursi yang lebih kecil dari Elf Long, yaitu 13 hingga 15 kursi. Armada ini juga hanya cocok untuk keperluan jarak dekat dan memiliki bagasi berukuran kecil.

Bus jenis mini van merupakan sebuah armada beroda 4 yang ukurannya lebih besar dari mobil biasa, namun lebih kecil dari bus pada umumnya. Mini van yang paling sering dijumpai yaitu Toyota Hiace.

Kendaraan ini mulai dikenal luas sejak tahun 2013. Meski terbilang baru, namun jenis bus yang satu ini telah banyak diminati oleh para wisatawan.

Mini van ini mempunyai kapasitas kursi sebanyak 15. Armada ini cocok bagi Anda yang ingin bepergian dengan rombongan sebanyak 15 sampai 18 orang.

Tentu disesuaikan juga dengan berat badan atau postur tubuh penumpang agar tidak terasa penuh sesak. Meski cukup kecil, mini van memiliki fasilitas yang sama dengan bus-bus lainnya yang lebih besar.

Jumlah Kursi Bus Medium Bus

Harga Sewa Bus Tipe Medium
Harga Sewa Bus Tipe Medium

Medium bus lebih populer dengan sebutan bus bus ¾. Bus jenis ini bisa dibedakan menjadi 2 kelas, yaitu kelas ekonomi dan executive.

Bus medium memiliki ukuran yang lebih besar dari bus mini dan biasanya memiliki susunan kursi 2-2. Jumlah seat bus medium tergantung pada berbagai hal. Salah satunya adalah kelas bus tersebut.

Medium Bus Ekonomi

Bus ¾ kelas ekonomi biasanya ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau. Hal ini karena bus ini tidak memberikan fasilitas AC di dalamnya. Meski ukurannya sama, namun jumlah kursi pada setiap bus bisa berbeda-beda. Jumlah kursi bus biasanya sebanyak 25 kursi, 27 kursi, 29 kursi, dan 31 kursi. Bus medium ekonomi biasanya minim fasilitas, misalnya tidak ada AC dan terasa sempit karena jumlah tempat duduk bus medium ini lebih banyak dari bus executive. Jumlah seat bus pariwisata medium kelas ekonomi biasanya berjumlah sekitar 30 hingga 35 buah.

Medium Bus Executive

Bus jenis ini menawarkan fasilitas yang lebih mewah dari kelas ekonomi. Meski harganya lebih mahal, namun fasilitas seperti AC dan layar monitor yang diberikan dijamin akan membuat Anda dan rombongan merasa lebih nyaman.

Jumlah tempat duduknya yaitu 25 kursi, dan 35 kursi dengan konfigurasi 2-2. Semakin banyak jumlah kursi, maka semakin kecil ukuran kursinya. Kursi penumpang pada bus ini dijamin empuk dan lebih lebar. Selain itu, bus executive juga terasa lega karena jumlah bangku bus medium tersebut hanya sekitar 25 buah.

Jumlah Bangku Bus Junior Bus

Bus jenis ini memiliki ukuran body yang lebih panjang dari bus ¾ atau medium bus, tetapi lebih kecil dari bus berukuran besar. Masing-masing perusahaan otobus (PO) memiliki junior bus dengan jumlah kursi yang berbeda-beda.

Namun secara umum, jumlah kursi bus sebanyak 39 buah, dengan konfigurasi 2-2. Jumlah kursi belakang sebanyak 5 buah, ada pula yang hanya berjumlah 3 buah.

Junior bus menjadi sebuah alternatif jika jumlah rombongan lebih banyak dari jumlah kursi pada medium bus, tetapi masih lebih sedikit jika menggunakan bus ukuran besar. Masing-masing junior bus ditawarkan dengan harga yang variatif, hal ini tergantung dari desain interior dan fasilitas di dalamnya

Anda bisa Sewa beragam jenis Bus dengan mudah, selengkapnya bisa cek di artikel Sewa Bus untuk lebih jelasnya lengkap dengan tata cara dan tips sewa bus yang aman dan nyaman..

Jumlah Seat Bus Big Bus

Big Bus Terbaru
Big Bus Terbaru

Big bus merupakan bus dengan ukuran besar. Big bus yang saat ini banyak digunakan dibedakan menjadi 2 kelas, yaitu ekonomi dan executive.

Big Bus Kelas Ekonomi

Big bus kelas ekonomi biasanya menyediakan 59 kursi, dan konfigurasinya disusun dengan tipe 3-2. Artinya, satu baris terdiri dari 2 kursi, dan baris lainnya terdiri dari 3 kursi. Meski dapat menampung lebih banyak penumpang, namun ukuran kursinya terbilang cukup kecil.

Big Bus Kelas Executive

Meski ukurannya sama dengan big bus ekonomi, namun bus besar kelas executive ini memiliki fasilitas dan desain interior yang lebih mewah. Jumlah kursinya maksimal mencapai 48 buah. Konfigurasi tempat duduknya pun tipe 2-2 dan memiliki ukuran kursi yang lebih besar. Bentuk kursi ini akan membuat penumpang bisa duduk bersandar dengan nyaman.

Perlu diketahui bahwa Harga Sewa Bus tergantung dengan jumlah kursi yang dimiliki dari bus/bis tersebut. Pastikan Anda telah mengetahui kapasitas yang akan diisi agar nantinya dapat menghemat biaya perjalanan.

Jumlah Kursi Bus Pariwisata

Menyewa bus pariwisata untuk keperluan wisata atau hajatan adalah suatu hal yang lumrah di era modern ini. Sekarang, Anda memiliki lebih banyak pilihan ukuran bus dengan jumlah bangku bus pariwisata yang beragam, begitu pula susunan bangkunya

Jika rombongan wisata Anda hanya terdiri dari belasan orang, Anda dapat menyewa bus pariwisata kecil atau mini bus. Jumlah kursi bus pariwisata kecil biasanya hanya berkisar belasan seat. Sedangkan untuk rombongan yang lebih besar, Anda dapat menggunakan bus medium.

Jumlah kursi bus pariwisata medium biasanya sekitar 30-35 seat. Jumlah kursi bus pariwisata ¾ ini terpaut 15 kursi dari jumlah seluruh kursi bus pariwisata besar. Meski demikian, jumlah kursi bus tersebut bukanlah suatu hal yang baku karena setiap karoseri menawarkan model yang berbeda-beda.

Contohnya, ada karoseri yang menawarkan bus besar dengan susunan seat 2-2 dan 2-3. Susunan ini tentu mengakibatkan perbedaan jumlah kursi bus pariwisata seat 2-2 dan 2-3 pada big bus.

Jumlah Kursi Bus SHD

Bus SHD atau super high decker adalah adalah bus besar yang menawarkan kenyamanan. Bus ini biasanya dilengkapi dengan fasilitas lengkap, misalnya AC dan fasilitas hiburan. Jumlah seat bus SHD ini biasanya mencapai 59 seat.

Jumlah Kursi Bus Double Decker

Bus double decker erat kaitannya dengan bus mewah. Big bus ini memiliki jumlah kursi yang beragam. Sebagai contoh, bus tingkat dari karoseri Adiputro memiliki 24 seat yang dilengkapi dengan meja dan lantai bawahnya digunakan sebagai bagasi. Namun, Ada juga bus tingkat yang memiliki 40an kursi.

Jumlah Kursi Bus Executive

Tempat duduk bus executive dijamin nyaman dan memiliki space luas. Seat tersebut biasanya model reclining seat dan dilengkapi dengan selimut dan bantal. Jumlah kursi bus executive adalah 25 bangku untuk bus medium dan 40 bangku untuk bus besar.

Jumlah Kursi Bus Damri

Perusahaan otobus milik pemerintah ini menawarkan layanan transportasi antar provinsi berbagai kelas. Salah satu kelas yang ditawarkan adalah Damri Royal Class yang kapasitas armadanya adalah 23 seat.

Leave a Comment