Cara Kirim Uang dari Luar Negeri ke Indonesia, Ga Pake Ribet!

Tidak seperti dulu, cara kirim uang dari luar negeri ke Indonesia sekarang ini lebih mudah dilakukan. Karena hanya dengan menggunakan aplikasi khusus yang terpasang pada smartphone. Asalkan jaringan internet stabil, transaksi bisa segera diproses.

Penting dipahami bahwa transfer uang dari luar negeri ke Indonesia itu berbeda dengan transaksi yang dilakukan antar negara. Sebab, mata uang Indonesia dengan negara lain itu tidak sama. Inilah yang menyebabkan proses transfer memerlukan lebih banyak waktu.

Cara pengiriman sebenarnya menyesuaikan dengan ketentuan atau aturan setiap aplikasi. Tapi, secara umum mempunyai tata cara hampir sama. Mengenai cara ini, bisa Anda simak pada pembahasan berikut beserta data yang diperlukan oleh pengirim uang dari luar negeri.

Data yang Diperlukan oleh Pengirim Uang dari Luar Negeri

Ketika ingin menerapkan cara kirim uang dari luar negeri ke Indonesia, yang dibutuhkan oleh pihak pengirim adalah beberapa data penerimanya. Hal ini tentu berbeda dengan transaksi lokal dalam negeri, di mana yang dibutuhkan hanyalah nomor rekening.

Sedangkan untuk proses transfer dari luar negeri membutuhkan data berupa nama serta alamat lengkap penerima, nominal uang yang ingin dikirimkan, nama dan alamat bank pihak penerima. Bukan hanya sekadar nomor rekening, tapi jenis rekening bank juga dibutuhkan.

Data lainnya yang diperlukan ada nomor routing bank penerima, referensi transfer serta kode SWIFT atau BIC bank bila berlaku. Mengenai kebutuhan pengisian data tetap menyesuaikan dengan aplikasi yang dipakai.

Pastikan inputan data akurat supaya uang benar-benar sampai ke pihak penerima. Cara kirim uang dari luar negeri ke Indonesia bisa saja gagal saat diterapkan bila ada data yang dimasukkan salah, sehingga sangat penting mencermati ulang.

Cara Kirim Uang dari Luar Negeri ke Indonesia Mudah Dilakukan

Bagi yang belum pernah melakukannya, mungkin melakukan transfer dari luar negeri ke Indonesia dianggap sebagai hal rumit. Padahal caranya tidak jauh berbeda dengan transfer dari Indonesia ke luar negeri.

Tapi sayangnya, tidak semua aplikasi menyediakan fitur ini. Salah satunya adalah Flip Globe. Untuk saat ini, Anda belum bisa menggunakan Flip Globe untuk kirim uang dari luar negeri ke Indonesia.

Walaupun demikian, Anda tetap bisa menggunakannya untuk transfer ke luar negeri. Supaya lebih jelas mengenai cara kirim uang dari luar negeri ke Indonesia, berikut akan diuraikan versi memakai Wise:

  1. Buka aplikasi atau situs Wise.
  2. Masukkan nominal uang yang ingin dikirimkan. Wise akan menginformasikan total biaya yang harus dibayarkan secara langsung serta nominal nilai tukar kurs.
  3. Isi nformasi atau data penerima yang tertera pada form mulai dari nama, bank serta nomor rekening.
  4. Isi data diri Anda, mulai dari negara, nama, tanggal lahir, alamat serta nomor telepon.
  5. Lakukan pengecekan data agar tidak ada kesalahan saat pengiriman.
  6. Selesai~

Catatan!
Kamu pengguna baru, disarankan untuk melakukan verifikasi identitas terlebih dahulu untuk mempermudah proses pengiriman uang kedepannya.

Ketika melakukan proses transfer tidak perlu terburu-buru yang berpotensi membuat inputan data keliru. Cara kirim uang dari luar negeri ke Indonesia memang mudah, tapi bila tidak teliti bisa gagal saat diterapkan.

Hi, kenalin nama aku Fajri Alhadi, kamu bisa panggil aku Fajri atau Aji. Saat ini saya mendalami dunia Internet Marketing dibidang SEO dan Sosial Media.

Tinggalkan komentar