Jenis Jenis Jaringan Komputer dan Fungsinya

Perlu diketahui bahwa jaringan komputer seperti LAN atau WAN ternyata memiliki bentuk dan kegunaannya tersendiri.

Meski secara umum mereka sama-sama berfungsi untuk mentransfer data, namun pada implementasinya, setiap jaringan komputer memiliki tujuannya tersendiri. 

Jaringan komputer ini dibangun dengan kombinasi antara hardware dan juga software. Lalu, apa saja jenis-jenis jaringan komputer tersebut?

Jenis Jenis Jaringan Komputer dan Fungsinya 1
Jenis Jenis Jaringan Komputer dan Fungsinya

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan

1. LAN (Local Area Network)

LAN merupakan jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat jaringan dalam jangkauan yang relatif kecil. Biasanya LAN dimiliki, dikendalikan dan dikelola oleh satu orang ataupun organisasi.

Dimana mereka menggunakan teknologi konektivitas tertentu, seperti Ethernet dan Token Ring. Selain itu, ada juga yang menggunakan teknologi jaringan wireless dengan WiFi yang juga dikenal dengan nama Wireless Local Area Network.

2. PAN (Personal Area Network)

PAN merupakan salah satu jenis jaringan yang cakupan wilayahnya yang lebih kecil, misalnya rumah atau kantor saja. Biasanya PAN digunakan untuk keperluan internet dan printer.

3. WAN (Wide Area Network)

WAN merupakan kumpulan dari LAN yang kemudian tersebar secara geografis. Jaringan ini menggunakan teknologi ATM. X.25 dan Frame Relay untuk konektivitas yang lebih jauh.

4. MAN (Metropolitan Area Network)

MAN merupakan jaringan yang menghubungkan antara satu perangkat komputer dengan perangkat lainnya dalam ruang lingkup kota pada jaringan yang sama.

5. CAN (Campus Area Network)

Jaringan satu ini hampir sama dengan MAN, namun ruang lingkupnya lebih terbatas karena hanya dalam lingkup kampus ataupun akademisi.

6. Internet 

Internet merupakan jaringan komputer terbesar yang diciptakan oleh manusia. Dimana ruang lingkup jaringan ini hampir seluruh penjuru dunia.

7. VPN (Virtual Private Network)

VPN merupakan solusi untuk menyediakan koneksi internet yang lebih aman lagi. VPN ini bisa membuat jalur aman untuk kebutuhan transmisi data. 

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Media Transmisi

1. Jaringan Komputer Berkabel (Wired Network)

Jaringan Komputer Berkabel merupakan salah satu jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai media transmisi datanya .

Kabel yang digunakan menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya supaya bisa saling bertukar data dan terhubung dengan internet.

2. Jaringan Komputer Nirkabel (Wireless Network)

Jaringan komputer ini tidak menggunakan komputer sebagai media transmisinya. Dimana pertukaran data atau informasi menggunakan gelombang elektromagnetik.

Contoh dari jaringan nirkabel ini adalah Wifi. Wifi termasuk dalam koneksi internet yang sekarang paling sering digunakan. Selain WiFi, kini juga ada MiFi yang semakin banyak digunakan. Lalu, apa beda mifi dan wifi

Baca juga : Cara Mengamankan Jaringan WiFi-mu dari Gangguan

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Jenis Transmisi

1. Broadcast

Broadcast merupakan saluran komunikasi tunggal yang digunakan secara bersama-sama oleh beberapa perangkat yang saling terkoneksi dengan jaringan yang sama.

2. Point-to-Point

Jaringan Point-to-Point merupakan jaringan yang tersusun atas beberapa koneksi pasangan individu, dari satu perangkat ke perangkat lainnya. 

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Sumber Data

1. Jaringan Terpusat

Jaringan komputer terpusat ini terdiri dari satu komputer induk dan satu ataupun lebih komputer terminal. Dimana komputer induk ini berfungsi sebagai data yang dibutuhkan oleh komputer terminal. 

2. Jaringan Terdistribusi 

Jaringan komputer terdistribusi merupakan jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer induk.

Perangkat Jaringan Komputer

Untuk mengoptimalkan kinerja dari jaringan maka diperlukan perangkat. Berikut ini adalah beberapa perangkat jaringan komputer:

1. Server 

Perangkat jaringan yang pertama adalah server. Server ini berfungsi sebagai media atau tempat untuk menyimpan informasi dan juga mengelola jaringan komputer.

2. Kabel Jaringan 

Kabel jaringan ini berguna untuk menghubungkan suatu perangkat dengan perangkat lainnya. Terdapat beberapa jenis kabel jaringan, diantaranya adalah fiber optic, coaxial, twisted pair.

3. NIC ( Network Interface Card)

NIC atau LAN Card Expansion Board berfungsi agar perangkat komputer terhubung dengan jaringan. Ada 4 jenis Etherna, yaitu ethernet 10 mbit/detik, fast ethernet 100 mbit/detik, gigabit ethernet 1000 mbit/detik dan tengig 10000 mbit/detik.

4. Switch

Switch adalah perangkat jaringan yang berguna menghubungkan komputer. Komponen ini secara kasat mata serupa dengan Hub, namun ketika lebih jeli serupa dengan bridge. 

5. Bridge 

Bridge merupakan sebuah piranti yang berfungsi untuk meneruskan lalu lintas antara segmen berdasarkan informasi yang ada pada sebuah data link. Selain itu, Bridge juga berfungsi untuk membagi jaringan yang besar menjadi beberapa jaringan kecil.

6. Router  

Router merupakan perangkat jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan LAN ke dalam suatu jaringan WAN dan mengelola lalu lintas data yang ada di dalamnya.

7. Modem 

Modem merupakan suatu perangkat yang digunakan untuk menghubungkan antara perangkat komputer dengan penyedia layanan internet atau Internet Service Provider (ISP).

8.Wireless Card 

Wireless Card merupakan perangkat yang bisa digunakan apabila ingin terhubung dalam jaringan nirkabel.

9. Repeater 

Repeater berfungsi untuk memperkuat dan juga meregenerasi jaringan dan juga sinyal yang masuk. 

Tinggalkan komentar