Cara Mengamankan Jaringan WiFi dari Gangguan

Pulsa, kuota, jaringan internet, apa pun itu, saat ini telah berevolusi dari kebutuhan sekunder menjadi kebutuhan pokok. Bagaimana tidak, hampir seluruh kegiatan yang kamu lakukan sehari-hari membutuhkan koneksi internet.

Bekerja di kantor membutuhkan internet, menjadi content creator membutuhkan internet, streaming film dan pertandingan sepakbola pun membutuhkan internet.

Internet kini sudah mendarah daging dalam aspek hidup. Maka, tidak heran jika hampir semua rumah kini memiliki jaringan komputer dengan aneka jenis.

Banyak sekali provider internet yang menawarkan layanan WiFi untuk pemakaian pribadi hingga pemakaian besar seperti kantor dan pabrik. Kecepatan internet yang ditawarkan dari masing-masing provider juga berbeda-beda.

Jika kamu kebetulan berkesempatan untuk memiliki jaringan WiFi sendiri, kamu juga harus cermat dalam mengamankan jaringan WiFi yang kamu miliki.

Cara Mengamankan Jaringan WiFi dari Gangguan

Mengamankan Jaringan WiFi dari Gangguan

Kadang kala, akses WiFi yang kamu miliki sangat terbuka tanpa pengamanan tambahan.

Memang pada saat pemasangan, biasanya kamu akan ditawarkan untuk memasang proteksi tambahan seperti kata sandi. Namun, hal ini pun belum tentu menjaga koneksi WiFi-mu sepenuhnya.

Kamu baru akan menyadari apabila tiba-tiba jaringan WiFi-mu menjadi lambat padahal tidak ada yang memakai jaringan WiFi selain kamu.

Hal ini mungkin saja mengindikasikan bahwa jaringan WiFi yang kamu miliki bisa saja digunakan orang lain yang memiliki pengetahuan teknologi lebih untuk membobol keamanan jaringan WiFi-mu.

Nah, untuk menghindari kerugian tersebut, kamu bisa mencoba cara membatasi kecepatan wifi berikut atau kamu bisa melakukan beberapa cara demi mengamankan koneksi WiFi-mu, seperti:

Mengganti Nama Koneksi WiFi

Memang terkesan sepele, namun mengubah nama WiFi yang kamu miliki dapat setidaknya mengecoh orang lain membobol jaringan internetmu. Usahakan, jangan menggunakan nama yang mudah diingat.

Mengaktifkan Network Encryption

Sama seperti aplikasi messenger, WiFi juga memiliki fitur enkripsi agar data-data di WiFi-mu sulit dibaca dan tentunya, akan sulit untuk dibobol.

Mematikan WiFi

Jika tidak ada orang di rumah atau ketika kamu ingin pergi ke luar, sebaiknya kamu mematikan koneksi WiFi-mu. Hal sederhana ini tentunya dapat dilakukan untuk menghindari koneksi WiFi-mu digunakan oleh orang lain.

Mengubah Alamat IP Router-mu

Umumnya, IP yang ada pada perangkat WiFi-mu merupakan IP yang standar dan serupa dengan alamat IP router yang lain sehingga mudah bagi orang lain untuk memanfaatkannya.

Dengan sedikit informasi, kamu dapat mengubahnya untuk meningkatkan keamanan jaringan WiFi-mu.

Baca juga : Review HP Gaming Terbaik ASUS ROG Phone 3

Mematikan Remote Access

Apabila kamu mematikan remote access pada perangkatmu, orang-orang yang berniat jahat menggunakan atau membobol jaringan WiFi-mu tidak akan mampu mengakses pengaturan privasi router selain yang tersambung dengan jaringan WiFi-mu.

Menjaga Router Agar Selalu Up-to-date

Kamu juga bisa mengamankan jaringan WiFi-mu dengan melakukan pembaruan sistem router secara berkala ketika ada update yang diharuskan.

Memasang Firewall

Guna menambahkan keamanan jaringan internetmu, kamu bisa menghidupkan firewall melalui perangkat komputermu. Selain itu, firewall juga berguna untuk mengamankan jaringanmu dari serangan internet lainnya.

Beberapa tips di atas dapat kamu lakukan untuk menjaga keamanan WiFi dari gangguan peretas atau orang lain yang ingin memanfaatkannya.

Kamu harus selalu memastikan bahwa pengguna WiFi hanya dirimu sendiri atau orang-orang yang memang kamu berikan akses.

Meskipun begitu, kamu juga tetap harus membatasi pengguna WiFi-mu agar bandwith jaringan WiFi yang kamu miliki tetap cukup untuk penggunaan pribadimu.

Saat ini, beberapa provider internet telah menawarkan sistem dimana kamu bisa memiliki kendali penuh atas pemakaian internetmu.

MyOrbit salah satunya. Sebagai internet provider yang menawarkan kecepatan internet 4G dengan kualitas terbaik, MyOrbit memiliki fitur kontrol pemakaian kuota.

Melalui fitur ini, kamu bisa mengendalikan dan membatasi pemakaian kuota, mulai dari mengawasi dan membatasi perangkat yang terhubung dengan jaringan WiFi, hingga detail penggunaan harian secara realtime langsung dari perangkatmu.

Dengan begini, kamu tidak perlu khawatir lagi akan ada pengguna lain yang menggunakan jaringan WiFi-mu, atau bisa langsung melakukan tindakan apabila ada peretas yang mencoba membobol jaringan internetmu.

Kunjungi myorbit.id jika kamu ingin memiliki layanan internet rumah yang aman tanpa gangguan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like

ASUS ROG Phone 3 The Ultimate Winner, HP Gaming Terbaik

Bicara soal game, tidak asing dengan produk besutan Asus yang bernama Republic of Gamers (ROG). Sukses dengan produk laptop ROG-nya, Asus melakukan inovasi pada produk smartphone. Asus resmi meluncurkan HP Gaming mereka yang bernama Asus ROG Gaming Phone 3. HP Gaming ini diklaim mampu memberikan kenyamanan dan pengalaman terbaik kepada para gamers sejati. Review Asus […]

ASUS ROG Phone 3 The Ultimate Winner, HP Gaming Terbaik

Jenis Jenis Jaringan Komputer dan Fungsinya

Seiring berkembangnya teknologi, ada banyak jenis jaringan komputer hadir untuk memenuhi kebutuhan para pengguna. Jaringan komputer seperti LAN atau WAN ternyata memiliki bentuk dan kegunaannya tersendiri. Secara umum jaringan komputer berfungsi untuk mentransfer data, namun pada implementasinya, setiap jaringan komputer memiliki tujuannya tersendiri. Jaringan komputer ini dibangun dengan kombinasi antara hardware dan juga software. Lalu, […]

Jenis Jenis Jaringan Komputer dan Fungsinya

7 Aplikasi Kirim Uang Gratis Beda Bank Tanpa Biaya Admin

Ada banyak aplikasi kirim uang gratis yang bisa kamu temukan di Playstore ataupun Appstore. Aplikasi kirim uang tentu akan sangat membantu bagi kamu yang suka transfer beda bank. Bayangkan jika kamu harus membayar fee sebesar Rp 6500 untuk 1x transaksi. Fee tersebut terlihat kecil. Namun apabila kamu melakukan transaksi hingga 100x tentu akan mengeluarkan biaya […]

7 Aplikasi Kirim Uang Gratis Beda Bank Tanpa Biaya Admin