Review Aplikasi Flip: Transfer Uang Gratis Antar Bank

Mau tahu bagaimana kemudahan dalam lakukan transaksi transfer ? Ini merupakan pertanyaan paling sering ditanya. Namun setelah munculnya APK Flip, segala aktivitas transaksi lebih mudah dilakukan.

Kehadiran Flip memberikan manfaat dan kemudahan untuk pengguna bank yang ingin transfer uang antar bank.

Meski terbilang baru, Flip telah memiliki banyak pengguna setia hingga saat ini. Terbukti, jika mereka ini telah diunduh jutaan kali di Playstore dan Appstore.

Review Aplikasi Flip

Flip menjadi aplikasi populer dengan rating tinggi di Playstore dan Appstore. Ini membuktikan bahwa flip menjadi aplikasi idola dan sangat membantu untuk memangkas biaya transfer beda bang.

Terlebih untuk kalangan mahasiswa, nominal transfer sebesar 6500 cukup banyak jika untuk biaya transfer beda bank. Problem seperti ini sebetulnya juga dirasakan saat menggunakan Apk lain.

Tapi tetap saja, pasti masih ada terdapat biayanya. Meski pada awal-awal terdapat promo gratis untuk antar bank.

Tapi yang pasti, aplikasi transfer uang lewat hp ini adalah solusi paling tepat sebab bisa bebaskan hal itu dan lebih hemat lagi.

Apa itu Flip?

Apa itu Flip ? Mungkin ini merupakan serangkaian kalimat bagi mereka yang belum mengenal Flip lebih dekat.

Aplikasi Flip adalah layanan transfer antar bank tanpa biaya admin. Kini Flip hadir dengan layanan pengiriman uang beda negara yang bernama Flip Globe.

Tidak hanya menyediakan layanan kirim uang, Flip memiliki layanan lain seperti pembelian pulsa, paket data, top-up e-Wallet hingga pembayaran tagihan.

Review Aplikasi Flip

Saya akan bagikan pengalaman selama menggunakan Aplikasi Flip. Semoga ini bisa menjadi pertimbangan untuk kamu yang ingin menggunakan dan mencari aplikasi kirim uang dengan mudah dan murah.

1. Cara Kerja Flip

Flip memiliki cara kerja yang sangat sederhana. Flip menjadi jembatan saat lakukan transaksi antar bank.

Artinya : kamu cukup melakukan pengiriman uang ke bank flip yang sesuai dengan rekening yang kamu miliki. Setelah itu, Flip akan meneruskan dana ke rekening tujuan. Berikut ilustrasi yang akan membantu cara kerja flip

cara kerja flip

2. Aplikasi Flip Aman, Benarkah ?

Apakah aplikasi Flip aman ? Flip sudah mempunyai lisensi resmi dari Bank Indonesia pada tanggal 4 Oktober 2016 dengan nomor izin 18/196/DKSP/68.

Flip juga mendapatkan rating terbaik di Playstore dan Appstore dengan perolahan rating bintang sebesar 4.8/5

3. Dari Mana Keuntunan Flip Berasal ?

Lalu gimana Flip ini bisa raih keuntungan, jika tak ada biaya admin saat lakukan transfer ?

Flip meraih profit dari adanya pelayanan fitur bisnis seperti : Flip Globe, Flip for business, pembayaran tagihan, pembelian paket data hingga top-up e-Wallet.

4. Program Referal Flip

Kamu bisa mendapatkan uang tambahan melalui program referal Flip. Kamu akan mendapatkan komisi sebesar 50.000 ketika berhasil mengajak seseorang menggunakan aplikasi Flip.

Komisi terhitung ketika orang yang kamu ajak telah melakukan verifikasi identitas dan melakukan satu kali transaksi di Flip.

*besaran komisi tentu akan berubah sesuai dengan kebijakan dan program yang berlaku

5. Apakah Flip Terdaftar di OJK ?

Saat tulisan ini diterbitkan, Flip belum terdaftar di OJK. Namun jangan takut, karena Flip diawasi langsung oleh Bank Indonesia dan telah mendapatkan izin.

Flip tidak terdaftar di OJK karena bidangnya sangat berbeda. OJK bertugas untuk mengawasi aplikasi penghasil uang dan pinjaman online.

6. Aplikasi Flip Punya Siapa ?

Flip
sumber foto : Flip.id

Mungkin Anda masih belum tahu siapa yang punya aplikasi Flip. Pemilik Flip adalah seorang anak muda bernama Putra Arriyan, Luqman Sungkar dan Ginanjar Ibnu Solihin yang merupakan alumni dari salah satu Universitas Negeri di Indonesia.

Mereka bertiga membangun aplikasi tersebut tepat berada di bawah pengawasan dari direktorat inovasi dan inkubasi UI. Awal mulanya melakukan proses penciptaan layanan ini di tahun 2015. Kemudian mendapatkan izin di tahun 2016.

7. Batas Jam Transfer Flip

Kamu bisa melakukan transfer uang di Flip 24 Jam. Namun ada beberapa bank yang memiliki batas jam transfer seperti Bank BCA.

Batas jam transfer ini mengikuti kebijakan jam operasional bank yang kamu pilih.

8. Bagaimana Cara Menyimpan Uang di Flip ?

Mengenai masalah bagaimana untuk bisa menyimpan uang di aplikasi Flip, terbilang cukup mudah. Bahkan para pemula bisa ikuti tahapan berikut ini agar tak salah langkah.

  1. Buka Aplikasi Flip
  2. Klik tombol Topup dan masukkan nominal yang ingin diisi.
  3. Setelah mengisi nominal saldo lanjutkan dengan menekan tombol Isi Saldo
  4. Pilih metode transfer dan bank yang ingin dituju.
  5. Lakukan transfer sesuai nominal dan rekening tujuan yang terlihat di Aplikasi Flip.
  6. Klik tombol Saya sudah transfer jika sudah melakukan pengiriman uang.
  7. Tunggu 1 – 10 menit dan saldo kamu akan otomatis bertambah di aplikasi Flip.
  8. Selesai~

Kekurangan Flip

Jika mengingat banyak orang yang telah pakai apk pengiriman paling oke ini. Pasti bertanya-tanya apa ada kekurangan dari aplikasi Flip. Harapannya sih bisa didengar dan diimprove oleh pihak Flip.

1. Batas Limit Transfer 15x dalam Sebulan

Sangat mengejutkan!

Tanggal 28 Juni 2022, saya mendapati bahwa Flip mengembalikan kebijakan mereka ke semula yaitu : Batas Transfer cepat dibatasi hanya 15x dalam sebulan.

Maksudnya begini.

Pengguna Flip hanya diberi batasan sebanyak 15x transaksi transfer uang dalam sebulan. Jika kuota tersebut habis, kamu tetap bisa menggunakan layanan kirim uang gratis. Namun, waktu prosesnya lebih lama dengan estimasi hingga 25 menit.

Durasi yang cukup lama dibandingkan sebelumnya yang hanya bisa menyelesaikan satu transaksi kurang dari 10 menit.

Jika diburu waktu, kamu harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 900/transaksi jika ingin cepat diproses. Ya semua kembali ke pilihan masing-masing sih.

2. Transaksi Tidak 24 Jam

Seperti yang telah disampaikan diatas, memang benar Flip memiliki batas waktu transaksi. Seperti contoh : Bank BCA.

Batas akhir transaksi Bank BCA mulai pukul 21.00 – 03.30 WIB.

Selama rentan waktu tersebut, pengguna BCA tidak dapat melakukan transaksi ke rekening BCA Flip.

Sedikit berbeda dengan ikon dan gambar di Aplikasi Flip yang mengatakan bahwa transaksi Bank BCA dalam dilakukan selama 24 jam. Hal ini bisa saja terjadi mengikuti jam operasional atau mutasi Bank BCA.

3. Metode Pembayaran Virtual Account Terbatas

Metode pembayaran menggunakan virtual account menurut saya menjadi metode paling mudah, cepat dan menyenangkan.

Menggunakan virtual account tidak perlu ribet memilih nomor rekening tujuan dan memasukkan nominal transfer.

Tentunya ini akan mengurangi tingkat kesalahan ketika melakukan transaksi. Saat artikel ini ditulis (28 Juni 2022), Flip sudah memiliki metode pembayaran virtual account di beberapa Bank.

Namun seperti Bank BCA belum tersedia. Ya semoga aja dalam waktu dekat Virtual Account BCA bisa segera hadir di Flip.

4. Akses Live Chat Tidak Friendly

Flip

Flip memiliki layanan Live Chat. Namun hingga saat ini saya masih merasakan akses yang ribet dari fitur Live Chat mereka.

Pengguna harus masuk dan menelurusi lebih agar bisa menemukan tombol Live Chat dengan Customer Service.

Ditambah lagi harus mengisi form keluhan yang cukup merepotkan. Harapannya, Flip bisa makin mempermudah segala bentuk layanan dalam sisi Customer Service dan Keluhan.

Flip

Beberapa kali saya mendapati Live Chatnya stuck gitu, tidak ada reply/balasan. Padahal live chatnya telah dilengkapi dengan Bot. (seperti gambar dibawah)

Flip

Kelebihan Flip

Meski masih punya kekurangan, Flip juga memiliki banyak kelebihan. Berikut ini kelebihan Flip yang saya rasakan selama menggunakan aplikasi ini.

1. Bebas Biaya Admin Transfer Uang Antar Bank

Seperti tagline mereka, Flip : Transfer Antar Bank Tanpa Biaya menjadikan aplikasi ini memiliki manfaat yang sangat banyak dalam hal transaksi.

Kamu tidak akan dikenakan biaya. Bahkan nominal unik bisa ditarik ke rekening pribadi dengan minimum saldo sebesar Rp 10.000

2. Transaksi Mulai dari 10 Ribu

Dimulai dengan Rp 10.000, kamu bisa mengirim uang antar bank dengan mudah, murah dan cepat. Adapun batas nominal gratis dalam satu hari adalah 5 juta. Lebih dari 5 juta kamu akan dikenakan sedikit biaya.

Tentunya biaya tersebut jauh lebih hemat daripada yang lain ya. Biaya tambahan dikenakan senilai Rp 900/transaksi.

Call Center Flip

Lalu apakah ada layanan call center di aplikasi ini? Tentunya Ada. Kamu bisa menghubungi layanan call center Flip melalui email, telepon, live chat atau media sosial resmi Flip.

Layanan Call Center berguna untuk membantu permasalahan yang kamu alami di aplikasi Flip atau ingin menanyakan terkait produk Flip.

Kesimpulan

Aplikasi Flip sangat cocok digunakan untuk kamu yang memiliki mobilitas tinggi dan sering melakukan transaksi beda bank.

Flip sangat membantu dan menghemat pengeluaran dari biaya admin yang cukup tinggi. Jika memiliki kebutuhan bisnis, kamu bisa gunakan Flip for Business yang lebih sesuai dengan kebutuhan.

Demikian sekilas informasi yang dapat diberikan kepada Anda, pastikan segera download aplikasi transfer uang lewat hp dengan nama Flip ini. Bisa langsung unduh di google play secara gratis. Kemudian rasakan kelebihannya dibandingkan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like

Cara Kirim Uang ke Luar Negeri Lewat Flip, Murah Banget!

Ada banyak cara kirim uang ke luar negeri yang bisa kamu lakukan. Transfer uang ke Luar Negeri dapat dilakukan menggunakan bank dan melalui pihak ketiga. Pastikan sebelum melakukan transfer, aplikasi yang dipakai memberikan informasi mengenai biaya secara transparan. Seperti yang dimiliki oleh Aplikasi Flip yang memiliki Layanan Flip Globe, di mana besar biaya administrasi sudah […]

Cara Kirim Uang ke Luar Negeri Lewat Flip, Murah Banget!

7 Aplikasi Kirim Uang Gratis Beda Bank Tanpa Biaya Admin

Ada banyak aplikasi kirim uang gratis yang bisa kamu temukan di Playstore ataupun Appstore. Aplikasi kirim uang tentu akan sangat membantu bagi kamu yang suka transfer beda bank. Bayangkan jika kamu harus membayar fee sebesar Rp 6500 untuk 1x transaksi. Fee tersebut terlihat kecil. Namun apabila kamu melakukan transaksi hingga 100x tentu akan mengeluarkan biaya […]

7 Aplikasi Kirim Uang Gratis Beda Bank Tanpa Biaya Admin

Rekomendasi Aplikasi untuk Pengusaha Kecil dan Pekerja Lepas

Mayoritas generasi milenial diketahui memiliki keinginan yang besar dalam menjadikan self-employment sebagai karir. Apakah Anda salah satunya? Jika Anda sudah merencanakan keputusan ini dengan matang, pasti akan muncul perasaan senang, gugup, dan cemas yang bercampur menjadi satu. Anda bisa juga merasa kewalahan karena tidak tahu harus mulai dari mana, alat apa yang harus digunakan, dan […]

Rekomendasi Aplikasi untuk Pengusaha Kecil dan Pekerja Lepas