Digitalpreneur Indonesia : Pengertian, Cara Menjadi, Tips, Gaji, Jurnal

Digitalpreneur Indonesia hanya merupakan salah satu jenis dunia bisnis yang kini sedang banyak digandrungi oleh sebagian besar para entrepreneurs.

Ada berbagai macam benefit dan alasan mengapa banyak yang terjun ke dunia digital marketing.

Apa Itu Digitalpreneur ?

Digitalpreneur Indonesia
Digitalpreneur Indonesia

Berdasarkan etimologi apa itu Digitalpreneur yaitu terdiri dari kata digital dan entrepreneur.

Pengertian digital dalam arti luas adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan angka atau digit. Sedangkan pengertian digital dalam arti sempit yaitu suatu teknologi yang mana mempunyai output berupa angka.

Digital sendiri merupakan lawan kata dari analog. Untuk analog menggunakan jarum sebagai penunjuk hasil.

Sedangkan digital menggunakan analisis yang berupa angka dalam perhitungan ataupun penomoran.

Tetapi pengertian digital dalam digitalpreneur mengarah pada dunia internet,

Sementara arti dari entrepreneur / wirausaha adalah seorang yang mempunyai keberanian besar untuk memanfaatkan peluang dan kreatifitas menjadi ladang usaha bisnis.

Dari pengertian tersebut, entrepreneur merujuk pada profesi pedagang dan investor.

Sedangkan untuk pengertian dari digitalpreneur adalah seorang yang melihat peluang bisnis di dalam dunia internet sebagai target pasar utama.

Sebagian besar aktivitas bisnis dilakukan melalui internet, mulai dari melakukan penawaran hingga penjualan.

Selain Digitalpreneur, di Indonesia juga sedang ramai tren menjadi Content Creator Indonesia juga loh

Bagaimana Cara Menjadi Digitalpreneur Indonesia yang Sukses ?

Kunci Sukses untuk menjadi seorang digitalpreneur cukup mudah intinya hanya mempertahankan eksistensi usahanya. Inilah bagaimana cara menjadi digitalpreneur sukses.

1. Menguasai dunia internet

Salah satu kunci untuk menjadi digitalpreneur sukses adalah menguasai dunia internet, khususnya media sosial dan situs e-commerce.

Dunia internet yang luas dan tanpa batas merupakan peluang yang sangat bagus dalam mengembangkan usaha. Ada berbagai macam media sosial dan situs e-commerce yang ada.

Cara untuk menguasai dunia internet hanya memperluas jaringan akun. Sehingga usahakan untuk mempunyai akun di setiap media sosial dan juga situs e-commerce.

2. Memperluas jaringan bisnis

Dengan menguasai dunia internet, sangat mudah untuk memperluas jaringan bisnis. Caranya hanya dengan melakukan berbagai macam promosi dan penawaran dalam setiap golongan.

Selain itu manfaat pula peluang dalam kerja sama dengan sesama digitalpreneur.

3. Mempunyai strategi yang matang

Untuk mendapatkan hasil bisnis yang memuaskan, harus mempunyai strategi yang baik khususnya dalam promosi.

Selain itu perhatian pula kritik dan saran dari konsumen serta lakukan suatu inovasi yang kreatif.

4. Memperluas wawasan

Dunia yang dinamis memaksakan diri untuk mengendalikan pola pikir sesuai dengan perubahan lingkungan dan menerima berbagai macam masukan. Pikiran pun harus terbuka dengan dunia yang luas.

Dengan pikiran yang luas, membuat cara berpikir yang sangat rasional serta tidak egois dalam mempertahankan pendapat diri sendiri. Dapat memahami perubahan minat dan selera konsumen. Serta memanfaatkannya sebagai peluang bisnis.

Tips Menjadi Digitalpreneur

Ada beberapa tips yang dapat mengantarkan menjadi seorang digitalpreneur sukses. Inilah tips menjadi Digitalpreneur sukses :

1. Membidik segmen pasar yang tepat

Meskipun dunia internet sangat luas serta memperluas jaringan bisnis juga merupakan langkah yang tepat, tetapi cara tersebut tidak cukup efektif.

Sehingga sebelum untuk memperluas jaringan, pastikan terlebih dahulu jenis konsumen yang memungkinkan untuk membeli produk tersebut.

2. Melihat peluang pasar

Tips ini hanya sekedar mengamati alur jaringan bisnis. Dengan hal tersebut, dapat mengetahui pasar mana yang mempunyai peluang lebih.

Hal tersebut menjadi suatu pintu untuk mengoptimalkan penjualan.

3. Meningkatkan kreatifitas

Kreatif menjadi kunci utama dalam menjadi penyedia jasa digital marketing terbaik. Dengan kreatifitas tersebut, produk yang dipasarkan pun mempunyai daya tarik lebih daripada produk lain. Kreatifitas tersebut dapat memanfaatkan kritik dan saran dari konsumen.

4. Fokus

Menjadi Digitalpreneur harus tetap fokus pada bidang bisnis yang sedang digeluti. Jadi harus dapat mempertahankan konsistensi untuk bertahan di dunia tersebut dalam kondisi apapun.

Jauhkan pada ketertarikan bidang lain dan simpan rasa bosan.

5. Tidak gegabah dalam mengambil langkah

Sebelum memutuskan untuk mengambil keputusan atau melakukan strategi, harus dipertimbangkan dengan seksama atas besarnya peluang dan resiko. Misalnya dalam menentukan harga.

Dengan harga murah mungkin dapat menyita perhatian dengan sangat muda. Namun hal tersebut belum berarti dapat menghasilkan laba yang memuaskan pula.

Suka nulis dan berdomisili di Medan ? Ayooo gabung bersama Blogger Medan sekarang juga, GRATIS!

6. Perlakuan konsumen dengan baik

Sebuah pepatah dalam dunia bisnis tidak hanya berlaku pada bisnis konvensional, namun juga bisnis digital. Oleh karena itu perlakuan setiap konsumen dengan baik dan nyaman.

Berapa Gaji Digitalpreneur di Indonesia ?

Jika dihitung dengan nominal berapa Gaji Digitalpreneur, mungkin tidak akan pernah berakhir. Sebab gaji seorang digitalpreneur tidak terbatas meskipun sumber penghasilan hanya sebatas pada laba.

Gaji yang diperoleh dari digitalpreneur Indonesia bersifat tidak stabil dan monoton. Terkadang penghasilan bulan ini lebih sedikit dari pada bulan lalu. Dapat juga besarnya penghasilan bulan ini jauh lebih besar daripada bulan lalu.

Sehingga penghasilan seorang digitalpreneur memang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Tetapi harus dapat memanage kebutuhan bulanan dan penghasilan dengan baik.

Hal yang terpenting bagi seorang entrepreneur dan menjadi kunci utama dalam kesuksesan. Berapa pun penghasilan yang diterima harus menyisihkan uang untuk sedekah.

Kiat-Kiat Menjadi Digitalpreneur Sukses

Kunci utama untuk menjadi digitalpreneur sukses adalah berani menanggung segala resiko yang ada. Sebab pada intinya seorang digitalpreneur atau entrepreneur lainnya harus rela semua waktunya disita.

Dengan kata lain, kerja selama 24 non stop. Setiap saat harus menyempatkan diri untuk merespon konsumen dan update informasi.

Lalu rasa takut gagal atau tidak laku harus dibuang. Sebab hal tersebut hanya dapat menjadikan mental down dan putus asa. Harus tetap menjaga konsistensi dalam eksistensi marketing digital dalam keadaan apapun.

Resiko tidak laku dan bangkrut bukan merupakan akhir. Namun jadikan hal tersebut sebagai dinamika dalam dunia bisnis serta pengalaman berharga. Dari hal tersebut dapat menjadi inspirasi untuk berusaha lebih baik.

Jangan pernah fokus untuk menetapkan target penjualan. Jika terlalu fokus pada target penjualan, maka hanya akan memperoleh hasil yang miris. Karena setiap bulan pasti mempunyai hasil yang berbeda.

Hal yang perlu dilakukan adalah fokus pada perluasan pasar. Dengan memperluas pasar, secara tidak langsung akan memperluas peluang dan penghasilan.

Sebaiknya hindari rasa malas dan jenuh untuk hal tersebut. Karena perluasan pasar merupakan strategi efektif bagi digitalpreneur.

Dari semua hal ada, kunci menjadi Digitalpreneur sukses hanya membuka pikiran dan pendapat yang cukup membangun dalam dunia bisnis. Serta menutup telinga rapat-rapat tentang semua pendapat yang tidak berhubungan dengan dunia bisnis.

Digitalpreneur di Indonesia

Ada beberapa digitalpreneur lokal yang telah memperoleh kesuksesan. Hal tersebut dapat menjadi motivator dan inspirasi untuk selalu berusaha dan tidak mudah putus asa.

Contoh Digitalpreneur Indonesia 2019 adalah founder dari situs e-commerce ticket.com. Mereka adalah Dimas, Wenas, Natalie dan Gaery.

Lalu juga ada founder dari ruang guru,  yaitu Muhammad Iman Usman dan Adamas Belya Syah Devara.

Dari contoh Digitalpreneur lokal tersebut, dapat dibuat suatu kesimpulan untuk memperhatikan kebutuhan masyarakat luas. Lalu merubah hal tersebut menjadi ladang usaha.

Contoh Digitalpreneur

Selain mempunyai ruang bisnis luas, bidang digitalpreneur juga tidak terbatas. Jika entrepreneur konvensional hanya sekedar menjual produk. Untuk digitalpreneur lebih dari itu. Contoh bidang digitalpreneur seperti vloger, blogger, marketing online, jasa editor online dan lain – lain.

Jurnal Digitalpreneur Terbaru

Jurnal seorang digitalpreneur tidak terbatas dan bukan hanya sekedar tumpukan buku. Namun berbagai macam workshop dari digitalpreneur populer juga menjadi jurnal yang cukup inspiratif.

Itulah kunci dalam menjadi seorang digitalpreneur Indonesia yang sukses. Gunakan dan manfaatkan waktu yang sebaik mungkin untuk merintis karir sebagai digitalpreneur.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like