Berbagai Cara untuk Bermain Kripto Bagi Pemula

Zaman serba digital ini membuat banyak orang beralih profesi mencari keuntungan ke dunia kripto. Bermain crypto harus dilakukan dengan benar agar aman dan untung.

Ada banyak cara untuk bermain kripto bagi pemula agar terhindar dari penipuan berkedok investasi crypto.

Artikel ini akan membahas mengenai cara-cara untuk bermain kripto yang aman yang dirangkum dari halaman Invesbro.id.

Investasi Kripto

Cara untuk Bermain Kripto Bagi Pemula

Cara pertama adalah dengan investasi kripto yang bisa dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Berdasarkan surat Menko Perekonomian Nomor S-302/M.EKON/09/2018 bahwa aset kripto dilarang digunakan sebagai alat pembayaran, namun tetap bisa dipakai menjadi investasi yang diperdagangkan di bursa berjangka.

Perdagangan kripto diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) untuk menghindari penipuan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Sebelum melakukan investasi, pastikan anda sudah memilih penyedia komoditi aset kripto yang legal.

Setelah itu, anda bisa melakukan langkah-langkah berikut untuk lanjut berinvestasi kripto:

  1. Saat mendaftar menjadi pelanggan pada salah satu pedagang komoditi aset kripto, anda harus melewati syarat dan ketentuan prosedur Know Your Customer (KYC)
  2. Setelah disetujui menjadi investor, anda akan diberikan akun untuk mulai bertransaksi.
  3. Anda bisa menggunakan transaksi exchanger dan menggunakan crypto wallet untuk menyimpan kunci enkripsi. Crypto wallet ini berfungsi untuk mengkonfirmasi identitas anda dan langsung menautkan dengan mata uang kripto.
  4. Anda bisa memilih jenis mata uang kripto yang akan digunakan untuk investasi
  5. Buatlah strategi yang baik agar anda bisa mendapatkan keuntungan
  6. Lakukan pembayaran sesuai dengan nominal yang anda pilih

Mining

Cara lain adalah dengan menambang (mining). Sesuai dengan namanya, mining crypto artinya mendapatkan aset kripto dengan cara menambang menggunakan perangkat komputer dan internet. Miner atau penambang harus memiliki pengetahuan dan informasi yang cukup karena berhubungan dengan sistem blockchain dan segala perangkat keras yang mendukung.

Selain kripto, kamu bisa investasi uang melalui saham. Selengkapnya : Review Stockbit Aplikasi Saham Terpercaya

Kebutuhan untuk Mining Kripto

Untuk melakukan mining crypto, anda harus menyiapkan perangkat keras yang akan menentukan keberhasilan menambang crypto, antara lain:

Motherboard

Perangkat pertama yang harus dipersiapkan adalah motherboard. Anda harus menyiapkan motherboard yang bisa memuat lebih dari satu slot PCI-E.

Pemilihan motherboard ini bisa anda sesuaikan dengan budget yang anda miliki, karena semakin banyak slot PCI-E suatu motherboard maka akan semakin mahal harganya.

Hard drive

Hard drive berfungsi untuk menjalankan sistem operasi serta menyimpan data selama proses mining. Oleh karena itu, anda harus memilih hard drive dengan space yang besar sebagai tempat penyimpanan blockchain.

Anda bisa menggunakan hard drive minimal 250 GB atau menggunakan SSD yang besar sekitar 60-120 GB.

Processor

Processor ini berfungsi untuk memberikan kestabilan saat anda melakukan mining crypto. Anda bisa menggunakan processor minimal i5 atau i7 agar komputer anda tetap stabil pada saat mining.

RAM

RAM berfungsi untuk menjalankan sistem operasi beserta program mining crypto. Anda bisa menggunakan RAM 8 GB DDR4 atau RAM yang lain yang lebih kompatibel.

Power Supply

Anda memerlukan power supply yang besar untuk menjalankan proses mining crypto.

Jika motherboard anda menggunakan satu kartu grafis maka power supply yang disarankan dibawah 700 watt, jika menggunakan dua kartu grafis, maka power supply yang diperlukan sekitar 1000 watt, dan seterusnya.

Semakin banyak kartu grafis yang dipasang di motherboard , maka semakin besar listrik yang dibutuhkan.

Kartu Grafis

Kartu grafis berguna untuk mendapatkan aset crypto lebih cepat. Sebagai pemula, anda bisa menggunakan spek R7900, GTX1060 6 GB GDDR5 yang bisa mempermudah penambangan aset kripto.

Software mining

Software mining berfungsi sebagai ekses untuk melakukan mining crypto. Software yang dipilih disesuaikan dengan jenis aset crypto yang diinginkan.

Kipas pendingin

Hardware satu ini sebaiknya terus dinyalakan untuk membantu sirkulasi udara komputer. Karena aktivitas berat, biasanya komputer akan cepat panas sehingga ada butuh kipas angin atau AC.

Farming

Farming merupakan kegiatan menabung dan meminjamkan aset kripto kepada pihak yang lain dengan imbalan yang tinggi, atau singkatnya disebut penyedia likuiditas atau Liquidity Providers (LPs).

Aset kripto berasal dari proyek yang telah disediakan oleh platform penyedia layanan farming dengan nilai APY atau bunga yang besar.

Fitur farming ini membuat para investor mendapatkan uang tambahan tanpa harus takut kehilangan aset kripto-nya.

Hal ini menjadi incaran investor karena hasil yang didapatkan optimal namun tetap memiliki risiko kehilangan aset yang rendah.

LPs menyediakan koin yang berpasangan dengan koin lain serta digunakan sebagai likuiditas pertukaran.

Contoh farming kripto adalah ketika anda memiliki aset kripto ETH dan menyandingkannya dengan aset lain seperti USDT maka anda akan mendapatkan LP ETH-USDT dengan keuntungan atau reward dari gas fee yang sudah anda keluarkan.

Besarnya hadiah yang anda peroleh sesuai dengan persentase kontribusi anda terhadap likuiditas tersebut.

Staking

Metode ini berhubungan dengan perdagangan aset kripto. Caranya anda hanya perlu menyimpan aset pada wallet yang menyediakan layanan staking.

Aset anda akan disimpan di dalam blockchain consensus algorithm Proof-of-Stake (PoS) dengan jangka waktu tertentu yang telah disepakati.

Keuntungan yang akan anda dapat bergantung pada harga, aktivitas aset kripto yang telah dikunci, serta jumlah yang anda simpan.

Periode penguncian juga berpengaruh pada keuntungan yang akan anda dapatkan. Namun bunga atau keuntungan yang didapatkan lebih kecil daripada farming.

Metode staking ini cocok bagi orang-orang yang ingin memperoleh pendapatan pasif dari mata uang kripto.

Sebelum melakukan staking, pastikan anda telah melakukan riset mendalam karena aset kripto anda tidak bisa dijual selama jangka waktu tertentu sehingga anda harus memastikan platform harus bisa dipercaya dan bertanggung jawab.

Itulah berbagai cara bermain kripto yang bisa anda lakukan. Sebelum bermain, pilihlah aset kripto yang ingin anda mainkan dan platform legal yang sudah terpercaya.

Saat bermain aset kripto, pastikan semua yang anda perlukan sudah tersedia dan didukung dengan perencanaan yang matang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like

Apa Itu Mata Uang Kripto dan Apa Saja Jenisnya?

Apa Itu Mata Uang Kripto dan Apa Saja Jenisnya? – Dalam era industri dan ekonomi digital saat ini, tentu sudah tak asing lagi dengan yang namanya investasi. Investasi disukai kaum muda karena bisa memperoleh passive income, atau dapat cuan sambil rebahan. Ada berbagai macam jenis investasi yang ramai diperbincangkan, seperti tabungan emas, saham, reksa dana, […]

Apa Itu Mata Uang Kripto dan Apa Saja Jenisnya?

Jenis Jenis Jaringan Komputer dan Fungsinya

Seiring berkembangnya teknologi, ada banyak jenis jaringan komputer hadir untuk memenuhi kebutuhan para pengguna. Jaringan komputer seperti LAN atau WAN ternyata memiliki bentuk dan kegunaannya tersendiri. Secara umum jaringan komputer berfungsi untuk mentransfer data, namun pada implementasinya, setiap jaringan komputer memiliki tujuannya tersendiri. Jaringan komputer ini dibangun dengan kombinasi antara hardware dan juga software. Lalu, […]

Jenis Jenis Jaringan Komputer dan Fungsinya

Tanya Veronika Asisten Virtual, Layanan yang Memberikan Banyak Kemudahan

Kalau kamu pengguna Telkomsel, maka Tanya Veronika Asisten Virtual adalah layanan yang wajib dimanfaatkan. Telkomsel sendiri merupakan penyedia telekomunikasi seluler alias provider yang telah melayani masyarakat selama puluhan tahun. Bahkan hingga saat ini memiliki tingkat kepercayaan yang terus meningkat karena memang memberikan banyak manfaat bagi pengguna. Pemanfaatan jasa provider operator seluler saat ini memang tidak […]

Tanya Veronika Asisten Virtual, Layanan yang Memberikan Banyak Kemudahan