ASUS ROG Phone 3 The Ultimate Winner, HP Gaming Terbaik

Bicara soal game, tidak asing dengan produk besutan Asus yang bernama Republic of Gamers (ROG). Setelah sebelumnya sukses dengan produk laptop ROG-nya, kali ini Asus terus melakukan inovasi pada produk smartphone.

Asus resmi meluncurkan HP Gaming mereka yaitu ROG Phone 3. HP Gaming ini diklaim mampu memberikan kenyamanan dan pengalaman terbaik kepada para gamers sejati. 

Review Asus ROG Phone 3

ASUS ROG Phone 3 The Ultimate Winner, HP Gaming Terbaik 1

Dibanding yang lain, Asus ROG Phone 3 adalah HP gaming Asus terkuat yang dibekali dengan spesifikasi handal, pengaturan manual audio dan video, serta aksesoris yang lengkap. Tak ayal membuatnya tetap unggul untuk dijadikan sebagai teman terbaik bermain game.

HP gaming ini akan membuat siapa pun termanjakan oleh performa dan visual rata kanan yang ditawarkannya. Tidak sampai di situ saja, penggunanya juga akan menemukan semua yang disukai dari generasi sebelumnya, termasuk daya baterai yang super jumbo. Namun untuk lebih jelasnya, mari di simak review Asus ROG Phone 3 lengkapnya berikut ini.

Desain dan Body Berkarakter

ASUS ROG Phone 3 The Ultimate Winner, HP Gaming Terbaik 2

Sama seperti HP gaming pada umumnya, Asus ROG Phone 3 juga memiliki desain yang bold dan berkarakter. Namun yang membedakannya di sini, ROG Phone 3 buatan Asus membawa desain yang lebih sleek dengan body belakang yang sengaja dibuat sedikit melengkung dan tidak sekaku generasi sebelumnya.

Asus ROG Phone 3 memiliki dimensi lebih besar dengan tingkat ketebalan hingga 10 mm dan bobot 240 gram. Body ROG Phone 3 tidak terlalu lebar, tetapi cukup tinggi karena bezel atas dan bawahnya dibuat lebih tebal untuk beberapa alasan.

Frame atau bingkai HP untuk game ini dibuat dari bahan metal. Untuk kaca belakang body diberi lapisan Gorilla Glass Type 3. Memiliki permukaan yang glossy, sehingga mudah membekas sidik jari pengguna dan body HP Asus tersebut agak licin.

Dalam paket penjualan, Asus ternyata juga menyertakan Aero Case yang terbuat dari bahan plastik dan tidak sepenuhnya menutupi body, layaknya soft case pada umumnya. Sudah cukup untuk melindungi bagian sudut-sudut penting pada HP Asus Gaming ini.

Tidak hanya modul kamera utama, ciri khas dari ROG yaitu logo yang bercahaya atau yang disebut dengan Aura RGB Lighting yang diletakkan di bagian tengah body belakang smartphone. Sisi sebelahnya ada sebuah lubang fisik yang digunakan untuk mengeluarkan panas dari dalam. Sekitar empat mikrofon di sekeliling body dan tital ada tiga port USB Type C, satu di bawah dan dua lagi di sebelah kiri.

Satu port ada di sebelah kiri dan bisa digunakan untuk charging. Sementara yang ada di sebelahnya dibuat khusus untuk memasangkan aksesoris tambahan, seperti Docking Station, kipas pendingin Aero Cooler, gamepad dan lain sebagainya.

Memanjakan Mata dengan Stuninng 144Hz Display

ASUS ROG Phone 3 The Ultimate Winner, HP Gaming Terbaik 3

Dimensi layar ROG Phone 3 masih sama seperti generasi sebelumnya yakni 6.59 inch dengan resolusi Full HD+ dan rasio 19.5 : 9.

Dilapisi dengan Gorilla Glass 5 yang ada di bagian depan dibuat rata (flat) dan memiliki bezel cukup tebal di bagian atas dan bawah. Sehingga yang demikian semakin membuat HP untuk ngegame ini akan tetap nyaman saat digunakan untuk bermain game dalam mode Landscape.

Layar ROG Phone 3 juga memiliki dukungan refresh rate hingga 144 Hz dengan tambahan Touch Sampling rate 270 Hz dan Latensi singkat 25 Ms. Artinya, layar HP gaming tersebut akan terlihat sangat mulus dan responsif saat disentuh.

Hal itu sangat penting bagi para gamers profesional yang memang membutuhkan tingkat presisi tinggi untuk memainkan game online berbagai macam genre.

Tidak hanya nyaman digunakan untuk bermain game, layar Asus ROG Phone 3 juga cocok untuk konsumsi multimedia. Alasannya, HP untuk bermain game ini sudah mendapat dukungan HDR10+ dan Widevine L1. In-Display Fingerprint sensor yang dibekalinya pun cukup responsif dan instan dalam membaca sidik jari penggunanya.

Asus meletakkan dua buah speaker stereo di setiap bezel untuk menambah kepuasan dalam bermain game. Sistem audio yang sudah dioptimasi agar bisa mengutamakan suara, seperti langkah musuh, sound effect dalam gameplay.

Chipset Snapdragon 865 Plus, Selamat Tinggal Ngelag

ASUS ROG Phone 3 The Ultimate Winner, HP Gaming Terbaik 4

Qualcom klaim bahwa Prosesor 865+ memiliki kecepatan 10% lebih kencang dari processor 865 biasa. Karena processor Kryo 585 memiliki clock speed yang lebih tinggi 3.1 GHz : 2.84 GHz

Pada dasarnya performa menjadi hal paling penting untuk HP gaming sekelas lini Asus ROG. Itulah kenapa Asus ROG Phone 3 menjadi salah satu HP gaming pertama yang dibekali chipset Snapdragon 865 Plus.

Snapdragon 865+ juga punya banyak fitur-fitur tambahan yang dapat memberikan kenyamanan kita dalam bermain game dan kebutuhan sehari-hari. Chipset ini masuk ke dalam kategori Chipset Qualcom Elite Gaming yang artinya chipset ini masuk ke dalam level Premium.

Asus ROG Phone 3 memiliki fitur X Mode. Fitur ini digunakan untuk meningkatkan performa smartphone. Jika melihat hasil benchmark, ponsel gaming Asus super canggih ini berhasil mendapatkan peringkat pertama pada AnTuTu v8.

ROG Phone 3 bahkan mendapatkan skor antara 601858 hingga 621932, tergantung dari level X Mode yang digunakan pengguna. Skor ini diklaim mampu mengalahkan kompetitor HP Gaming lainnya.

ASUS ROG Phone 3 The Ultimate Winner, HP Gaming Terbaik 5

Pertanyaannya, bagaimana dengan performa asli HP Asus ROG Phone 3 saat bermain game? Pastinya tidak terkalahkan. Luar biasanya, HP ROG Phone 3 tersebut bahkan mampu memberikan tangkapan grafis pada game PUBG Mobile pada pengaturan grafis HDR dan pada frame rate Extreme.

Penggunaan Snapdragon 865+ ini memberikan dampak yang baik dari sisi konektivitas, karena ROG Phone 3 sudah dapat merasakan jaringan 5G, kecepatan WiFi yang maksimal dan dukungan bluetooth versi terbaru. Konektivitas maksimal ini didukung oleh Qualcomm FastConnect 6900 yang telah tertanam di dalamnya.

Melalui ponsel gaming milik Asus tersebut sesi permainan dijamin akan berlangsung dengan lancar dan tanpa lag sedikit pun, bahkan ada di kecepatan konstan antara 55 hingga 60 fps. Dengan performa sebagus ini, tentunya tidak ada game atau aplikasi berat yang tidak bisa dijalankan pada ROG Phone 3.

Ditambah lagi, Asus juga masih membekali HP gamingnya tersebut dengan RAM berteknologi LPDDR5 hingga 16 GB dan memori internal UFS 3.1 hingga 512 GB.

Gak Takut Lowbat, Ada Monster 6000 mAh Battery

ASUS ROG Phone 3 The Ultimate Winner, HP Gaming Terbaik 6

Asus ROG Phone 3 memiliki kapasitas baterai yang besar yaitu 6000 mAh. Kapasitas yang besar untuk HP Gaming di levelnya. Seperti yang kita tahu bersama, di pasaran harga HP high-end yang mahal sudah cukup jarang yang hadirkan kapasitas baterai sebesar ini. Rata-rata hanya mengusung kapasitas baterai sebesar 4.500 mAh hingga 5.000 mAh.

Hal menarik, ada di sistem pengisian daya baterai di Asus ROG Phone 3. Asus telah menyediakan inovasi terbaru mereka dalam hal pengecasan daya baterai. Terdapat beberapa fitur baterai yang bisa digunakan, diantaranya :

  1. Slow charging
    Mode ini memberikan pengisian baterai dengan lambat yang awalnya 30 watt menjadi 10 watt. Mode ini cocok digunakan untuk mereka yang melakukan pengisian baterai di malam hari ketika tidur. Diharapkan dengan menggunakan mode ini dapat menambah umur dan membuat baterai lebih awet.
  2. Scheduled charging
    Kita juga dapat membuat penjadwalan pengisian daya baterai dengan fitur ini. Pengguna dapat mengatur limit pengisian baterai dengan mudah dan cepat.
  3. Limit charging system
    Tidak perlu takut arus yang masuk terus-menerus ketika pengisian baterai sudah mencapai batas limit yang ditentukan, sebab dengan fitur ini akan otomatis melakukan cut off arus yang masuk ketika limit pengisian baterai telah tercapai.

Anda disarakan untuk senantiasai menyetal refresh rate pada angka tertinggi. Tujuannya, untuk memaksimalkan pengalaman ketika bermain game dan menonton. Baterai yang membekalinya sudah sangat menunjang meski memberikan tampilan yang lebih smooth.

Built for Gamers, HPnya Para Gamers Sejati

ASUS ROG Phone 3 The Ultimate Winner, HP Gaming Terbaik 7

Dikenal sebagai Smartphone Built for Gamers, tak heran jika Asus membekali ROG Phone 3 buatannya dengan berbagai kelebihan dan keunggulan. Berikut ini adalah beberapa fitur terbaik yang bisa kamu dapatkan dan nikmati hanya di ROG Phone 3.

1. ROG Connect

ASUS ROG Phone 3 The Ultimate Winner, HP Gaming Terbaik 8

ROG Connect adalah fitur yang menghubungkan para penggunanya dengan pengguna lainnya melalui forum / komunitas. Pengguna dapat berkomunikasi satu sama lain antar pengguna ROG.

2. Game Genie

ASUS ROG Phone 3 The Ultimate Winner, HP Gaming Terbaik 9

Game genie merupakan aplikasi yang sangat berguna untuk gameplay ketika kita sedang bermain game apapun di ROG Phone 3.

Pengguna dapat menggunakan fitur keren di dalam Game Genie, seperti : mengunci kecerahan layar, mematikan notifikasi yang muncul, mematikan panggilan masuk, mempercepat game, merekam layar, mengaktifkan Air Trigger dan X Mode.

3. Unparalleted Connectivity

ASUS ROG Phone 3 The Ultimate Winner, HP Gaming Terbaik 10

Asus ROG Phone 3 telah mendukung konektivitas terbaru seperti jaringan 5G, WiFi 6 dan teknologi bluetooth terkini. Dengan pembaruan konektivitas ini diharapkan pengguna dapat dengan nyaman memainkan game online tanpa harus takut gangguan dengan koneksi internet.

4. Side-mount Port

ASUS ROG Phone 3 The Ultimate Winner, HP Gaming Terbaik 11

Salah satu keunikan yang ada di Asus ROG Phone 3 yaitu posisi port yang terletak dibagian samping HP. Pengguna dapat menikmati game dalam kondisi charging tanpa takut terganggu dengan posisi kabel dan port charging baterai.

5. Quad-Microphone System

ASUS ROG Phone 3 The Ultimate Winner, HP Gaming Terbaik 12

Untuk urusan suara, Asus ROG Phone 3 menggunakan teknologi noise-cenceling quad-mic array yang berguna untuk meredam kebisingan (noise). Sistem ini mengoptimalkan kualitas suara yang dihasilkan. Sistem ini sangat cocok untuk beberapa game yang membutuhkan open voice / open mic seperti game mobile yang laris saat ini di pasaran.

6. Aura RGB

ASUS ROG Phone 3 The Ultimate Winner, HP Gaming Terbaik 13

Keunikan yang dimiliki ROG yaitu logo yang dapat bercahaya dan berganti warna. Fitur ini bernama Aura RGB. Tak heran jika ini menjadi salah satu ciri khas dari produk ROG dan menambah kesan elegan dari smartphone itu sendiri.

The Most Immersive Gaming Experience

ASUS ROG Phone 3 The Ultimate Winner, HP Gaming Terbaik 14

Asus menghadirkan banyak fitur pendukung yang sangat bermanfaat untuk para gamers sejati. Fitur ini tentunya akan memanjakan para penggunanya ketika memainkan sebuah game. Yuk kita kepoin dulu fitur keren apa saja yang ditanamkan Asus di HP Gaming mereka yang satu ini.

High Speed Gaming
ASUS juga menambahkan fitur dukungan untuk game-game pilihan agar bisa berjalan di Frame Rate maksimal hingga 144 Hz.

Game Smoother
Fitur ini hadir untuk memberikan kenyamanan para pengguna ketika bermain game. Pengguna dapat menikmati gameplay yang halus tanpa ngelag.

Game Fast Loader
Fitur hadir untuk memberikan loading game agar tambah cepat.

Game Network Latency Manager
Optimalkan koneksi internet agar latensi nya minim, sehingga pengguna dapat bermain game online dengan nyaman, aman tanpa gangguan dan fitur lainnya yang memanjakan penggunanya.

Air Trigger 3
Fitur ini akan mendeteksi setiap pergerakan jari kita ketika memainkan sebuah game. Tentunya dengan hadirnya Air Trigger 3 ini memberikan pengalaman yang seru kepada pada penggunanya.

ASUS ROG Phone 3 The Ultimate Winner, HP Gaming Terbaik 15

Sistem Audio GameFX Terbaik di Kelasnya

ASUS ROG Phone 3 The Ultimate Winner, HP Gaming Terbaik 16

Asus ROG Phone 3 dilengkapi dengan dual stereo speaker berkualitas dengan suara memuaskan. Menariknya, kualitas suara yang ditawarkan HP Asus ini dinilai salah satu HP Gaming yang memiliki kualitas audio terbaik.

Alasannya, ROG Phone 3 mendapat dukungan optimasi suara Dirac dan fitur Game Mode. Sehingga memungkinan penggunanya dapat merasakan dan mendengar keberadaan musuh dari arah datangnya suara dengan mudah dan akurat. Dijamin, sesi bermain game atau menonton film akan terasa seperti nyata.

GameCool 3 Sebagai Sistem Pendingin ROG Phone 3
Ini merupakan fitur penting yang seharusnya ada di HP Gaming. Penggunaan game secara terus-menerus akan menyebabkan HP cepat panas. Tak jarang banyak juga HP yang mengalami panas berlebih (overheat) ketika dipakai untuk bermain game.

Lain halnya dengan ROG Phone 3, HP Gaming ini telah dilengkapi dengan teknologi GameCool 3 yang dapat membantu mengatasi masalah overheat. Asus mendesain ROG Phone 3 dengan ventilasi khusus untuk membuang hawa panas yang ada di dalam ROG Phone 3. Hal ini dilakukan agar tidak terjadinya overheat meskipun HP telah dimainkan dalam waktu yang lama.

Asus juga telah menyediakan aksesoris Aero Active Cooler 3, Anda bisa maksimalkan dengan tambahan perangkat ini untuk hasil yang memuaskan.

Aksesoris ROG Phone 3

ASUS ROG Phone 3 The Ultimate Winner, HP Gaming Terbaik 17

Tidak hanya menawarkan performa yang mumpuni, desain dan layar juga tingkat ketahanan daya baterai luar biasa. ROG Phone 3 juga memiliki keunggulan dan kelebihan lainnya yang tidak dimiliki oleh HP gaming merek lain, yakni aksesoris pelengkap yang siap mendukung kinerja ponsel ketika digunakan bermain game.

Asus telah menyediakan berbagai aksesoris khusus yang hanya bisa digunakan bermain game pada ROG Phone 3, yang bakal memberikan pengalaman bermain game paling impresif. Berikut ini adalah aksesoris pendukung untuk ROG Phone 3.

#1 ROG Kunai 3 Gamepad

ASUS ROG Phone 3 The Ultimate Winner, HP Gaming Terbaik 18

Masih kurang puas memainkan game di HP ? Tenang!

Coba gunakan ROG Kunai 3 Gamepad. Gamepad jenis kontroler ini akan memberikan sensasi terbaru dalam bermain game di HP. Hadirnya fitur AirTrigger 3 dan dikolaborasikan dengan Gamepad ini menjadikan pengalaman nge-game menjadi tambah menyenangkan.

Gamepad ini mempunyai desain yang kokoh, fleksibel dan nyaman digunakan. Gamepad ini telah mendapat dukungan fitur Key Mapping dari Game Genie yang kompatibel dengan berbagai game online.

#2 TwinView Dock 3

ASUS ROG Phone 3 The Ultimate Winner, HP Gaming Terbaik 19

Aksesoris yang satu ini akan memberikan pengalaman bermain game dengan dua layar sekaligus. TwinView Dock ditenagai kapasitas baterai sebesar 5.000 mAh dengan layar refresh rate 144 Hz. Rasakan sensasi baru bermain game dengan 2 layar sekaligus.

#3 ROG Clip

ASUS ROG Phone 3 The Ultimate Winner, HP Gaming Terbaik 20

Hubungkan ROG Phone 3 dengan berbagai controller seperti DualShock 4, XBOX One, Google Stadia secara mudah dan instan dengan ROG Clip.

Anda hanya perlu memasangkan controller dan tempatkan ponsel didudukan yang tersedia. Bermain game pun bisa senyaman seperti bermain game di konsol.

#4 AeroActive Cooler 3

ASUS ROG Phone 3 The Ultimate Winner, HP Gaming Terbaik 21

Bagi para gamers yang suka main game dengan durasi yang lama, tidak ada salahnya untuk AeroActive Cooler 3. Ini adalah perangkat yang mudah untuk dilepas-pasang.

Aero Cooler menawarkan sistem pendingin smartphone ROG Phone 3 canggih yang dapat membantu penggunanya terbebas dari overheat. Overheat merupakan momok yang tidak dapat terpisahkan ketika seseorang memainkan HP dengan durasi yang lama.

Aero Cooler 3 sangat direkomendasikan untuk para gamers sejati. Aero Cooler 3 telah dilengkapi dengan Port USB Type C dan 3.5 mm audio jack dengan tingkat noise yang lebih rendah.

ASUS ROG Phone 3 The Ultimate Winner, HP Gaming Terbaik 22

#5 Lighting Armour Case

ASUS ROG Phone 3 The Ultimate Winner, HP Gaming Terbaik 23

Ingin tampil lebih beda dari yang lainnya ? Cobain deh gunakan Lighting Armous Case ini. Desainnya yang berkarakter dengan tampilan mirip dengan Anime Matrix. Casing ini berbeda dengan casing pada umumnya. Pengguna dapat melakukan kustomisasi dan telah support dengan fitur Aura RGB yang ada di ROG Phone 3.

#6 Glass Screen Protector

ASUS ROG Phone 3 The Ultimate Winner, HP Gaming Terbaik 24

Lindungi layar ROG Phone 3 dari segala macam bentuk goresan yang dapat merusak dan mengganggu layar HP. Tak hanya melindungi layar dari berbagai goresan, aksesoris ini juga telah dilengkapi dengan teknologi anti bakteri.

#7 Waist Pack dan Crossbody Pack

ASUS ROG Phone 3 The Ultimate Winner, HP Gaming Terbaik 25

Gak perlu repot jika Anda ingin keluar rumah dan membawa banyak aksesoris pendukung ROG Phone 3. Jadikan dalam satu wadah dengan Waist Pack & Crossbody Pack. Dengan adanya Pack ini mempermudah kita dalam berpergian. Cocok banget buat yang hobi mabar online di luar ruangan.

Kamera Terbaik dengan Hasil Jernih dan Tajam

ASUS ROG Phone 3 The Ultimate Winner, HP Gaming Terbaik 26

Tidak hanya unggul dalam Hal Gaming, ROG Phone 3 ternyata dibekali dengan kamera super jernih dan unggul. Hal ini berkat kombinasi tiga kamera yang disematkan di bagian belakang HP yang dirancangan untuk menangkap gambar dan merekam video.

ROG Phone 3 menggunakan sensor Sony IMX686 sebesar dengan resolusi 64 MP. Diikuti dengan 2 lensa lain yakni kamera ultra dengan lebar 13 MP dan sensor makro hingga 5 MP.

Sensor kamera ultra yang disematkan pada ponsel ini diklaim mampu mengambil foto pengguna dengan sudut yang luas yakni 125 derajat. Sedangkan untuk lensa makronya sangat berguna sekali untuk Anda mengambil foto close up dengan tetap menjaga ketajaman objek.

Apabila Anda merupakan salah satu videografer profesional, pastinya akan lebih menyukai fitur perekaman yang ditawarkan HP Gaming yang satu ini. Alasannya, Asus ROG Phone 3 sudah mendapat dukungan sistem perekaman video dengan resolusi hingga 8K dengan frame rate 30 fps. Tidak hanya itu, Anda bahkan bisa merekam 4K dengan kecepatan hingga 120 fps.

Sangat memenuhi untuk kebutuhan videografi dengan Frame Rate yang tinggi sehingga hasil video akan jauh lebih baik dan halus.

bagian depan terdapat lensa selfie yang cocok digunakan oleh pengguna yang suka narsis. ROG Phone 3 mengandalkan kamera dengan resolusi 24 MP.

Spesifikasi Kamera ROG Phone 3

Standard Camera

  • Sensor : Sony IMX686 Exmor RS
  • Resolution : 64 Mp
  • Type : CMOS
  • Aperture : ƒ/ 1.8
  • Pixel size : 0.80 µm
  • Sensor size : 1/1.7

Wide Angels lens

  • Sensor : Omnivision OV13855
  • Resolution : 13 Mp
  • Type : PureCel
  • Aperture : ƒ/ 2.4
  • Pixel size : 1.12 µm
  • Sensor size : 1/2.9

Macro lens

  • Sensor : Omnivision OV8856
  • Resolution : 5 Mp
  • Type : PureCel
  • Aperture : ƒ/ 2.0
  • Pixel size : 1.12 µm
  • Sensor size : 1/4

Selfie Camera

  • Sensor : Omnivision OV24B1Q
  • Resolution : 24 Mp
  • Type : PureCel
  • Aperture : ƒ/ 2.0
  • ISO : —
  • Pixel size : 0.90 µm
  • Sensor size : 1/2.83

Spesifikasi Asus ROG Phone 3

Tanggal Rilis di Indonesia: September 2020
Jaringan: 2G, 3G, 4G, dan 5G
SIM Card: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Ukuran layar: 6,59 inci dengan dilengkapi Corning Gorilla Glass 6
Berat: 240g
Chipset: Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G
CPU: 64-bit Octa-core Processor
GPU: Qualcomm Adreno 650
RAM: 8 GB, 12 GB, dan 16 GB
Storage: Up to 256 GB | UFS 3.1 ROM
Android OS: Android 10
Kapasitas Baterai: 6000mAh | support Quick Charge 4.0 dan PD Charging
Kamera: Kamera utama 64MP, Wide angle 13MP, Macro 5MP, Kamera Selfie 24MP
Warna HP: Black

Harga Asus ROG Phone 3

Bicara soal harga, Asus ROG Phone 3 dibandrol dengan beberapa varian tipe dan harga. Berikut adalah harga resmi ROG Phone 3 di Indonesia.

TipeHarga (Rp)
Asus ROG Phone 3 (8GB/128GB)9.999.000
Asus ROG Phone 3 (12GB/256GB)14.999.000

Tips Memilih Smartphone Gaming

ASUS ROG Phone 3 The Ultimate Winner, HP Gaming Terbaik 27

Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan ketika memilih HP terbaik untuk gaming. Alasannya, tidak semua HP bisa digunakan untuk bermain game. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Chipset

Chipset menjadi salah satu faktor penting untuk bisa menjalankan aplikasi dan game secara lancar tanpa kendala. Chipset adalah salah satu komponen penting yang bertanggung jawab atas performa sebuah ponsel.

Tanpa chipset yang mumpuni, aktivitas penggunaan HP akan terasa berat dan kurang mulus. Oleh karenanya Anda harus memilih HP dengan chipset yang dapat diandalkan untuk bermain game seperti Asus ROG Phone 3.

Prosesor

Sebenarnya ini merupakan bagian dari chipset. Semakin bagus prosesor sebuah HP maka semakin tinggi clock speed yang ditawarkan. Ia mampu memberikan performa lebih baik pada perangkat selular. Tidak hanya itu, arsitektur dan teknologi di di dalamnya sangat berpengaruh.

Pengelola Grafis

Untuk mendapatkan hasil gambar yang terbaik maka dibutuhkan GPU mumpuni. Pengelolaan grafis sangat berguna agar HP bisa mengeluarkan gambar terbaiknya. Dengan demikian pengalaman gaming penggunanya pun akan menjadi lebih baik dan seru.

RAM

RAM atau Random Access Memory adalah salah satu komponen yang tidak kalah pentingnya dan harus dipertimbangkan ketika membeli HP untuk gaming. Semakin besar RAM yang dibawa ponsel tersebut, maka akan semakin halus saat penggunanya menggunakan ponsel tersebut untuk berbagai pekerjaan dalam satu waktu, atau multitasking, misalnya ngegame sambil chatting, browsing atau aktivitas lainnya.

Memori

Tidak hanya memori internal saja, tetapi juga kapasitas memori eksternal juga tidak boleh sampai dilupakan. Ada banyak game bagus yang memiliki kapasitas besar, bahkan beberapa diantaranya ada yang sampai menghabiskan kapasitas penyimpanan. Untuk itu Anda harus memilih HP khusus gaming dengan kapasitas internal yang cukup dan bisa ditambah lewat memori eksternal tambahan.

Baterai

Tips pilih HP gaming selanjutnya adalah mengetahui kapasitas daya baterai. Pastikan untuk memilih HP dengan kapasitas baterai besar sehingga Anda bisa mendapatkan kenyamanan lebih ketika bermain game seharian.

Resolusi Layar

Saat bermain game, Anda pastinya ingin melihat gambar yang sempurna dan keren sehingga kegiatan bermain game pun lebih nyaman. Oleh karenanya Anda harus memikirkan tentang resolusi layar. Semakin besar resolusi layarnya, maka akan semakin nikmat sensasi bermain game.

Speaker

Speaker juga menjadi unsur wajib Anda jadikan acuan ketika memilih dan membeli HP untuk gaming. Silakan pilih perangkat dengan speaker yang mengarah ke depan. Tujuannya, agar tidak menghalangi Anda saat bermain.

Sistem Operasi

Pada dasarnya lancarnya performa perangkat yang digunakan sangat bergantung pada sistem operasi yang dimiliki. Pastikan untuk memilih HP dengan sistem operasi terbaru sehingga bisa dimanfaatkan saat bermain game dengan lebih lancar.

Sistem Pendingin

Terakhir adalah soal sistem pendingin perangkat. Dengan sistem pendingin yang berkualitas maka akan sangat membantu agar HP tidak cepat panas, atau mengalami overheat ketika digunakan bermain game dalam waktu lama.

Nah, itulah pembahasan kita tentang Asus ROG Phone 3 selengkapnya, cocok buat Anda yang gamar bermain game online. Dilengkapi dengan spek dan fitur unggulan, HP ROG Phone 3 diperuntukkan untuk menunjang kebutuhan bermain game. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *