Tips Sewa Bus

Bagi Anda yang ingin liburan atau memiliki acara sehingga membutuhkan Bus, Ada baiknya untuk mengetahui cara dan tips sewa bus yang aman dan nyaman.

Menyewa bus sebagai armada untuk berpariwisata memang susah-susah gampang. Pasalnya, ini terkait dengan orang banyak yang akan menjadi penumpang nantinya. Jangan sampai bus yang Anda sewa membuat para penumpang kecewa.

Perhatikan tips sewa bus berikut agar bus yang disewa sesuai dengan harapan.

Tips Sewa Bus yang Aman
Tips Sewa Bus yang Aman

Pemilihan Waktu

Sebelum menyewa bus, sebaiknya Anda perlu menentukan tanggal atau hari H terlebih dulu. Dalam jasa sewa bus pariwisata, biasanya akan mengalami peningkatan harga saat hari libur atau momen liburan panjang.

Misalnya, antara hari senin dan hari minggu, atau hari kerja dan saat liburan sekolah, perbedaan tersebut berpengaruh pada harga sewa bus.

Penentuan waktu atau tanggal keberangkatan harus sesuai kesepakatan dari seluruh penumpang atau rombongan. Untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau, Anda dan rombongan bisa memilih hari antara senin sampai kamis.

Jika harga sewa bukan menjadi masalah, maka Anda bisa memilih waktu di akhir pekan.

Tentukan Spesifikasi Bus

Selanjutnya yang penting Anda lakukan adalah menentukan spesifikasi bus sesuai kebutuhan. Misalnya jumlah kursi bus, tempat duduk, jumlah ini tentu disesuaikan dengan jumlah penumpangnya.

Kemudian kelengkapan fasilitas lainnya seperti AC, toilet, microfon untuk operator, dan sebagainya. Anda bisa mengunjungi situs website resmi dari agen sewa bus untuk memilih spesifikasi bus.

Selain melakukan survey melalui internet, Anda juga bisa melakukan survei secara langsung di lokasi. Hal ini berguna untuk memastikan bahwa bus yang akan Anda sewa benar-benar sesuai dengan harapan. Untuk perjalanan pariwisata, tentu kelengkapan fasilitas dan kenyamanan tempat duduk adalah 2 hal yang tidak boleh ditawar.

Survey bus harus dilakukan jauh-jauh hari sebelum hari H. Saat survei, sebaiknya jangan terburu-buru untuk memesan, karena biasanya petugas agen akan “merayu” agar Anda segera memesan tanggal keberangkatan.

Kantongi beberapa pilihan, lalu sampaikan pada rombongan penumpang. Setelah sebagian besar setuju, maka Anda bisa melanjutkan untuk memesan bus. Perlu diketahui bahwa harga bus akan berbeda sesuai dengan ukuran, spesifikasi, tipe dan jenis bus tersebut. Perlu diingat nih bahwa setiap tipe dan jenis bus memiliki spesifikasi dan fasilitas yang berbeda-beda.

Biaya Non Sewa

Tips sewa bus berikutnya, Anda harus memastikan terkait biaya-biaya lain diluar biaya sewa bus. Hal ini penting agar pada saat perjalanan wisata berlangsung Anda dan rombongan tidak terganggu oleh pengeluaran biaya lainnya. Misalnya tentang biaya jalan tol, biaya bensin, parkir, dan lain sebagainya.

Jika biaya-biaya tersebut dibebankan pada penyewa, maka Anda harus menambahkan anggaran sewa dengan anggaran non sewa tersebut. Sebaiknya Anda dan rombongan melebihkan anggaran setidaknya sebanyak 30%.

Trik ini berguna untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga, misalnya terjadi ban bocor atau yang lainnya.

Pemesanan Bus

Setelah Anda dan rombongan telah “deal” menjatuhkan pilihan bus, maka segera lakukan pemesanan. Pemesanan sebaiknya dilakukan tidak berselang lama dari survei, karena dikhawatirkan bus yang Anda pilih sudah dipesan oleh pelanggan lain.

Saat ini pemesanan bus sudah bisa dilakukan secara online melalui situs resmi dari agen sewa bus.

Selain secara online, Anda juga bisa memesan via telepon atau bisa juga dengan mendatangi langsung pada counter agen tersebut. Saat memesan, Anda harus perhatikan baik-baik tanggal yang ditentukan.

Jika perlu, Anda bisa meminta tanda bukti pemesanan agar bisa menjadi acuan jika sewaktu-waktu terjadi kesalahan. Pemesanan dilakukan setidaknya 1 bulan sebelum keberangkatan.

Hal ini menjadi tips sewa bus yang perlu Anda perhatikan. Pemesanan jauh-jauh hari ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak sesuai harapan.

Biasanya, jika memesan bus dilakukan secara mendadak maka pihak agen bus akan memberikan bus seadanya yang tidak memiliki kelengkapan fasilitas, sehingga membuat perjalanan menjadi tidak nyaman.

Sedang berada di Jawa Tengah dan butuh Jasa Sewa Bus Terpercaya ? Bisa banget dong cek artikel kita sebelumnya.

Pembayaran

Pembayaran dalam menyewa bus biasanya dilakukan secara bertahap. Anda bisa mengawalinya dengan down payment (DP) terlebih dulu.

Besaran DP pada masing-masing agen tentu berbeda, namun rata-rata DP sewa bus sekitar 30% dari harga sewa. Pastikan Anda telah mengantongi cukup dana untuk membayar DP ini.

Transaksi DP bisa melalui via transfer maupaun uang cash. Setelah selesai memberikan DP, pastikan bahwa Anda diberikan bukti pembayaran yang sah oleh petugas.

Simpan baik-baik bukti tersebut, jika perlu Anda bisa menyampaikan pada rombongan atau penumpang lainnya agar bisa mengetahui bahwa bus telah dipesan.

Pastikan Anda juga sudah mengetahui berapa harga bus secara umum untuk disewa untuk kebutuhan, jangan sampai overprice ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Mini Bus
SELENGKAPNYA

Jumlah Kursi Bus

Sebelum menyewa Bus, Ada baiknya kita mengetahui berapa Jumlah Kursi Bus dari setiap bus dengan beragam model, tipe…
Agrowisata Paloh Naga Deli Serdang
SELENGKAPNYA

Agrowisata Paloh Naga

Agrowisata Paloh Naga mendadak menjadi perbincangan yang hangat dibicarakan banyak orang khusus yang berada di Deli Serdang. Paloh…
Youtubers Indonesia
SELENGKAPNYA

YouTubers Indonesia

YouTubers Indonesia saat ini semakin banyak saja. Terbukti, semua orang berbondong-bondong untuk menjadi YouTuber untuk mengikuti berkembangan zaman.…
Travel Vlogger Indonesia Terkenal
SELENGKAPNYA

Travel Vlogger Indonesia

Travel Vlogger Indonesia menjadi sebuah profesi yang sangat diimpikan oleh beberapa orang. Bagaimana tidak, pekerjaan yang menyenangkan ketika…