5 Penyebab Server Website Down dan Cara Mengatasinya

Ketika terjadi kegagalan saat mengakses sebuah website, indikasi yang umum terjadi dikarenakan server mengalami down. Ada banyak penyebab server down yang tentunya sangat berpengaruh.

Lalu, bagaimana cara mengatasi server down yang tepat dan efektif agar hal tersebut tidak terjadi secara terus menerus.

Artikel ini akan menjawab permasalah tersebut secara detail. Mulai dari penyebab, cara mengatasinya dan mengecek sebuah server yang mengalami down. Sebelum akhirnya pemilik memutuskan untuk memperbaiki sendiri atau meminta bantuan ahli. Oleh karena itu, simak ulasannya sampai selesai.

Kalau bisa memperbaiki sendiri kenapa tidak bukan. Lumayan bisa menghemat pengeluaran mengingat membayar jasa khusus tidaklah sedikit sekalipun problemnya ringan.

Penyebab Website Down dan Cara Mengatasinya

Penyebab Website Down dan Cara Mengatasinya

Untuk dapat mengatasi permasalahan server down, pemilik website harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Sebelum mengetahui cara mengecek kerusakan, silahkan pahami penyebab server down dan cara memperbaikinya di bawah:

1. Kualitas Hosting Kurang Baik

Hal paling penting yang harus diperhatikan pemilik website yaitu kualitas hosting sebuah jasa layanan. Mungkin terlihat sepele bagi sebagian orang padahal kualitas akan sangat berpengaruh pada performa sebuah website.

Tidak hanya server down, kualitas hosting yang kurang bagus akan mempengaruhi banyak sistem kerja sebuah website. Namun harganya memang cukup mahal mengingat harga menentukan kualitas.

Kendati demikian, pemilik website bisa membeli paket hosting murah dengan kualitas terbaik. Apalagi kalau bukan di jasa layanan hosting Niagahoster. Harga hosting per tahun disini kurang dari 400 ribu untuk pemakaian pribadi, sedangkan untuk bisnis hanya 840 ribu saja.

Jangan sampai terlewat karena harga tersebut bukan harga normal melainkan harga promo. Jika sudah berakhir, maka harganya diatas 1 jutaan.

Jika ingin yang lebih murah, pemilik website juga bisa memilih paket VPS murah Niagahoster. Tidak perlu khawatir kualitasnya karena Niagahoster selalu memberikan yang terbaik.

2. Meningkatnya Trafik

Meningkatnya pengunjung sudah tentu membuat pemilik website senang karena dapat meraup penghasilan besar. Namun sayangnya jenis layanan hosting mempengaruhi kecepatan permintaan data jika kualitasnya kurang baik.

Apabila website digunakan untuk bisnis atau media nasional sebaiknya gunakan VPS sendiri tanpa berbagi dengan orang lain. Atau membeli paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan. Jika bingung memilihnya, Niagahoster juga menyediakan Customer Service bantuan 24 jam.

3. DNS Bermasalah

DNS berfungsi untuk memudahkan pengguna menemukan sebuah website melalui alamat IP yang dimasukkan. Apabila pemilik salah membuat pengaturan, maka perintah tersebut bisa saja mengarah ke website lain atau tidak berfungsi sama sekali.

Karenanya, pemilik bisa melakukan pengecekan untuk mengatur DNS ulang di cPanel. Kalau masih awam dan belum tahu caranya, silahkan hubungi pihak penyedia jasa untuk memperbaikinya.

4. Maintenance Server

Setiap penyedia layanan hosting seharusnya melakukan maintenance server secara rutin untuk memelihara sistem sebuah website. Baik update fitur sampai peralatan yang digunakan.

Lamanya perbaikan yang dilakukan jika terjadi kerusakan tergantung pada seberapa parah kerusakan tersebut. Oleh karena itu, penting untuk memilih jasa layanan yang profesional, sehingga kerusakan sangat jarang terjadi. Sekalipun maintenance biasanya dikerjakan saat jam sepi. Jadi tidak begitu mengganggu.

Namun kalau lama, maka pemilik website jadinya harus menunggu proses perbaikan serta menunda segala kegiatan yang sekiranya membutuhkan traffic tinggi. Misal memberikan promo atau kegiatan yang menarik perhatian pengunjung lainnya.

5. Serangan Hacker

Meskipun cukup jarang terjadi, tetapi serangan hacker yang berusaha mengambil alih domain juga bisa membuat server down. Karena biasanya hacker akan mengirimkan virus seperti malware, DDos, dan sebagainya untuk merusak sistem.

Caranya dengan mendatangkan pengunjung fake sebanyak mungkin supaya server kesulitan dan mengalami down karena kewalahan mengirimkan data yang diminta. Namun, kebanyakan serangan hacker ditujukan pada website yang memiliki sistem keamanan rendah.

Karenanya penting memberikan keamanan tinggi untuk website yang dimiliki apalagi digunakan untuk bisnis. Meski dalam paket hosting tersedia keamanan gratis SSL, sebaiknya beli keamanan tambahan untuk memberikan double security tinggi seperti CloudFlare.

Cara Cek Server Down dengan Mudah

Setelah mempelajari penyebab server down pada sebuah website untuk mengatasinya. Hal penting yang harus dilakukan adalah mengetahui bagian kerusakan server tersebut. Caranya dengan mengecek pada halaman khusus yang diberikan layanan hosting. Seperti melalui halaman Niagahoster Service Status jika menggunakan Niagahoster.

Dimana halaman akan menampilkan seluruh informasi kondisi setiap bagian layanan. Apabila tandanya hijau, maka dipastikan semuanya normal. Silahkan cek tiap layanan untuk melihat detail informasi. Baik itu VPS, Services, Mail Hosting, dan lainnya. 

Dalam halaman tersebut juga akan ada pemberitahuan apabila pihak layanan hosting akan melakukan perbaikan. Gunanya untuk mengantisipasi melakukan banyak kegiatan saat proses maintenance. Selain itu, tersedia pula pengecekan service menggunakan tools online. Untuk memastikan bahwa website yang dimiliki normal.

Langkah melakukannya juga sangat mudah. Cukup memasukkan URL situs yang akan dicek, maka akan tampil semua informasi. Misal response time, status, riwayat down serta waktu down. Bahkan terdapat cara mengatasi website down.

KESIMPULAN

Itulah informasi tentang penyebab server down dan bagaimana cara mengatasinya dengan mudah. Poin penting yang ditangkap dari semua penjelasan diatas yaitu wajib untuk memilih layanan hosting yang terpercaya, berkualitas, dan terbaik. Karena semua kerja sistem akan sangat berpengaruh pada kualitas layanan.

Dan Niagahoster adalah layanan terbaik yang sudah terkenal sejak dulu di Indonesia bahkan luar negeri. Jadi tidak usah ragu untuk mencoba layanan murahnya.

Hi, kenalin nama aku Fajri Alhadi, kamu bisa panggil aku Fajri atau Aji. Saat ini saya mendalami dunia Internet Marketing dibidang SEO dan Sosial Media.

Tinggalkan komentar