Bahaya! Begini Cara Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak

Perkembangan teknologi memang tidak dapat dibendung. Kita memahami hampir setiap bulan ada banyak produk dan inovasi teknologi yang terus berkembang di Dunia. Salah satu perkembangan yang cukup cepat datang dari lini Gadget.

Tentunya setiap perubahan dan kemajuan ada pro kontra di tengah masyarakat. Salah satunya adalah perkembangan : smartphone.

Dulunya kita hanya mengetahui HP hanya untuk sekedar menerima panggilan dan SMS. Namun, perkembangan teknologi dan komunikasi merubah itu semua. HP berevolusi menjadi Smartphone. Smartphone atau biasa disebut sebagai ponsel pintar memiliki beragam macam fitur dan fungsi yang sangat memudahkan pengguna.

Akan tetapi, perkembangan yang sangat cepat ini sering kali tidak terbendung oleh Orang Tua. Orang tua yang memiliki anak tidak mampu mengontrol dan membatasi penggunaan smartphone kepada anak mereka.

Hingga pada akhirnya, si anak pun kecanduan dengan smartphone. Penggunaan smartphone yang berlebihan untuk si anak dapat menimbulkan efek yang tidak baik untuk kesehatan. Peran orang tua sangat penting untuk menjaga hal tersebut agar tidak terjadi.

Bahaya! Begini Cara Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak 1

Tips Mengatasi Anak yang Kecanduan Smartphone

Berdasarkan pengalaman penulis, ada beberapa cara dan tips yang dapat dilakukan untuk mulai mengurangi dan mengatasi anak yang kecanduan terhadap smartphone.

1. Hindari Interaksi Menggunakan Smartphone

Berikan waktu terbaik Anda sebagai orang tua tanpa harus menggunakan smartphone. Kita mengetahui, sebagian orang tua menghabiskan banyak waktu di depan smartphone setelah berada di Rumah. Sehingga waktu untuk si buah hati sedikit dan hanya diberikan sebagai waktu sisa.

2. Bawa Main dan Lihat Lingkungan Sekitar

Jadwalkan diri, untuk mengajak si buah hati pergi main ke tempat yang dia suka. Anak-anak paling seneng dibawa berenang, ke taman, ke kebun binatang dan tempat rekreasi lainnya yang tanpa ada unsur smartphonenya.

3. Ajak Bicara dan Komunikasi secara Intens

Perbanyak durasi untuk bertemu dan berbicara dengan si anak. Buka opini dan obrolan apapun terkait dia. Berikan nasehat dan pencerahan yang positif, yang bisa ia terima dengan baik dan logis.

4. Batasi Penggunaan Smartphone dengan Aplikasi Tambahan

Pembatasan penggunaan HP dapat dengan mudah diatur dan disetting dengan menggunakan aplikasi tambahan. Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis di Playstore atau Appstore. Dengan menggunakan aplikasi ini, si anak akan dibatasi penggunaan smartphonenya. Sehingga kita sebagai orang tua gak perlu khawatir jika suatu saat HP terletak di ruang tamu dan sebagainya.

5. Awasi, jangan sampai kebablsan

Dimasa pandemik, banyak hal yang berubah ke dunia Online. Salah satunya adalah metode pembelajaran. Metode pembelajaran mengharuskan pesertanya menggunakan laptop/komputer/smartphone untuk belajar secara Daring.

Sebagai orang tua, kamu bisa awasi penggunaan smartphone tersebut. Jangan sampai dia kebablasan menggunakan smartphone untuk hal yang tidak produktif.

6. Konsisten, Komitmen dan Disiplin

Sebagai orang tua, kita pun harus komitmen dan disiplin akan penggunaan waktu smartphone kepada Anak. Jangan biarkan si anak bebas menguasi smartphone. Jika ini dilakukan, maka persentase kecanduan smartphone pada si anak akan lebih besar. Lebih baik mencengah daripada mengobati.

Tips ini saya bagikan berdasarkan pengalaman pribadi. Namun, jika Anda butuh informasi lainnya seputar kesehatan bisa berkunjung ke Halodoc.com, sekedar informasi bahwa Halodoc adalah situs dan platform kesehatan terpercaya. Disana Anda bisa menemukan berbagai macam solusi dari permasalahan kesehatan yang sedang dialami.

Jika Anda punya tips dan cara tambahan, boleh dong sharing juga melalui kolom komentar dibawah ya. Karena sebelumnya kita juga pernah share juga loh Tips Menjaga Kesehatan Mental Pada Remaja Semoga Bermanfaat~

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like