Lebih Mudah dan Praktis, Berikut Cara Bayar Pajak Mobil Melalui Samsat Digital Online

Sebagai warga negara Indonesia, membayar pajak adalah hal yang diwajibkan untuk semua masyarakat. Salah satunya adalah membayar pajak kendaraan baik itu motor ataupun mobil.

Membayar pajak kendaraan kamu tidaklah sulit, kamu bisa datang langsung ke Samsat untuk membayar pajak kendaraan mobil.

Namun kamu tidak perlu khawatir lagi. Sekarang sudah hadir Samsat Digital Nasional, yaitu aplikasi untuk membayar pajak kendaraan secara online, pastinya akan lebih mudah dan praktis karena membayar pajak kendaraan yang satu ini hanya dilakukan melalui smartphone pribadi kamu.

Samsat Digital Nasional ini resmi disediakan oleh Kepolisian Republik Indonesia, melayani kamu untuk membayar pajak kendaraan secara online, memperpanjang STNK, juga membayar sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalanan atau SWDKLLJ.

Jadi, kamu tidak perlu mengantri dan tidak akan telat membayar pajak kendaraan kamu lagi. Sangat mudah dan praktis, bukan?

Layanan ini memudahkan masyarakat untuk membayar pajak mobil kamu. Lebih mudah, praktis dan tidak ribet. Kamu tidak perlu lagi datang ke kantor Samsat dan tidak harus menunggu proses yang lama.

Lalu, bagaimana cara bayar pajak mobil melalui Samsat Digital Nasional?

Ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Pastikan kamu sudah memiliki aplikasi Samsat Digital Nasional. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan di Playstore. Selanjutnya, kamu perlu mengisi sejumlah data untuk tahap verifikasi. Kamu juga perlu memasukkan daftar kendaraan kamu yang memiliki kewajiban bayar setiap tahunnya.
  2. Pilih kendaraan yang sudah kamu tambahkan sebelumnya.
  3. Besaran ketetapan pajak kendaraan dan SWDKLLJ akan muncul secara otomatis.
  4. Selanjutnya kamu pilihlah opsi pengiriman atau tidak.
  5. Kamu akan mendapatkan kode bayar.
  6. Lalu kamu bisa melakukan pembayaran berdasarkan kode bayar melalui mitra penerima yang telah bekerjasama.
  7. Jika kamu sudah selesai melakukan pembayaran, maka bukti pembayaran dari mitra penerima.
  8. Selanjutnya, kamu akan mendapatkan bukti E-Pengesahan, E-TBPKP dan E-KD ada di dalam aplikasi.
  9. Jika di poin 4 kamu memilih opsi pengiriman, maka berkas-berkas bukti tersebut akan dikirimkan ke alamat kamu secara fisik. Berkas akan dikirimkan melalui PT Pos Indonesia.

Untuk pembayaran yang kamu lakukan, Samsat Digital Nasional ini telah bekerjasama dengan beberapa Mitra Penerima, diantaranya adalah Mandiri, BNI, BTN, dan 10 bank pembangunan daerah.

Itulah beberapa langkah mudah cara membayar pajak melalui Samsat Digital Nasional yang bisa mempermudah kamu membayar pajak mobil kamu.

Kamu tidak perlu lagi datang jauh-jauh ke Samsat dan mengantri lama, cukup duduk di kursi kamu dan buka smartphone pribadi kamu saja.

Bayar pajak mobil sudah menjadi kewajiban para pemilik kendaraan. Selain kewajiban membayar pajak, merawat mobil kamu juga adalah suatu kewajiban.

Bagi kamu para pemilik kendaraan yang satu ini, kamu perlu mengetahui bahwa memiliki asuransi mobil adalah salah satu kewajiban, karena kamu sebagai pengguna kendaraan tidak akan tahu kapan mobil kamu mengalami kerusakan, seperti bagian mobil yang penyok, hingga kerusakan-kerusakan pada mesin yang membuat kamu harus mengeluarkan sejumlah uang yang lebih.

Lifepal adalah salah satu perusahaan asuransi yang memiliki layanan asuransi yang lengkap, salah satunya adalah asuransi mobil. Manfaatkan layanan asuransi untuk membantu meringankan beban biaya perbaikan pada kerusakan mobil kamu.

Cek asuransi mobil 2022 untuk informasi lengkap mengenai asuransi mobil di Lifepal yang tentunya tersedia untuk membantu kamu mengelola keuangan terutama pengeluaran perawatan mobil kamu.

Hi, kenalin nama aku Fajri Alhadi, kamu bisa panggil aku Fajri atau Aji. Saat ini saya mendalami dunia Internet Marketing dibidang SEO dan Sosial Media.

Tinggalkan komentar