Mentor SEO Spesialis Halaman #1 Google Ahli Dibidangnya

Mentor SEO – Persaingan di dunia blogging saat ini semakin ketat. Orang yang berkecimpung menjadi blogger semakin banyak. Hanya blog berkualitas yang dapat menempati urutan teratas di laman hasil pencarian.

Cara yang digunakan untuk mendapatkan peringkat di Mesin Pencari adalah dengan menggunakan SEO.

Belum memahami apa itu SEO dan bagaimana cara kerjanya? Sepertinya Anda butuh seorang Mentor SEO untuk memberikan bimbingan.

Cara Memilih Mentor SEO yang Tepat

Mentor SEO Spesialis Halaman #1 Google Ahli Dibidangnya 1

Memilih mentor untuk belajar adalah hal yang sangat penting. Jangan sampai, Anda salah memilih mentor SEO.

Akibatnya tentu sangat FATAL ketika salah memilih mentor SEO. Anda bisa saja melewati waktu yang lebih lama untuk memahami sebuah keilmuan.

Belum lagi faktor lain yang bisa menghambat proses perkembangan Anda dalam memahami SEO.
Menggunakan jasa mentor atau seorang ahli SEO tentunya tidak gratis. Oleh karena itu, Anda harus memilihnya dengan benar. Ikuti panduan di bawah ini untuk mendapatkan mentor yang tepat.

1. Bergabung di Komunitas Blogger

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah bergabung dengan komunitas blogger. Umunya, komunitas seperti ini punya basis di setiap kota. Carilah informasi tentang komunitas atau perkumpulan blogging enthusiast di wilayah domisili Anda.

Sayangnya tak semua kota memiliki komunitas blogger. Carilah ke kota terdekat untuk menemukannya. Anda pun bisa mengikuti grup-grup di media sosial yang memiliki anggota para blogger.

Orang-orang yang tergabung dalam komunitas memiliki kemampuan dan keahlian yang berbeda. Di komunitas ini juga Anda dapat menemukan seorang yang ahli dalam bidang SEO. Mintalah orang tersebut untuk menjadi mentor.

2. Cari Orang yang Ahli dalam Blogging dan SEO

Ini adalah hal yang mutlak. Pilihlah Mentor SEO yang sudah memiliki jam terbang yang banyak dan ahli dibidangnya.

Pastikan bahwa Mentor SEO tersebut memiliki kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Lihat Rekam Jejak

Langkah selanjutnya dalam memilih mentor spesialis SEO adalah mencari rekam jejak. Rekam jejak atau portofolio bisa Anda lihat di blog orang tersebut. Selain itu, Anda juga bisa mencari rekam jejak calon mentor melalui media sosial.

Sebaiknya Anda mencari calon mentor yang punya pengalaman memenangkan kontes blogging.

4. Mulai Berkenalan

Sudah menemukan orang yang ahli di bidang SEO dan berpengalaman? Kini Anda harus mulai melakukan pendekatan dengan orang tersebut. Jangan salah sangka dengan istilah “pendekatan” tersebut.

Pendekatan di sini artinya berkenalan. Mulailah untuk menyapa dan mengajaknya berkenalan terlebih dahulu. Jangan sungkan untuk memulai. Rasa malu pasti ada tapi ingatlah tujuan awal Anda. Jangan sampai Anda melewatkan kesempatan hanya karena merasa rendah diri.

5. Tanyakan Kesediaan untuk Menjadi Mentor SEO

Perkenalan diri hanyalah sebuah awalan. Selanjutnya, Anda perlu berbincang guna memberitahu tujuan dan maksud Anda. Tanyakan juga apakah orang yang Anda pilih tersebut bersedia untuk menjadi mentor.

Jawabannya ada dua pilihan, yaitu bersedia dan tidak bersedia. Jika orang tersebut mau menjadi mentor untuk Anda, selamat! Tapi, jika orang pilihan Anda belum bersedia, jangan menyerah.

Tentunya orang tersebut punya alasan yang masuk akan untuk menolak Anda menjadi menteenya.
Carilah calon mentor baru jika pilihan pertama menolak. Inilah pentingnya menyediakan rencana cadangan sejak awal.

Setidaknya, Anda perlu menyediakan 2 nama cadangan untuk berjaga-jaga jika kandidat pertama menolak.

Peran Mentor SEO

Mentor SEO Spesialis Halaman #1 Google Ahli Dibidangnya 2

Peran seorang mentor tidak sama dengan SEO specialist. Tugas seorang mentor lebih mengarahkan seorang mentee. Berbeda dengan SEO specialist yang tugasnya menangani optimalisasi sebuah website atau blog. Supaya lebih memahami peran seorang Mentor SEO, perhatikan penjelasan berikut.

1. Mengajarkan Konsep Dasar SEO

Mentor SEO berperan untuk memberikan pengetahuan dasar tentang apa itu SEO.
Diawali dengan perkenalan tentang SEO, seperti cara kerja search engine dan apa itu SEO.

Seorang mentor harus menanamkan pemahaman kepada mentee bahwa SEO bisa dilakukan dari dua sisi. Pertama, SEO on page dan kedua SEO off page.

2. Memberikan Pelatihan SEO

Ada banyak sekali informasi tentang metode SEO yang beredar di internet. Namun bukan berarti metode-metode tersebut bisa dijalankan di semua blog dan website. Di sinilah peran mentor dibutuhkan.

Mentor wajib melakukan analisis terhadap blog atau website yang dimiliki oleh mentee. Dengan begitu, mentor akan memberikan metode yang tepat. Anda pun akan dilatih dengan menggunakan metode sesuai hasil riset mentor tersebut.

3. Memberikan Update Informasi Tentang SEO

Tak semua SEO specialist adalah mentor. Namun seorang mentor sudah pasti SEO specialist. Mereka pasti memiliki sebuah komunitas atau grup yang beranggotakan orang-orang seprofesi. Tak heran jika seorang mentor lebih up to date dibandingkan kebanyakan blogger.

Anda tak perlu khawatir akan ketinggalan informasi tentang SEO selama masih ada mentor. Selain memberikan pelatihan, mentor juga wajib memberikan informasi terkini mengenai SEO. Sebab hal tersebut berkaitan erat dengan website atau blog yang sedang Anda bangun.

4. Memberikan Rekomendasi SEO Tools

Sebenarnya di internet juga bertebaran informasi mengenai SEO tools yang dapat Anda pakai. Ada tools open source dan banyak juga yang berbayar. Anda bebas memilih tools ini sesuai kebutuhan. Mungkin memilih tools lebih mudah dilakukan oleh orang yang sudah profesional. Bagaimana dengan pemula?

Inilah alasan mengapa seorang pemula disarankan untuk mempunyai mentor. Tujuannya adalah memberikan rekomendasi tools yang tepat sesuai kebutuhan.

Manfaat Memiliki Mentor SEO

Ada banyak manfaat ketika Anda memiliki Mentor SEO yang kompeten dibidangnya.

1. Mendapatkan Bantuan Profesional

Sejak awal sudah disebutkan bahwa seorang mentor adalah profesional di bidangnya. Ilmu dan pengetahuannya sudah teruji. Jika Anda memiliki mentor, secara otomatis Anda akan dibantu oleh profesional. Jadi, Anda tak perlu meraba-raba bagaimana cara mengoptimalkan blog atau web.

2. Blog Menjadi Lebih Cepat Berkembang

Seorang Mentor SEO tak hanya akan memberikan pelatihan tentang ilmu dasar. Anda pun akan dilatih untuk menulis konten yang baik, serta mengelola blog dengan cara yang benar. Selain itu, blog pun akan lebih optimal karena pemakaian SEO tools.

Beberapa faktor di atas akan membantu peningkatan peringkat blog Anda di laman hasil pencarian. Tak perlu waktu lama, blog Anda pun akan segera menempati halaman pertama. Bahkan menjadi yang rangking 1.

3. Tak Bergantung pada Profesional

Mentor tak akan selamanya mendampingi Anda. Ketika dirasa sudah mampu untuk mengelola blog sendiri, Anda bisa lepas dari tangan mentor.

Artinya, Anda akan menjadi profesional berkat bantuan mentor. Tak menutup kemungkinan Anda pun akan menjadi mentor di masa yang akan datang. Kuncinya adalah jangan pernah berhenti untuk belajar. Sebab SEO berkembang dengan sangat pesat dan perubahan bisa terjadi sewaktu-waktu.

Leave a Comment