Tips HR: Aspek Penting Dalam Manajemen Waktu Kerja

HRD bertanggung jawab untuk mengelola kinerja karyawan secara efektif dan efisien. Namun, dibutuhkan manajemen waktu kerja yang baik guna terciptanya kinerja yang berkualitas dan sesuai kebutuhan perusahaan.

Dengan begitu, dapat dikatakan jika manajemen waktu kerja adalah aspek penting jika HRD ingin memaksimalkan kinerja karyawan. Apa saja aspek penting yang harus diperhatikan dalam manajemen waktu karyawan?

Tips HR: Aspek Penting Dalam Manajemen Waktu Kerja 3

Regulasi Ketenagakerjaan

Hal pertama yang paling penting dalam pengelolaan jam kerja karyawan adalah memahami regulasi ketenagakerjaan yang berlaku. Mengapa demikian? Sebab, pengelolaan sumber daya manusia dalam setiap perusahaan harus mengikuti UU Ketenagakerjaan untuk terciptanya lingkungan kerja yang adil, harmonis, dan saling menguntungkan antara pihak karyawan dan perusahaan.

Kebutuhan Perusahaan

Aspek selanjutnya yang patut diperhatikan adalah mengenai kebutuhan perusahaan. Setiap perusahaan kebutuhan yang berbeda tergantung di sektor apa perusahaan beroperasi. Contohnya, perusahaan perbankan mungkin hanya menetapkan jam kerja 8 pagi – 6 sore di setiap kantor cabangnya. Sementara perusahaan manufaktur pasti akan memiliki jam kerja yang lebih padat dan menetapkan sistem shift untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Ketersediaan Karyawan

Karyawan adalah kunci penting dari operasional perusahaan. Maka, HRD perlu memastikan ketersediaan karyawan dalam pengelolaan waktu kerja. Pastikan setiap karyawan yang ditempatkan di setiap lini perusahaan mampu dan bersedia untuk ditempatkan di waktu tertentu. Khususnya jika perusahaan merupakan perusahaan yang menerapkan sistem kerja shift.

Sistem Pengelolaan

Sistem pengelolaan tidak kalah penting dalam manajemen waktu kerja adalah bagaimana cara perusahaan mengelola jam kerja tersebut. Sistem pengelolaan akan mempengaruhi optimalisasi pengelolaan kinerja karyawan. Jumlah karyawan yang terlalu banyak sering kali menyulitkan HRD dalam mengelola karyawan dengan optimal.

Salah satu cara mudah dalam mengelola karyawan adalah dengan menggunakan time management system dari LinovHR. Melalui modul time management system, pengelolaan waktu kerja dapat lebih efektif, cepat, dan akurat. Anda tidak lagi perlu berkutat dengan dokumen fisik yang merepotkan dan memakan waktu lama.

Media Penyimpanan

Metode penyimpanan pun tidak kalah penting dalam manajemen waktu kerja. Biasanya, cara manual mengandalkan dokumen kertas atau file spreadsheet untuk perusahaan yang menggunakan mesin finger print. Namun, media penyimpanan tersebut sesungguhnya tidaklah efektif karena setiap perubahan data yang ada tidak berlangsung secara real time. Jadi, pastikanlah jika media penyimpanan dalam manajemen waktu kerja merupakan media yang mampu menyimpan banyak data dan real time.

Itulah beberapa aspek penting yang harus Anda perhatikan dalam manajemen waktu kerja. Dengan manajemen waktu kerja yang efektif, Anda dapat memaksimalkan kualitas kinerja dan operasional perusahaan. Sehingga keberlangsungan perusahaan pun juga akan terjaga. Semoga tips di atas dapat bermanfaat!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
STIFIn Test
Read More

Tes STIFIn

Tes STIFIn – Disebut-sebut sebagai mesin tes kecerdasan, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan  Tes STIFIn ? Meskipun…