Bagaimana Memanfaatkan Domain untuk Bisnis Anda ?

Bagaimana memanfaatkan domain untuk bisnis Anda? Ini adalah kalimat yang banyak dipertanyakan, terutama oleh mereka yang ingin meng-online-kan bisnisnya. Oleh karenanya Anda harus simak baik-baik ulasan berikut ini untuk mengetahui jawaban selengkapnya.

Sebenarnya apapun jenis bisnis yang Anda jalankan, di era digital seperti sekarang sudah seharusnya sebuah bisnis memiliki kehadiran di internet, dengan begitu bisnis Anda akan dikenal lebih banyak orang. Tidak heran jika pada akhirnya semakin banyak saja pebisnis yang meng-online-kan bisnisnya dengan mengeluarkan effort yang besar dan banyak uang.

Cara yang bisa ditempuh di sini adalah dengan membuat sebuah website, namun untuk membuat website bisnis tentu butuh domain. Pada dasarnya domain menjadi elemen terpenting untuk website bisnis.

Sebab, domain akan menjadi identitas digital untuk merepresentasikan bisnis Anda di dunia maya. Oleh karenanya, pastikan Anda sudah memilih nama domain yang tepat, yakni yang membuat brand bisnismu mudah diingat oleh seseorang.

Bagaimana Memanfaatkan Domain untuk Bisnis Anda? Ketahui Jawabannya Disini!

Membuat Sebuah Website Bisnis

Contoh Website Bisnis
Contoh Website Bisnis

Seperti yang sudah kami singgung di awal, untuk membuat website bisnis langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan nama domain yang tepat untuk bisnis Anda tersebut.

Domain sendiri berfungsi untuk memudahkan pengguna di internet ketika melakukan akses ke website. Tidak hanya digunakan untuk mengingat nama website yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit, atau yang biasanya dikenal sebagai alamat IP.

Tak hanya membutuhkan Domain, untuk membuat sebuah situs bisnis juga dibutuhkan Hosting.

Ibaratkan sebuah Rumah, Hosting adalah tempatnya dan Domain adalah Alamat rumah kita.

Ada banyak jenis hosting yang dijual di Pasaran, mulai dari hosting murah hingga hosting mahal. Semua itu tergantung tempat dimana Anda akan berlangganan Hosting.

Kembali ke pokok pembahasan di awal, untuk membuat website Anda bisa mencoba memanfaatkan website builder satu ini, yakni Rumahweb. Website builder adalah alat khusus yang memungkinkan Anda untuk membuat halaman website dengan mudah, tanpa pengetahuan mengenai HTML atau pun PHP.

Nah, fasilitas yang ditawarkan Rumahweb, yakni memudahkan Anda untuk membangun website sendiri dengan mudah dan cepat.

Tidak sama seperti website builder lainnya, Rumahweb meletakkan standar terbaru layanan hosting terbaik di Indonesia yang support 24 jam. Adapun layanan yang ditawarkan di Rumahweb antara lain sebagai berikut.

  1. Cloud Powered (Web Hosting), Ini adalah layanan website hosting terbaik dengan teknologi Cloud. Melalui layanan tersebut Anda bisa mendapatkan gratis SSL.
  2. Solusi Praktis (Pembuatan Website), Lalu untuk layanan yang berikut ini bisa dimanfaatkan pada saat Anda butuh jasa pembuatan website instan 2 hari jadi, atau membuat sendiri gratis dengan website builder Rumahweb.
  3. Registrasi (Nama Domain), Untuk memberikan perlindungan yang maksimal pada brand, nama perusahaan, atau nama produk caranya mudah sekali, Anda hanya perlu mendaftarkan domain bisnismu sebelum didahului oleh orang lain melalui layanan Rumahweb satu ini tentunya Domain murah yang sangat terjangkau.
  4. Cloud Server (Virtual Private Server), Ini adalah layanan VPS atau Cloud Server berbasis Virtuozzo. Layanan yang ditawarkan Rumahweb tersebut cocok untuk kebutuhan hosting dengan kehandalan dan resource yang terjamin.
  5. Business Solution (Email & Collaboration), Melalui layanan yang berikut ini Anda bisa memilih solusi Google Apps for Work atau Flock Mail, sebagai solusi email dan kolaborasi bisnis atau perusahaan Anda.
  6. Trust & Security (SSL Certificate). Lalu untuk yang terakhir ini cocok untuk meningkatkan rasa kepercayaan para pengunjung dan keamanan transaksi pada website bisnis Anda, juga membantu meningkatkan ranking di Google.

Memiliki Alamat Email dengan Nama Domain Sendiri

Email Domain
Email Domain

Dimaksud dengan memiliki alamat email dengan nama domain sendiri di sini adalah alamat email tersebut dibuat terpisah dari server website bisnis, dengan begitu performa akun email yang seperti ini akan terjaga dengan baik. Kabar baiknya, dengan memiliki alamat email dengan nama domain sendiri akan memberikan penilaian dan reputasi tersendiri bagi bisnis Anda.

Sebab, yang demikian semakin membuat bisnis Anda terlihat profesional, baik di mata sesama pebisnis atau pun pelanggan. Karena bagaimana pun alamat email yang disertai nama domain akan memberi efek percaya yang lebih kepada si pengirim email daripada Anda menggunakan email dengan nama domain gratis, seperti Yahoo.com atau Gmail.com. Manfaat lain adalah alamat email dengan nama domain tersebut juga bisa digunakan untuk branding.

Salah satu contoh penggunaan Email domain seperti : info@fajrialhadi.com

Menjadikan Laman Social Media Sebagai Homepage Tanpa Harus Membuat Website

Social Media Sebagai Homepage
Social Media Sebagai Homepage

Ya, saat ini keberadaan social media hampir sama pentingnya dengan memanfaatkan website untuk bisnis Anda. Bagi sebagian orang lebih memilih untuk bisa memfokuskan bisnisnya pada satu hal, misalnya website misalnya. Tapi bagi yang lain, tidak ada salahnya juga untuk membangun profil di social media yang sehat.

Namun meskipun demikian, pastikan social media Anda jadikan sebagai homepage tersebut bisa tampil seprofesional dan semenarik mungkin. Sama seperti pada saat Anda akan membuat website bisnis, akun social media Anda juga harus memiliki nama dari brand bisnismu.

Cara ini akan mendatangkan keuntungan yang lebih besar lagi, apalagi jika ternyata database pelanggan Anda lebih banyak berkutat di social media. Oleh karenanya Anda tidak perlu lagi harus ragu untuk memanfaatkan social media dengan nama domain bisnis Anda untuk memforward pelanggan dan konsumenmu.

Domain Forwarding ke Marketplace atau Toko Online

Domain ke Marketplace
Domain ke Marketplace

Tidak jauh berbeda pada saat Anda akan menjadikan laman social media sebagai homepage, alternatif lain adalah meneruskan domain (domain forwarding) ke laman marketplace atau toko online.

Domain Forwarding ini sangat cocok digunakan untuk Anda yang mempunyai bisnis online di MarketPlace. Anda cukup setting domain Anda dan alamat URL lapak marketplace yang Anda miliki.

Sehingga ketika Anda memasukkan Domain Anda, secara otomatis akan diarahkan ke lapak yang ada di MarketPlace.

Namun meskipun demikian, hal tersebut tentu saja bisa dilakukan apabila Anda memang lebih banyak berkutat di markeplace. Dengan cara inilah maka akun jualan Anda akan jauh lebih menonjol dari yang lain.

Pada dasarnya bagi semua penjual online di berbagai marketplace, seperti Tokopedia, Elevenia, Bukalapak, BliBli, Lazada, Shopee, dan lain-lain, Anda bisa menggunakan nama domain sendiri untuk menjadi nama toko online Anda. Memiliki nama domain menjadi salah satu langkah paling mudah untuk mengenalkan toko onlinemu.

Silakan cantumkan saja di berbagai media promosi baik online atau offline, dengan begitu brand atau produk maupun perusahaan Anda akan semakin dikenal oleh khalayak luas.

Sebagai contoh :

  • Domain Bisnis Anda : mariberjualan.com
  • URL Lapak Jualan di Marketplace : marketplace.com/user/fajri

Dengan Adanya Domain Forwarding ini sangat membantu Anda dalam penyebaran informasi dan promosi lapak yang ada di Marketplace dengan mudah diingat dan cepat. Sebab ketika pengguna akses domain mariberjualan.com, secara otomatis akan diarahkan ke halaman jualan marketplace Anda.

Menggunakan fitur Domain forwarding ini, pengguna tidak memerlukan hosting karena bisa langsung di atur di bagian panel domain manager. Meski demikian, tetap saja Ada yang butuh Hosting unlimited untuk memenuhi bisnis dan usaha mereka.

Berikut ini ada beberapa tips penting memilih nama domain untuk bisnis yang perlu Anda ketahui.

  1. Tips yang pertama adalah memastikan nama domain untuk bisnis Anda tersebut mudah dieja dan mudah diingat. Selain itu, pastikan nama domain tersebut juga masih berkaitan dengan bisnis yang Anda jalankan.
  2. Sangat disarankan sekali agar Anda membuat brand atau merk bisnis sendiri. Sebab, dengan adanya nama brand inilah maka orang-orang akan lebih serius untuk mempertimbangkn karya-karya yang Anda buat.
  3. Pada dasarnya ada batasan maksimum dalam pembuatan nama domain untuk sebuah website, yakni 63 karakter. Namun meskipun demikian bukan berarti Anda harus membuat nama domain dengan panjang hingga 63 karakter. Sebaiknya bukan nama domain yang singkat tetapi mudah diingat.
  4. Memilih ekstensi domain yang tepat untuk bisnis Anda.
  5. Nama domain untuk bisnis yang ideal adalah yang singkat dan mudah diingat. Beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam memastikan pemilihan nama domain adalah dengan menghindari angka, tanda penghubung, dan akronim.
  6. Terakhir adalah dengan menemukan dua kombinasi kata yang kreatif dan unik secara lisan.
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Theme WP Terbaik
SELENGKAPNYA

Theme WP Terbaik

Meskipun tujuan awal kamu adalah mencari theme WP terbaik, tapi tidak ada salahnya juga untuk memilih theme WP…
Belajar Google Adsense dari Pemula Hingga Mahir
SELENGKAPNYA

Panduan Belajar Adsense

Mendulang dollar dari internet memang terlihat menggiurkan, tapi hal tersebut tentu saja tidak bisa dilakukan dengan mudah dan…