Cara Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak dengan Cepat untuk Pemula

Mampu berbahasa Inggris adalah suatu keharusan di zaman modern ini. Agar dapat memiliki skill tersebut, Anda harus mempelajari bahasa Inggris sejak dini. Ada banyak cara belajar bahasa Inggris yang mudah untuk dilakukan sehingga Anda dapat menguasai bahasa ini dengan cepat.

Setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Dengan banyaknya cara atau metode belajar ini, Anda dapat memilih metode yang paling pas dengan gaya belajar anda. Kesesuaian ini akan membuat belajar semakin menyenangkan dan efektif.

Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat

Cara Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak dengan Cepat untuk Pemula 3

Bisa menguasai bahasa Inggris dalam waktu cepat merupakan keinginan semua orang yang sedang mempelajari bahasa ini. Untuk mencapai tujuan ini, Anda perlu melakukan beberapa hal.

Rajin Membaca Bahasa Inggris

Membaca teks bahasa Inggris (berita, cerpen, atau novel) setiap hari dapat membantu Anda cepat menguasai bahasa Inggris. Dengan membaca teks ini, Anda akan menemukan banyak kosakata baru sehingga perbendaharaan kata anda akan semakin kaya.

Teks tersebut secara tidak langsung juga membantu Anda belajar grammar. Memang teks ini tidak akan memberi Anda rumus-rumus grammar, namun pengaplikasian grammar pada teks akan membuat Anda paham cara menggunakannya.

Sering-Sering Dengarkan Podcast

Jika membaca membantu Anda memahami bahasa Inggris tertulis, maka sering mendengarkan podcast dapat membantu Anda memahami teks lisan. Podcast tidak hanya mengasah kemampuan listening namun juga membantu Anda mengetahui pengucapan kata yang tepat.

Belajar Kosakata dan Membuat Kalimat

Memiliki banyak perbendaharaan kata bahasa Inggris sangat penting bagi Anda yang sedang mempelajari bahasa ini. Hal tersebut dapat membantu Anda mengungkapkan apa yang dipikirkan. Selain itu, kosakata yang Anda miliki juga berguna sekali dalam Percakapan Bahasa Inggris.

Selain memahami arti kosakata beserta imbuhannya, Anda juga harus bisa merangkainya menjadi kalimat. Dengan demikian, Anda harus belajar menulis kalimat secara rutin. Karena hal ini tak lepas dari grammar, maka Anda juga perlu memahaminya.

Ikut Kursus Bahasa Inggris

Ketiga cara belajar sebelumnya hanya dapat meningkatkan kemampuan reading, listening, dan writing. Untuk bisa berbahasa Inggris dengan sempurna, Anda juga harus bisa berbicara dalam bahasa ini.

Kemampuan tersebut agak sulit dicapai tanpa bantuan orang lain sebagai partner percakapan. Namun, hal ini dapat diatasi dengan cara ikut kursus bahasa Inggris. Kursus atau les memungkinkan Anda untuk melatih percakapan dengan bantuan guru dan teman.

Les bahasa Inggris juga dapat membantu Anda memiliki perbendaharaan kata yang lebih banyak, memahami grammar dan cara menulis kalimat, serta menguatkan kemampuan listening. Salah satu kursus yang kami rekomendasikan yaitu : Kursus Bahasa Inggris EF Adult

Cara Belajar Bahasa Inggris Otodidak yang Efektif

Belajar bahasa Inggris secara otodidak atau tanpa bantuan guru bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan jika Anda memiliki tekad yang kuat. Beberapa trik efektif belajar otodidak yang dapat Anda lakukan adalah:

Gunakan Teknologi yang Ada

Dahulu, cara belajar bahasa Inggris otodidak memang cukup menantang. Namun dengan kemajuan teknologi saat ini, Anda dapat melakukannya dengan lebih mudah. Ada banyak aplikasi belajar, e-book, dan website yang bisa digunakan sebagai sumber belajar.

Teknologi pembelajaran tersebut memungkinkan Anda untuk belajar bahasa Inggris melalui video, game, podcast, worksheet, dll. Sehingga, Anda pasti tidak akan pernah kehabisan bahan untuk dipelajari.

Siapkan Kamus

Kamus, baik elektronik maupun konvensional, sangat berguna saat Anda menemui kata sulit ketika membaca berita atau novel bahasa Inggris. Jangan lupa untuk mencatat kata ini beserta imbuhan dan artinya sehingga nanti Anda dapat menjadikannya sebagai bahan hafalan.

Tentukan Target dan Jadwal Belajar

Agar Anda dapat menguasai bahasa Inggris dengan cepat, Anda perlu menetapkan target dan jadwal belajar. Target tersebut bentuknya bisa bermacam-macam, contohnya menghafal 10 kosakata baru setiap hari dan menggunakan kata-kata tersebut untuk membuat kalimat.

Disiplin

Tanpa kedisiplinan, Anda tidak akan bisa menguasai bahasa Inggris secara otodidak dengan cepat. Oleh karena itu, Anda perlu disiplin dalam meraih target dan mengikuti jadwal yang telah ditentukan.

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Aplikasi bahasa Inggris tersedia di Google Play Store dan App Store dalam jumlah yang melimpah. Anda dapat dengan leluasa memilih aplikasi yang menurut Anda cocok dengan gaya belajar anda. Selain bisa diinstal di smartphone secara gratis, beberapa aplikasi tersebut juga dapat diinstal di PC.

Beberapa aplikasi bahasa Inggris yang direkomendasikan adalah Duolingo, Hello English, Bussu, Memrise, Cake Learn English, dan LingoDeer. Aplikasi pembelajaran ini memungkinkan Anda untuk belajar bahasa Inggris dengan lebih menyenangkan, praktis, dan murah.

Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Jika Anda adalah seorang pemula, cara belajar bahasa Inggris yang paling tepat adalah memulainya dengan mempelajari vocabulary dan tenses. Sambil memperkaya vocabulary, Anda juga perlu rutin membaca teks tertulis dan mendengarkan teks lisan berbahasa Inggris.

Setelah Anda mulai bisa memahami teks lisan maupun tulisan, Anda perlu belajar menulis kalimat dan bercakap-cakap dalam bahasa Inggris. Sambil mempelajarinya sendiri, Anda sebaiknya juga juga ikut les atau kursus bahasa Inggris agar hasilnya lebih sempurna.

Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Anak SD, SMP dan SMA

Anak-anak sekolah memang sudah mendapat pelajaran bahasa Inggris dari guru sekolah mereka. Cara belajar mereka biasanya disesuaikan dengan kurikulum. Jika Anda memiliki anak usia sekolah, Anda sebaiknya melakukan reinforcement melalui aplikasi belajar atau les tambahan.

Aplikasi dan les tambahan dapat membuat mereka lebih mudah memahami pelajaran bahasa Inggris di sekolah. Keduanya juga dapat membantu anak memperoleh skill bahasa Inggris dengan lebih cepat.

Cara Belajar Bahasa Inggris dari Film

Gaya belajar ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai film berbahasa Inggris. Ketika belajar bahasa Inggris dari film, jangan lupa untuk menontonnya tanpa subtitle Indonesia. Dengan demikian, pemahaman bahasa Inggris anda akan semakin baik.

Cara belajar ini sangat efektif untuk meningkatkan perbendaharaan vocabulary dan belajar untuk mengucapkan kata bahasa Inggris dengan tepat. Agar cara ini berjalan dengan terstruktur, mulailah dengan film pendek yang mudah dipahami dan kemudian dengan film  yang lebih sulit dipahami.

 

Cara Belajar Bahasa Inggris Online

Jika Anda tinggal di tempat yang jauh dari lembaga kursus bahasa Inggris, kursus online bahasa Inggris menjadi pilihan yang paling tepat. Beberapa platform kursus online menawarkan kelas Inggris online yang cukup baik.

Anda juga dapat ikut kelas online yang ditawarkan oleh lembaga kursus Inggris yang sudah lama berdiri. Lembaga yang berpengalaman ini biasanya memiliki kurikulum yang sudah teruji dapat meningkatkan penguasaan bahasa Inggris dengan cepat dan guru profesional yang memberikan kelas online menarik.

Cara Belajar Bahasa Inggris Lewat Lagu

Anda dapat mempelajari bahasa Inggris melalui berbagai hal, misalnya lagu berbahasa Inggris. Cara belajar ini sangat cocok bagi orang-orang dengan gaya belajar auditory atau mengandalkan pendengaran.

Ketika mempraktikan cara belajar ini, Anda tidak hanya mendengarkan dan menghafal lagu saja. Namun, Anda perlu mencatat lirik lagu yang di dengar. Sehingga, Anda dapat lebih memahami vocabulary, tenses, grammar, pengucapan, dan makna lagu yang didengar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like