Flip, Cara Mudah Transfer Uang Beda Bank Gratis Tanpa Biaya

8

Flip, Cara Mudah Transfer Uang Beda Bank Gratis Tanpa Biaya – Menjadi sebuah kendala dan permasalahan ketika kita ingin transfer uang ke orang yang kita tuju  dengan berbeda bank. Banyangin aja nih untuk satu kali transaksi lintas bank (transfer beda bank) akan dikenakan biaya 6000-7000an. Jika dalam sehari terdapat lebih dari 1x transaksi, bisa dihitung berapa banyak biaya yang akan dikeluarkan untuk fee transfer beda bank tersebut.

Solusi Transfer Uang Beda Bank Tanpa Biaya Gratis

Oleh sebab itu, permasalah tersebut sebenarnya bisa diatasi dengan banyak cara, diantaranya :

1. Punya Banyak Bank

Untuk permasalahan trasnfer beda bank, kamu bisa buat bank sebanyak-banyaknya. Tapi bakalan timbul pertanyaan buat apa punya banyak bank cuma buat transfer doang ? Belum lagi biaya administrasi tiap bulan dan masih banyak hal yang lainnya.

2. Pinjem ATM teman

Solusi kedua yaitu Pinjem ATM temen. Tapi ya tetap kamu harus ganti nominal transfer dengan uang yang kamu miliki. Tapi gak semua temen kamu kan mau minjemin ATM mereka apalagi karena takut gak dibayar haha.

3. Transfer Tunai melalui Bank

Solusi ketiga yaitu Transfer tunai yang dapat dilakukan di Bank. Transfer tunai disini, kamu harus datang ke bank terlebih dahulu, mengisi form penyetoran dan pastinya membawa uang yang akan di transfer. Kendala yang dihadapi adalah ketika urgent dan diluar jam kerja. Pastinya kamu harus menunggu hingga jam kerja kembali beroperasi.

Dari ketiga solusi diatas, pasti rada ribet ya. Harus minjem temen, harus ke atm, harus buka buku tabungan lagi dan pastinya akan menambah biaya lagi. Tapi jangan khawatir, sekarang udah ada solusi yang lebih praktiss dan gratis untuk bisa transfer uang beda Bank yaitu dengan menggunakan Flip.

Apa itu FLIP ?

Flip.id adalah sebuah platform layanan berbasis aplikasi mobile yang memberikan layanan transfer antar bank berbeda tanpa biaya alias gratis. Cukup unduh dan instal aplikasinya ke smartphone kamu dan rasakan kemudahan transfer uang beda bank hanya dengan beberapa kali sentuhan saja.

Cara Daftar Flip.id

Untuk melakukan pendaftaran sama saja seperti pada umumnya, kita membutuhkan email dan password untuk masuk ke dalam sistem. Akan tetapi untuk dapat menggunakan layanan bebas biaya transfer di flip kamu wajib melakukan verifikasi terlebih dahulu. Ada 2 cara yang dapat dilakukan apabila kamu ingin verifikasi akunnya, yaitu dengan cara :

  1. Verifikasi Tatap Muka Langsung
    Kamu bisa langsung hubungi verifikator yang ada di kota kamu. Biasanya sih buat kamu yang di kotanya tidak tersedia Alfamart, kamu bisa langsung menggunakan verifikasi Tatap Muka melalui verifikator Flip yang ada di kota kamu. Jangan lupa untuk bawa kartu identitas diri seperti KTP, SIM, Paspor dan lain sebagainya. Oh ya khusus untuk verifikasi tatap muka langsung ini gratis yak tidak dikenakan biaya.
  2. Verifikasi melalui Alfamart
    Buat yang gak pengen ribet, bisa langsung ke Alfamart. Bawa KTP + Fotokopi KTP dan uang 4rb ya buat verifikasinya. Ntar kamu datang ke alfamart terus bilang mau verifikasi Flip. Oh ya tidak semua Alfamart support melakukan verifikasi Flip. Jangan khawatir, Flip telah menyediakan list Alfamart mana saja yang sudah support dalam melakukan verifikasi Flip.

Kamu bisa pilih nih metode verifikasi mana yang dirasa aman dan bikin nyaman.

Bagaimana Cara Kerja Flip ?

Pasti banyak yang bertanya-tanya bagaimana sih cara kerja flip sampai pada akhirnya tidak ada biaya transfer beda bank. Baik, biar lebih paham perhatikan gambar alur dibawah ini.

Cara Kerja Flip.id

Bagaimana, sudah memahami alur diatas ? Jika belum kita akan bahas. Agar lebih mudah dipahami, kita akan buat berupa deskripsi teks ya.

BNI Kamu > BNI Flip > BCA Flip > BCA Tujuan

Contoh : Aji memiliki Bank BNI. Beliau hendak mengirim uang kepada adiknya yang berada di pulau seberang.  Akan tetapi adek si aji menggunakan Bank BCA. Jadi untuk mempermudah aji mengirim uang ke adeknya, maka aji cukup melakukan transfer ke bank BNI Flip sesuai dengan nominal yang tertera, masukkan nomor rekening tujuan dan tunggu 10-20 menit (tergantung jumlah antrian) uang kamu akan sampai ke tujuan.

Berapa biaya menggunakan Layanan Flip.id ?

Pasti pada penasaran kan ya, berapa sih biaya untuk sekali transaksi menggunakan flip? Jawabannya = GRATIS! Yaps tidak dikenakan biaya. Tapi dengan catatan transaksi kamu tidak mencapai 5juta per hari. Apabila telah mencapai dan melewati batas limit 5jt perhari, maka transaksi selanjutnya akan dikenakan biaya sebesar 2500/transaksi. Sungguh sangat murah dan bisa membuat hemat biaya banget kan ya.

Biaya Penggunaan Layanan Flip.id

Regular Flip+ Big Flip!
Transfer antar bank tanpa biaya Tanpa limit transaksi harian Flip untuk perusahaan
Limit 5 juta per hari Limit 20 juta per transaksi Tanpa limit transaksi harian
Aplikasi Android dan Web Biaya : Rp2.500/transaksi Buat transaksi dengan upload CSV
Biaya : Gratis Integrasi ke sistem melalui API
Biaya : Daftar sekarang

Apakah Flip.id aman dan Legal ?

Ya dong, Flip aman dan legal. Legalitas Flip.id telah terlisensi oleh Bank Indonesia dengan nomor izin 18/196/DKSP/68 jadi gak perlu takut hal-hal penipuan ya sob.

Bank Apa Saja yang sudah support dengan Flip.id ?

Adapun beberapa bank yang telah support dan bisa digunakan bertransaksi dengan Flip.id adalah :

  1. Bank BNI/Syariah
  2. Bank BRI
  3. Bank MANDIRI/Syariah
  4. Bank BCA
  5. Bank CIMB NIAGARA/Syariah
  6. Bank MUAMALAT

Nantinya akan terus muncul bank lainnya sesuai dengan permintaan pasar ya sob.

Kelebihan dan Kekurangan Flip.id

Disetiap produk ataupun jasa pastilah memiliki bagian kelebihan dan kekurangan, adapun kelebihan dan kekurangan yang terdapat di Flip.id selama saya menggunakan flip adalah :

Kelebihan Flip.id

  • Gratis, dengan limit maksimal Rp 5.000.000/hari untuk transaksi harian. Lebih dari itu masih bisa menggunakan layanan Flip, akan tetapi dikenakan biaya 2.500/transaksi selanjutnya.
  • Mudah, simpel dan gak ribet. Semua orang pasti suka dan senang menggunakan flip dengan interface yang user friendly memudahkan penggunanya dalam menggunakan layanan Flip.id ini.
  • Tidak hanya menjadi platform yang melayani transfer uang beda bank, Flip.id juga berkembang dan menyediakan produk pulsa dan paket data. Kemungkinan produk lainnya menyusul seiring berkembangnya Flip.id
  • Startup karya anak bangsa Indonesia.
  • Report transaksi lengkap, jadi kita bisa cek statusnya apakah uang yang kita kirim masih dalam proses pengiriman atau sukses.
  • Dilengkapi dengan Bukti Transfer yang dapat kamu simpan dan bagikan ke orang tujuan.

Kekurangan Flip.id

  • Membutuhkan waktu lebih lama apabila antrian panjang. Biasanya sih kalau antrian dibawah 100, bisa selesai 5-15 menit. Diatas 100 biasanya membutuhkan waktu sedikit lebih lama. But its oke
  • Waktu transaksi terbatas yaitu :
    • Senin – Jumat : 09.00 – 19.00 WIB
    • Sabtu : 09.00 – 14.00 WIB
    • Minggu/Hari Merah / Hari Besar : Biasanya sih libur.
      Jika kamu transaksi diluar jam kerja, secara otomatis transaksi kamu akan dilayani ketika jam kerja udah mulai.
  • Flip.id baru tersedia dalam bentuk Web dan Aplikasi Android. Untuk versi iOS masih dalam tahap pengembangan.

Bagaimana Cara Mendapatkan Aplikasi Flip ?

Untuk saat ini layanan Flip – Bebas Biaya Transfer Beda bank baru bisa dinimati di smartphone dengan platform Android. Sedangkan untuk platform iOS sedang dalam tahap pengembangan. Bagi kamu pengguna Android bisa langsung download aplikasi di Play Store : Flip: Transfer Antarbank Gratis

Itu dia ulasan kita seputar Flip, buat yang belum punya akun flip bisa langsung daftar secara gratis. Semoga Bermanfaat~

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here